hari anti narkoba internasional

Hari Anti Narkoba Internasional, atau biasa disingkat HANI, adalah hari perayaan untuk meningkatkan kesadaran dan memulai pergerakan terhadap dunia yang bebas dari penyalahgunaan narkoba. 

Perayaan ini jatuh pada tanggal 26 Juni setiap tahunnya. Adapun, tema Hari Anti Narkoba Internasional tahun ini adalah “Share Facts on Drugs, Save Lives”. Yuk, simak lebih lengkapnya!

 

Sejarah Hari Anti Narkoba Sedunia

Dalam bahasa Inggris, Hari Anti Narkoba Sedunia disebut juga sebagai The International Day Against Drug Abuse and Illicit Trafficking atau “Hari Melawan Penyalahgunaan dan Perdagangan Gelap Narkoba”. 

Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan hari ini demi memerangi penyalahgunaan dan pengedaran narkoba. Tanggal 26 juni adalah hari peringatan Lin Zexu pemberantasan perdagangan opium di Humen, Guangdong pada tahun 1839. 

Tanggal ini pun mulai teradopsi pada Konferensi Internasional tentang Penyalahgunaan dan Perdagangan Gelap Narkoba di Vienna pada tahun 1987. Pada hari ini pun, berbagai kampanye dan program diadakan untuk membantu melawan penyalahgunaan narkoba. 

Asuransi Penyakit Kritis

Tema Hari Anti Narkoba Internasional 2021

PBB selalu mengangkat suatu tema untuk HANI setiap tahunnya. Tema Hari Anti Narkoba Internasional tahun ini adalah “Share Facts On Drugs, Save Lives”. Dalam bahasa Indonesia, “Bagikan Fakta Narkoba, Selamatkan Hidup”.

Tujuannya pun untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya narkoba. Dengan begitu, kita pun bisa berfokus pada melakukan aksi yang jelas demi mencapai dunia yang bebas dari penyalahgunaan narkoba.

 

Apa yang Bisa Kamu Lakukan?

Kamu bisa membagikan fakta-fakta narkoba untuk menolong hidup orang lain.

Untuk menghindari berita yang simpang siur, kamu perlu mengetahui dulu fakta-fakta yang benarnya. Baik itu mulai dari risiko kesehatan hingga pilihan-pilihan solusi untuk mengurangi penyalahgunaan narkoba, hingga pencegahan dan rehabilitasi pengguna narkoba.

Dua langkah penting adalah:

  • Ketahui faktanya. Cari informasi dari sumber yang sudah terverifikasi, seperti UNODC dari PBB atau BNN.
  • Bagikan informasinya melalui sosial media kamu.

Kamu pun juga bisa turut melakukan hal-hal lain, seperti:

  • Bantu dukungan komunitas lokal untuk rehabilitasi mereka yang kecanduan narkoba;
  • Pecahkan stigma yang ada bagi pengguna narkoba agar mereka bisa lepas dari candu;
  • Menuntut perbincangan terbuka dengan pemerintah, baik itu ketua RT/RW, kelurahan, kecamatan, hingga gubernur daerah kamu tentang program pemerintah terhadap kecanduan narkoba dan alkohol;
  • Katakan tidak pada narkoba;

asuransi digital

Fakta Penyalahgunaan Obat-Obatan Terlarang

Sebelum bisa membagikan fakta pada narkoba, berikut adalah fakta mengenai penyalahgunaan narkoba, antara lain:

  • Menurut data BNN, penyalahgunaan narkoba di Indonesia meraih angka lebih dari 3 juta untuk mereka yang berusia 10 hingga 59 tahun
  • Kurang lebih 75% pengguna narkoba di Indonesia adalah pria, sedangkan sisanya wanita
  • Karena persentase wanita menggunakan narkoba lebih sedikit, banyak wanita yang ikut ambil peran dalam mengedarkan narkoba karena tidak terlalu mencurigakan
  • 27% dari kasus penyalahgunaan narkoba di Indonesia dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa/i
  • Wilayah yang paling rentan dengan narkoba adalah Jakarta dan daerah pesisir Sumatera, seperti Aceh sampai ke Lampung
  • Berdasarkan data BNN, jenis narkoba paling populer di Indonesia adalah sabu-sabu
  • Minimal ada 72 organisasi pengedar narkoba ilegal yang beroperasi secara global yang juga beroperasi di Indonesia
  • Narkoba memiliki efek samping yang buruk bagi kesehatan, mulai dari menurunnya fungsi sel otak, risiko dehidrasi, hilangnya kesadaran atau fokus, bahkan hingga kematian

Mengingat fakta-fakta mengerikan ini, pastikan kamu membagikannya untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya narkoba ya. Yuk, katakan tidak pada narkoba!

Artikel Terkait Lainnya