hari-arthritis-autoimun-sedunia

Hari Arthritis Autoimun Sedunia, juga disebut sebagai World Autoimmune Arthritis Day, adalah hari yang memberikan peringatan mengenai dampak penyakit arthritis autoimun bagi penderita. Hari ini juga diperingati untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dengan memberikan edukasi mengenai arthritis autoimun.

 

Pada tanggal 20 Mei ini, mari kita perluas pengetahuan kita dengan mempelajari apa itu arthritis autoimun, dampaknya dan cara pengobatannya.

 

Baca Juga: HIV & AIDS: Ketahui Gejalanya Pada Wanita dan Anak Perempuan

Apa Itu Arthritis Autoimun?

Mari kita mulai dengan mengenali penyakit arthritis autoimun. Penyakit ini juga dikenali sebagai radang sendi yang disebabkan oleh autoimun. Pada dasarnya, penyakit autoimun adalah kondisi kesehatan dimana sel dalam tubuh dan sel asing tidak bisa dibedakan oleh sistem kekebalan tubuh. Hal ini menyebabkan kekeliruan yang berujung sel dalam tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuh.

 

Pada arthritis autoimun, hal ini menyebabkan sistem kekebalan untuk menyerang sendi pada tubuh yang menyebabkan peradangan sendi. Berikut ini adalah 3 gejala yang paling sering dialami oleh penderita arthritis autoimun.

  1. Setelah tubuh lama tidak bergerak akan ada rasa kaku yang tidak biasa pada sendi. Tidak hanya pergerakan, tetapi cuaca dingin juga bisa menyebabkan radang sendi.
  2. Gerakan tubuh terhambat seperti saat menyalakan keran air, menggenggam benda dan menulis.
  3. Adanya pembengkakan di area sekitar persendian, terutama pada area pergelangan tangan dan kaki.

 

Meski tidak memiliki pengobatan tetap untuk semua jenis arthritis autoimun, perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan beberapa kombinasi obat dibawah ini:

  • Obat anti inflamasi nonsteroid
  • Kortikosteroid
  • Obat imunosupresan
  • Dan obat lainnya

 

Selain itu juga meredakan peradangan juga dapat dilakukan dengan melakukan terapi fisik. Terapi fisik juga bisa membantu melancarkan gerakan. Namun, apabila sudah sangat parah maka akan membutuhkan operasi.

 

Sejarah Hari Arthritis Autoimun Sedunia

Hari Arthritis Autoimun Sedunia mulai dirayakan pada tahun 2012 oleh International Autoimmune Arthritis Movement (IAAM) dan ditetapkan bahwa peringatan ini akan dirayakan setiap tahun pada tanggal 20 Mei.

Peringatan atas penyakit arthritis sangat penting karena jenis – jenis dari arthritis sendiri melebihi 100 dan menyebabkan rasa sakit pada persendian. Dengan memiliki satu hari secara spesifik memperingati dan meningkatkan kesadaran akan penyakit ini, maka topik mengenai penyakit arthritis bisa mendapatkan perhatian lebih agar masalah ini terlihat secara global.

Baca Juga:

Hari Lupus Sedunia 2022, Yuk Ketahui Cara Partisipasinya!

Hari Malaria Sedunia 2022, Yuk Terus Lindungi Diri Kita!

 

Cara Berpartisipasi Hari Arthritis Autoimun Sedunia!

Mari berpartisipasi pada Hari Arthritis Autoimun Sedunia untuk membantu mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit ini. Sebelum berpartisipasi, ketahui dahulu tujuan dari awareness day pada Hari Arthritis Autoimun Sedunia.

  1. Untuk mengedukasi masyarakat mengenai
  2. Klarifikasi kesalahpahaman mengenai penyakit arthritis autoimun

 

Setelah mengerti tujuannya, berikut ini adalah cara untuk berpartisipasi di Hari Arthritis Autoimun Sedunia.

  1. Follow media social ifaiarthritis (Facebook, Twitter dan Instagram) dan share post
  2. Unduh material yang ada dan copy/paste postingan media social mereka. Pastikan untuk membagikan postingan tersebut dengan keluarga, teman, teman kantor atau teman sekelas. Apabila repost konten tersebut, gunakan #AiArthritisDay.
  3. Melakukan donasi dengan cara klik link di profile media social ifaiarthritis dan akan ada opsi untuk mengakses link donasi.

 

Yuk partisipasi di Hari Arthritis Autoimun Sedunia 2022 untuk membantu para pejuang penyakit arthritis autoimun dengan menyebarkan edukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat! Pastikan juga untuk melindungi diri dari penyakit dengan asuransi kesehatan dari Super You dengan harga yang terjangkau dan bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan masing – masing.