gangguan-kesehatan-mulut

Banyak yang tidak sadar akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut. Padahal dampak kesehatan gigi dan mulut pada kesehatan tubuh besar lho. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang dikeluarkan 2018 mengenai kesehatan mulut penduduk Indonesia, 56,6% mengalami masalah mulut dan gigi, tetapi hanya 10,2% yang sudah mendapatkan pelayanan medis.

Aslinya masalah kesehatan yang ada di mulut dan gigi bisa ditangani dengan mudah apabila diketahui secepatnya. Prevalensi gigi berlubang pada anak-anak sangat tinggi dengan 93%, hanya 7% yang bebas dari masalah ini. Hal ini karena banyak orang tua yang meremehkan kondisi gigi anak – anak dengan pikiran bahwa gigi sulung akan digantikan dengan gigi tetap ketika mereka dewasa.

Baca Juga: 5 Hal Penting tentang Gigi Bungsu: Operasi dan Perawatannya

Justru kesehatan mulut dan gigi harus diperhatikan dan diajarkan sejak dini untuk menanamkan disiplin merawat gigi. Namun, karena masih banyak yang belum sadar pentingnya kesehatan mulut dan gigi, tanggal 20 Maret dijadikan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia. 

Untuk mencegah keterlambatan penanganan kesehatan oral, mari pelajari lebih lanjut mengenai masalah yang sering terjadi di mulut dan bagaimana cara pencegahannya. 

 

Penyakit dan Gangguan pada Gigi dan Mulut 

Karies 

Kerusakan gigi atau Karies adalah masalah gigi yang paling sering terjadi oleh orang – orang di seluruh dunia. Penyebab terjadinya Karies bisa karena terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, tidak teratur melakukan perawatan kesehatan gigi atau bahkan kurangnya akses pelayanan kesehatan gigi. 

Periodontitis

Penyakit gusi atau Periodontitis adalah penyakit yang menyebabkan gusi dan sekitar gigi mengalami peradangan. Peradangan ini terjadi ketika tubuh merespon kepada bakteri yang ada disekitar gigi. 

Periodontitis juga menjadi penyebab utama dari orang dewasa kehilangan gigi karena infeksi yang terjadi bisa menghancurkan gigi. Karena itu penyakit ini memiliki dampak yang mengganggu pada aktivitas sehari – hari seperti berbicara, mengunyah, kehilangan gigi, dan lainnya.

Kanker

Salah satu jenis kanker yang umum adalah kanker mulut. Biasanya ada area signifikan yang akan diserang oleh kanker, seperti bibir, lidah, gusi, langit – langit mulut, kerongkongan, bagian bawah mulut dan bagian dalam pipi. Merokok dan alkohol merupakan penyebab utama dari jenis kanker ini. 

 

Penyebab Gangguan Kesehatan Gigi dan Risikonya

Jadi apabila diringkas, ini adalah beberapa penyebab utama dari gangguan kesehatan mulut:

Tidak rutin menjaga kesehatan gigi dan mulut:

Perilaku teledor dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut bisa mengakibatkan terbentuknya plak dan perkembangan bakteri di mulut. Plak dan bakteri ini bisa merusak gigi dan gusi.

Mengonsumsi gula terlalu banyak: 

Apabila mengonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan gula yang banyak, ini bisa memicu gangguan kesehatan di mulut. Hal ini karena gula akan diubah menjadi asam oleh bakteri di dalam mulut, asam tersebut berbahaya bagi kesehatan gigi sebab bisa mengikis enamel. Jadi semakin tinggi gula yang dikonsumsi akan semakin tinggi risiko terkena Karies.

Kebiasaan Merokok:

Merokok tidak hanya bisa memicu kanker mulut dan penyakit gusi, tetapi bisa menyebabkan gangguan mulut lainnya. Noda pada gigi atau staining, napas berbau tidak sedap, sensitivitas indera perasa dan indera penciuman hilang, dan kehilangan gigi secara permanen juga bisa disebabkan oleh merokok.

Mengonsumsi Alkohol:

Selain merokok, alkohol juga bisa memicu terjadinya kanker mulut. Hal ini karena alkohol yang dikonsumsi bisa menyebabkan iritasi di mulut dan kerongkongan. Saat sel yang mengalami iritasi menyembuhkan diri sendiri, perubahan DNA bisa berkembang menjadi kanker mulut.

 

Cara Mencegah Gangguan dan Memelihara Kesehatan Gigi dan Mulut

Yuk jaga kesehatan gigi dan mulut dengan mempraktekan hal – hal dibawah ini:

  • Rutin menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara sikat gigi yang benar.
  • Menghindari faktor risiko.
  • Rutin check up ke dokter 6 bulan sekali.

Selain hal-hal diatas, mencegah terjadinya gangguan kesehatan pada mulut dan gigi juga bisa dengan asuransi lho! Ketahui tips memilih asuransi gigi dan cek asuransi kesehatan untuk mengetahui lebih lanjut!