hari kebangkitan nasional

Hari Kebangkitan Nasional merupakan sebuah peringatan nasional yang kita rayakan setiap tahunnya. Menjadi sebuah hari penting untuk bangsa Indonesia, peringatan ini seharusnya mengingatkan kita untuk menjaga semangat warga Indonesia.

Sebelum merayakan, ini beberapa informasi lengkap yang perlu kamu ketahui soal hari kebangkitan nasional.

 

1. Kapan Hari Kebangkitan Nasional diperingati?

Hari Kebangkitan Nasional diperingati setiap tanggal 20 Mei. Pada tahun 2021 ini, Hari Kebangkitan Nasional jatuh pada hari Kamis, 20 Mei 2021.

 

2. Mengapa tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional?

Hari Kebangkitan Nasional ditetapkan pada tanggal 20 Mei karena tanggal tersebut adalah tanggal didirikannya organisasi Boedi Oetomo pada tahun 1908. Organisasi tersebut dianggap sebagai penggerak momentum kebangkitan nasional yang berujung kemerdekaan.

 

3. Bagaimana Sejarah Hari Kebangkitan Nasional?

Hari Kebangkitan Nasional identik dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo di tahun 1908. Organisasi ini berdiri oleh kerja keras Dr Sutomo, juga partisipasi pelajar STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen).

Boedi Oetomo menuntun rakyat Indonesia untuk bergerak secara kolektif sebagai suatu bangsa, bukan hanya per daerah. Akibat organisasi Boedi Oetomo, bangsa Indonesia bisa bersatu secara nasional. 

Selain itu, kita pun mulai menggunakan taktik dan strategi dan bukan hanya melawan secara fisik. Kedua faktor inilah yang akhirnya menuntun kita untuk merdeka.

 

4. Lantas, apa makna Hari Kebangkitan Nasional?

Hari Kebangkitan Nasional bertujuan untuk mengingatkan kita tentang semangat awal bangsa Indonesia. Dengan melalui peranan pemuda-pemudi, akhirnya kita bisa merdeka. 

Namun, perjuangan kita tidak hanya sampai di kemerdekaan saja. Kita pun masih berjuang sekarang untuk mempertahankan dan memajukan bangsa kita. 

Karena itu, Hari Kebangkitan Nasional bertujuan untuk menjaga semangat dan daya juang kita. Terutama pemuda-pemudi Indonesia yang kelak akan membangun dan memajukan bangsa ini.

 

5. Apa tema Hari Kebangkitan Nasional tahun ini?

Tema Hari Kebangkitan Nasional 2021 adalah “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!”. 

Mengingat konteks pandemi yang sedang berlangsung, bangsa kita sedang mengalami berbagai cobaan. Baik itu secara bidang kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan bahkan semua bidang terdampak COVID-19.

Karena itu, kita perlu ingat bagaimana leluhur kita telah berhasil bangkit melawan penjajahan. Sama seperti mereka, bahkan setelah melalui pandemi ini pun kita bisa kembali bangkit lagi. Karena bangsa kita adalah bangsa yang tangguh. 

Presiden RI Jokowi pun turut mengunggah sebuah tweet tentang Hari Kebangkitan Nasional:  

“Lebih setahun dunia dicengkeram pandemi global Covid-19, lebih setahun pula Indonesia berjuang membendung segala dampaknya. Hari ini, dengan semangat Budi Utomo, kita bergotong-royong untuk bangkit dan menang melawan pandemi, dan bersama-sama melangkah menuju Indonesia maju.”

 

6. Bagaimana cara memperingati Hari Kebangkitan Nasional?

Kamu bisa memperingati dan mengenang perjuangan leluhur kita di masa lalu dengan membangkitkan semangat kita di masa kini agar kita bisa mempunyai masa depan yang cerah untuk Indonesia.

Berikut adalah beberapa ucapan Hari Kebangkitan Nasional yang bisa kamu unggah melalui sosial media atau ke teman-teman terdekat:

  1. Selamat Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2021! Yuk, bangkitkan rasa semangat dan kesatuan kita bagi NKRI tercinta. Tetap semangat berkarya sampai kita bisa mengharumkan nama Indonesia 💪
  2. Kita mungkin sudah merdeka, tapi masih banyak tantangan yang kita perlu lalui bersama sebagai sebuah bangsa. Karena itu, mari kita bangkitkan semangat kita untuk terus mendukung Indonesia. Selamat Hari Kebangkitan Nasional, teman-teman.
  3. Leluhur kita yang belum merdeka aja semangat, kalau kamu yang sudah merdeka gimana? Yuk, jaga api semangat bangsa dan terus berkarya. Selamat Harkitnas 2021. Bangkit! Kita bangsa yang tangguh! 😊
  4. “Hidup ini penuh perjuangan. Dalam perjalanan berjuang, impian adalah bensin yang membakar semangat kita menuju impian dan cita-cita.” Walau sudah merdeka, yuk bangkit dan berjuang bagi masa depan Indonesia. Selamat Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2021.
  5. Walau pandemi COVID-19 masih melanda, tetap semangat ya. Mari kita saling membantu dan bergotong royong untuk hadapi segala tantangan yang dihadapi bangsa kita ini. Selamat merayakan Hari Kebangkitan Nasional semua. Yuk, bisa yuk!

Artikel Terkait