Hari Ibu

Hari ibu adalah hari penghormatan atas segala upaya yang dilakukan oleh seorang ibu untuk membesarkan anaknya. Perayaan hari ibu biasanya disertakan dengan bunga dan kartu dengan ucapan hari ibu yang menyentuh hati dari anak ke ibu. Namun, apa sejarah di balik perayaan hari ibu?

Selamat Hari Ibu

Sejarah Hari Ibu

Sejarah Hari Ibu 

Sejarah hari ibu dimulai saat masa penjajahan dimana para wanita berjuang untuk mengembangkan kualitas dari bangsa Indonesia. Para wanita Indonesia bersatu dan mengambil inisiatif untuk menjadikan hal ini sebagai misi. 

Diresmikannya hari ibu berawal dari semangat perjuangan Raden Ajeng Kartini yang membela kesetaraan gender antara pria dan wanita. Hal ini menyebabkan diadakannya Kongres perempuan Indonesia III pada tanggal 22 Desember 1938 dipelopori oleh Emma Poeradiredja yang menjadi pencetus Hari Ibu.

Tanggal 22 Desember adalah hari ibu sedunia yang diresmikan oleh Presiden Soekarno melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959. Hari ibu menjadi hari yang dirayakan secara nasional sampai sekarang.

Filosofi Hari Ibu

Filosofi Hari Ibu adalah sebagai perayaan yang memperingati besarnya jasa wanita, tidak hanya perannya sebagai seorang ibu, tetapi juga atas semua jasa yang hanya bisa dilakukan oleh seorang wanita. Karena itu makna dari merayakan Hari Ibu adalah untuk mengingat jasa wanita baik sebagai seorang ibu, istri dan masyarakat Indonesia yang berjuang untuk merebut, menegakkan dan berkontribusi dalam kemerdekaan Indonesia dengan mengembangkan kualitas bangsa Indonesia. 

Baca Juga: Jenis Orang Tua Seperti Apakah Kamu? Ketahui 5 Jenis Parenting Style!

Perjuangan Seorang Ibu 

Diiluar perjuangan mengembangkan kualitas masyarakat, peran seorang ibu sangat besar dengan perjuangan yang luar biasa. Rasa kasih ibu sepanjang masa, tidak ada batasan meski anaknya tumbuh dewasa. Seperti lirik lagu Kasih Ibu karya Mochtar Embut yang berkata ‘Kasih ibu, kepada beta. Tak terhingga sepanjang masa’. 

Perjuangan seorang ibu untuk anaknya sangat besar, untuk mengandung dan melahirkan anak saja harus melalui pengorbanan secara mental dan fisik, emosi yang naik turun dan rasa mual yang diderita pada awal kehamilan. Saat melakukan persalinan untuk melahirkan anak, nyawa ibu juga terancam. 

Namun, perjuangan seorang ibu tidak berhenti setelah melahirkan anak. Tugas ibu juga menjaga dan merawat anaknya sembari memberi edukasi secara edukasi dan perilaku agar bisa tumbuh sehat secara fisik dan mental. Saat sedang membina anak, akan dilontarkan nasihat – nasihat yang dipenuhi cinta serta semangat. 

Bagi seorang ibu, anak adalah kebahagiaan dan kebanggaannya, karena itu kebahagiaan sang anak sangat penting bagi ibu meskipun harus melakukan banyak pengorbanan. 

Baca Juga: 11 Rekomendasi Hadiah untuk Orang Tua Tercinta!

Hadiah untuk Hari Ibu

Hadiah untuk Hari Ibu

Untuk menunjukkan rasa apresiasi kepada Ibu, bisa dengan memberikan hadiah untuk Hari Ibu. Berikut ini adalah beberapa hadiah untuk merayakan selamat hari ibu 2023.

1.Kartu Ucapan 

Penting untuk mengutarakan rasa apresiasi kepada ibu, bisa dengan memberikan kartu ucapan hari ibu yang menyentuh hati. Ibu juga akan senang menerima apresiasi tersebut dan bisa dijadikan memori yang bisa dilihat lagi nantinya. 

2. Buket Bunga

Buket bunga tidak hanya indah, tetapi juga memiliki simbolisme dalam bahasa bunga. Pilih bunga dengan simbolisme yang mencerminkan ibu anda untuk menunjukkan rasa apresiasi mu.

3. Tiket Liburan 

Membesarkan seorang anak memerlukan upaya yang besar. Berikan ibu waktu sendiri untuk relaksasi dengan mengirimnya berlibur, belikan tiket dan atur rencana perjalanan yang akan disukai sebagai kejutan di Hari Ibu.

4. Gift Card

Hadiah Hari Ibu juga bisa dengan memberikan gift card untuk berbelanja di brand yang disukai, dengan begitu ia bisa berbelanja kebutuhan atau barang yang diinginkan.

5. Tiket Relaksasi 

Jika ibu sudah tidak kuat untuk berlibur, bisa dikirim untuk relaksasi seperti pijat relaksasi, spa dan satu hari penuh yang didedikasikan untuk self – care

6. Tas

Tas akan berguna dan pastinya akan digunakan saat sedang bepergian karena itu menjadi hadiah untuk Hari Ibu yang populer. Pilih tas dengan ukuran yang cukup, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar dengan desain dan warna yang elegan. Memilih tas yang akan diberikan juga tidak perlu mahal, tetapi berkesan bagi ibu.

7. Perhiasan 

Perhiasan cantik juga tentunya bisa diberikan sebagai hadiah untuk hari ibu. Pilih desain yang cantik dalam ukuran apapun, tetapi tidak terlalu mencolok agar bisa tetap tampil elegan.

8. Smartwatch 

Smartwatch tidak hanya bisa membantu orang tua dalam membalas pesan atau telpon, tetapi juga membantu untuk menjaga kesehatan. smartwatch memiliki banyak fitur kesehatan mulai dari track langkah, detak jantung, waktu berolahraga dan kalori yang terbakar hingga mencatat waktu tidur yang didapatkan. 

9. Asuransi Kesehatan 

Seiring bertambah umur harus lebih ketat menjaga kesehatan karena akan semakin rentan terhadap penyakit. Mari jaga kesehatan ibu dengan memberikan asuransi kesehatan sebagai hadiah untuk hari ibu.

Kata – Kata untuk Hari Ibu 

Penting untuk tidak hanya melakukan apresiasi, tetapi juga mengatakannya. Apresiasi ibu saat Hari Ibu bisa dengan diucapkan secara lisan atau lewat tulisan dengan menuliskan kata – kata untuk Hari Ibu. Berikut ini adalah beberapa ucapan Hari Ibu yang menyentuh hati sebagai inspirasi menunjukkan rasa apresiasi kepada ibu.

  1. Selamat Hari Ibu 2023 kepada wanita yang membesarkan aku untuk menjadi tangguh dan mandiri.
  2. Selamat Hari Ibu! Terima kasih telah menjadi panutan terbaik yang bisa kudapatkan dalam hidup ku. 
  3. Terima kasih telah melahirkanku ke dunia ini dan membesarkan ku dengan baik. Aku sayang Ibu! Selamat Hari Ibu 2023.
  4. Semakin aku tumbuh besar, semakin aku menyadari semua upaya yang telah engkau lakukan untuk menjaga ku. Terima kasih telah membesarkan ku dengan baik. Aku sayang sekali kepada Ibu. Selamat Hari Ibu.
  5. Untuk orang yang telah melakukan segalanya untukku dan mencintaiku lebih dari siapapun di dunia ini! Cinta kamu, Ibu! Happy Mother’s Day!
  6. Selamat Hari Ibu! Terima kasih telah menjadi sumber kekuatan yang membantu menjalani hari ku setiap hari!
  7. Selamat Hari Ibu, maaf jika kurang sering mengatakan kalau aku sangat sayang dengan Ibu! 
  8. Terima kasih atas segala bimbingan, dukungan dan kasih sayang yang diberikan hingga aku bisa menjadi diri ku yang sekarang! Selamat Hari Ibu. 
  9. Selamat Hari Ibu! Anda adalah sosok wanita, Ibu dan orang terbaik yang ada di hidup ku!
  10. Terima kasih sudah menjadi seorang Ibu dan teman untuk ku! Selamat Hari Ibu!

super well protection 2023 banner desktop

Hari Ibu tidak datang setiap hari, karena itu pastikan untuk membuat hari ini spesial bagi Ibu dan tunjukkan apresiasi mu. Pastikan untuk menjaga kesehatan ibu dengan memberikan asuransi kesehatan dengan Super Easy Health Protection yang memberikan asuransi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan.

Artikel Terkait