Fakta kematian ratu Elizabeth

Kabar dari Buckingham Palace mengenai kematian Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9) pukul 18.30 ditemani oleh keluarga dan kerabat dekatnya. Yuk, ketahui fakta kematian Ratu Elizabeth II setelah 70 tahun bertahta.

Table of Contents

Siapa itu Ratu Elizabeth II?

Sebelum mengetahui fakta kematian Ratu Elizabeth 2, mari ketahui dulu latar belakang Ratu Elizabeth 2 yang telah bertahta selama 70 tahun.

Siapa itu Ratu Elizabeth II

Elizabeth Alexandra Mary atau dikenal sebagai Ratu Elizabeth 2 lahir di Mayfair, London pada 21 April pada tahun 1926 sebagai anak pertama dari Pangeran Albert, Duke of York dan Putri Elizabeth, Duchess of York sebelum penobatan ayahnya sebagai raja pada tahun 1936 akibat abdikasi pamannya, King Edward VIII untuk menikahi Wallis Simpson, seorang janda asal Amerika Serikat saat umur Ratu Elizabeth 10 tahun. 

Ratu Elizabeth 2 menikahi letnan Angkatan laut Phillip Mountbatten yang merupakan seorang Pangeran Yunani pada tanggal 20 November tahun 1947 di Westminster Abbey London. Bersama dengan Pangeran Philip, Ratu Elizabeth 2 memiliki 4 anak yakni; Pangeran Charles III yang lahir pada tahun 1948, Putri Anne yang lahir pada tahun 1950, Pangeran Andrew yang lahir pada tahun 1960 dan Pangeran Edward yang lahir pada tahun 1964. 

Ratu Elizabeth 2 dinobatkan sebagai ratu Britania Raya setelah kematian ayahnya, Raja Albert, penobatan dilaksanakan pada tanggal 2 Juni tahun 1953 di Westminster Abbey London yand merupakan penobatan pertama yang disiarkan di televisi.

Masa pemerintahan Ratu Elizabeth 2 melampaui 63 tahun masa pemerintahan Ratu Victoria dan menjadi pemerintah Britania Raya dengan 70 tahun memerintah sebagai ratu hingga tutup usia saat umur Ratu Elizabeth 96 tahun.

Kronologi Ratu Elizabeth II Meninggal 

Mari pahami fakta kematian Ratu Elizabeth 2 dengan memahami kronologi Ratu Elizabeth II meninggal. 

  • Pukul 12.32 Waktu London atau 18.32 WIB

Buckingham Palace memberikan pernyataan mengenai kondisi kesehatan Ratu Elizabeth II bahwa saat ini Ratu Elizabeth II sedang dalam pemantauan medis. 

“Menindaklanjuti peninjauan terbaru pada pagi ini, para dokter Ratu khawatir dengan kesehatan yang mulia dan telah merekomendasikan dia untuk berada di bawah pemantauan medis” demikian kutipan dari Agence France-Presse atau AFP.

  • Pukul 12.39 Waktu London atau 18.39 WIB

Media BBC mengganti jadwal program tayangan saat itu dan berfokurs untuk memberitahu mengenai kondisi Ratu Elizabeth 2 beserta perkembangan dari kondisinya. Presenter BBC saat itu, Huw Edwards berpakaian lengkap menggunakan setelan gelap, kemeja putih dan dasi hitam yang merupakan aturan busana wajib BBC saat ada keluarga kerajaan yang meninggal dunia.

  • Pukul 12.45 Waktu London atau 18.45 WIB 

Kabar dari Clarence House yang menyampaikan bahwa Pangeran Charles III beserta istrinya Camilla sudah menuju Balmoral Castle di Aberdeenshire, Skotlandia.

  • Pukul 12.46 Waktu London atau 18.46 WIB 

Kabar dari Kensington Palace yang menyampaikan bahwa Pangeran William sedang menuju Balmoral Castle di Aberdeenshire, Skotlandia.

  • Pukul 13.55 Waktu London atau 19.55 WIB

Juru bicara Pangeran Harry menyampaikan bahwa Ia dan istrinya, Meghan Markle menuju ke Skotlandia, tetapi hanya Pangeran Harry yang mengunjungi Balmoral Castle. 

  • Pukul 14.39 Waktu London atau 20.39 WIB 

Penerbangan Angkatan Udara KRF23R lepas landas dari pangkalan Northolt di London membawa Pangeran William dan dua anak Ratu Elizabeth, Pangeran Andrew, Pangeran Edward, dan istri Edward, Sophie.

  • Pukul 15.30 Waktu London atau 21.30 WIB 

Penerbangan Angkatan Udara KRF23R yang membawa keluarga kerajaan tersebut mendarat di Bandara Aberdeen. Di saat yang sama, warga berkumpul di depan Buckingham Palace meskipun cuaca saat itu sedang hujan.

  • Pukul 16.30 Waktu London atau 22.30 WIB 

Perdana Menteri Lis Truss menerima kabar mengenai kematian Ratu Elizabeth II, informasi ini disampaikan juru bicara perdana Menteri Inggris.

  • Pukul 17.05 Waktu London atau 23.05 WIB

Pangeran William, Pangeran Andrew, Pangeran Edward, dan istrinya Sophie sampai di Balmoral Castle.

  • Pukul 18.30 Waktu London atau Jumat (9/9) Pukul 00.30 WIB

Pengumuman resmi mengenai Ratu Elizabeth 2 meninggal diumumkan oleh Buckingham Palace lewat Twitter bahwa Ratu telah meninggal dalam keadaan damai di Balmoral Castle serta Raja Charles III dan Permaisuri Camilla akan berada di Balmoral sore ini sebelum kembali ke London besok.

  • Pukul 19.04 Waktu London atau Jumat (9/9) Pukul 01.04 WIB

Pangeran Charles III mendeskripsikan kematian Ratu Elizabeth II sebagai ‘momen yang paling menyedihkan’.

  • Pukul 19.08 Waktu London atau Jumat (9/9) Pukul 01.08 WIB 

Perdana Menteri Lis Truss mendeskripsikan situasi ini sebagai ‘masa peralihan era Elizabeth II’ dan mengatakan ‘God save the King’ dengan Pangeran Charles III menjadi Raja Britania Raya.

  • Pukul 19.25 Waktu London atau Jumat (9/9) Pukul 01.25 WIB 

Clarence House mengumumkan bahwa Pangeran Charles III akan seterusnya disebut sebagai Raja Charles III.

  • Pukul 19.41 Waktu London atau Jumat (9/9) Pukul 01.41 WIB 

Kensington Palace memberikan konfirmasi bahwa Pangeran William dan istrinya Kate Middleton akan menjadi Duke dan Duchess of Cornwall dan Cambridge.

Baca Juga : Johnny Depp Korban KDRT? Yuk, Pelajari KDRT Pada Laki-Laki

Fakta Kematian Ratu Elizabeth

Fakta Kematian Ratu Elizabeth

Dengan kematian Ratu Elizabeth II, mari ketahui fakta kematian Ratu Elizabeth II dan apa yang akan menunggu Britania Raya?

  1. Ratu Elizabeth 2 meninggal pada hari Kamis tanggal 8 September tahun 2022 di Balmoral Castle yang terletak di Aberdeenshire, Skotlandia dan kabar kematiannya diumumkan oleh Buckingham Palace pada pukul 18.30 waktu setempat. 
  2. Anak sulung dari Ratu Elizabeth 2, Pangeran Charles III akan menjadi pewaris tahta kerajaan Inggris setelah Ratu Elizabeth 2 meninggal. 
  3. Dengan kematian Ratu Elizabeth, Pangeran William akan menjadi pewaris tahta pertama setelah penobatan Raja Charles III.
  4. Setelah Pangeran William, pewaris tahta seterusnya adalah anak – anak dari Pangeran William, yakni, Pangeran George, Putri Charlotte dan Pangeran Louis.
  5. Setelah anak – anak dari Pangeran William, pewaris tahta selanjutnya adalah Pangeran Harry.

Berita fakta kematian Ratu Elizabeth merupakan hal yang sangat sedih untuk seluruh Britania Raya. Sebagai pemerintah terlama Britania Raya, banyak masyarakat yang merasa kehilangan mari berdoa untuk mendiang Ratu Elizabeth 2 dan keluarganya. Mari berdoa yang terbaik untuk Britania Raya kedepannya.

Artikel Terkait