Hari-K3-2022

Terjadi kecelakaan atau terkena penyakit bisa terjadi kapan saja bahkan saat bekerja, karena itu tanggal 28 April setiap tahun diperingati sebagai Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Sedunia atau dikenal juga sebagai International Labor Organization (ILO). 

 

Apa Itu Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Sedunia

Fungsi dari Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia adalah sebagai perlindungan hak mendasar dimiliki para pekerja, seperti hak hidup dan kesehatan di tempat kerja serta sebagai peringatan untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat agar kecelakaan dan penyakit akibat pekerjaan berkurang.

 

Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Fachri Fachrezi juga mengungkapkan bahwa peringatan ini juga diharapkan bisa membuat para pekerja mulai untuk memikirkan kesehatan dan keselamatan mereka. 

 

“Sering terjadi kekerasan juga pelecehan di tempat kerja karena minimnya edukasi terkait hal tersebut. selain itu, penegakan hukum di negara Indonesia pun dirasa masih kurang tegas dalam menindak para pelaku,” ujar Fachrezi.

 

Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Setelah Kecelakaan?

 

Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Indonesia

Berdasarkan data dari BPJS Ketenagakerjaan sejak Januari hingga September 2021 terdapat sebanyak 82 ribu kasus kecelakaan karena pekerjaan dan 179 kasus penyakit karena pekerjaan. Menurut data tersebut 65 persen dari kejadian tersebut disebabkan oleh pandemi Covid – 19.

 

Di masa pandemi ini kita banyak melihat para pekerja yang keselamatannya terancam, dan minimnya edukasi mengenai kesehatan dan keselamatan kerja pun menjadi peringatan dalam bentuk Hari Keselematan dan Kesehatan Kerja Sedunia sebagai bagian dari kesadaran World Health Organization (WHO) dan International Labor Organization (ILO). 

 

Menurut Wakil Ketua Umum HMPS Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Muhammad Taufik, bahwa kita mungkin sudah memasuki masa new normal, tetapi tidak semua pekerja dapat bekerja di rumah dan ini mengancam kesehatan dan keselamatan para pekerja.

 

“Dalam kondisi pandemic seperti sekarang, tidak ada yang salah bagi masyarakat yang bekerja di tempat kerja, selama penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) sudah sesuai. Namun, tentunya perlindungan pekerja di tengah pandemi harus ditingkatkan dan disepakati oleh setiap perusahaan.” Ujar Taufik.

 

Michiko Miyamoto, Direktur ILO Indonesia dan Timor – Leste beranggapan bahwa sistem K3 yang baik akan memerlukan kolaborasi dari semua belah pihak.

 

“Sepanjang pandemic Covid – 19 ini, kita telah melihat bahwa sistem K3 yang baik dan terintegrasi, dengan melibatkan pemerintah, pengusaha, pekerja, pelaku kesehatan, masyarakat, komunitas dan semua pihak terkait di tingkat nasional dan perusahaan mampu melindungi lingkungan kerja dan memastikan ketahanan usaha” Ujar Miyamoto.

 

Baca Juga: 4 Jenis Penyakit Akibat Kerja yang Paling Umum Terjadi!

 

Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 2022

Pada tahun ini tema untuk Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 2022 berfokus untuk membangun budaya K3 yang positif, inklusif dan keberlanjutan. Hal ini dapat dicapai dengan keterlibatan semua pihak termasuk media massa dan masyarakat umum. 

 

Berdasarkan Kementerian Ketenagakerjaan, K3 menjadi kunci untuk pembangunan berkelanjutan dan melakukan investasi pada program K3 bisa membantu kontribusi mencapai agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan.

 

“K3 merupakan isu kita semua, tidak hanya global tapi juga untuk nasional. Karenanya kita membutuhkan kolaborasi dan komitmen dari semua pihak untuk mewujudkan dan membangun budaya K3. K3 bukan hanya isu milik pemerintah, tapi merupakan isu kita bersama dan karenanya kita perlu memperkuat kolaborasi dan dialog” ujar Muhammad Idham, Direktur Bina K3 Kementerian Ketenagakerjaan.

 

Menjaga kesehatan dan keselamatan diri penting untuk dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja, tidak hanya di tempat kerja. Dengan memastikan bahwa diri sendiri sehat dan selamat maka sudah menerapkan sistem K3 yang baik dan mencegah adanya risiko penularan penyakit pada orang lain. 


Melindungi kesehatan diri bisa dilakukan dengan memiliki asuransi kesehatan dan melindungi diri dari kecelakaan bisa dilakukan dengan memiliki asuransi kecelakaan. Super You menyediakan asuransi online dengan harga terjangkau dan dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan, mari ketahui sekarang!