Hari HKN 2023

Salah satu hari perayaan kesehatan yang penting di Indonesia adalah Hari Kesehatan Nasional yang juga dikenal sebagai HKN. 

Perayaan HKN tanggal berapa akan dirayakan?

Hari Kesehatan Nasional dirayakan setiap tahun pada tanggal 12 November dan perayaan HKN sudah dilakukan sejak tahun 1964 menurut Kementrian Kesehatan (Kemenkes), tetapi aslinya pencetusan Hari Kesehatan Nasional sudah ada sejak tahun 1950 – an. 

Table of Contents

Bermulanya pencetusan Hari Kesehatan Nasional adalah karena penyakit malaria yang menyebar di Indonesia hingga mengambil ratusan ribu nyawa masyarakat Indonesia sehingga HKN dicetuskan sebagai upaya pemberantasan malaria di seluruh Indonesia. Karena itu, perayaan pertama dari HKN adalah sebagai perayaan untuk mengingat keberhasilan dari pemberantasan malaria

Hari Kesehatan Nasional 2023

Seperti tahun tahun sebelumnya, di tahun 2023 ini Indonesia juga akan merayakan Hari Kesehatan Nasional yang ke – 59. Yuk, ketahui lebih lanjut detail dari perayaan Hari Kesehatan Nasional 2023.

  • Tema Hari Kesehatan Nasional 2023

Setiap tahun Hari Kesehatan Nasional memiliki tema yang berbeda – beda, tetapi masih dengan tujuan yang sama, yaitu untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia dan mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya hidup sehat terutama di masa pandemi ini.

Tema Hari Kesehatan Nasional 2022 adalah ‘Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku’ yang melambangkan semangat untuk kembali sehat dan tumbuh untuk beraktivitas dan produktif. 

  • Logo Hari Kesehatan Nasional 2023

Pada laman resmi kemenkes RI, Logo Hari Kesehatan Nasional ke-59 terdapat atas 3 warna dari lambang Kemenkes RI, Yaitu biru turquoise, abu-abu dan hijau terang. Dan dilogo terdapat lambang melingkar dan pucuk daun yang menunjukkan angka 59.

Ini makna dari logo Hari Kesehatan Nasional 2023:

– Lingkaran dan Pucuk Daun

  1. lingkaran bulat dan menutupi semua sisi adalah simbol dari konsentrasi yang tinggi untuk menggapai semua tujuan dari kemenkes
  2. pucuk daun melambangkan proses pertumbuhan untuk kemajuan

– Membentuk seperti angka 59

angka 59 yang membentuk seperti lingkaran sebagai bentuk peringatan 59 tahun hari kesehatan nasional tahun 2023

– Makna warna pada logo

  1. Biru = melambangkan kesehatan, integritas dan kepercayaan
  2. Hijau = melambangkan efek hangat, ramah dan selalu semangat untuk melayani
  3. Abu-abu = melambangkan kesan kekinian, serius, profesional dan bisa di percaya.

Baca Juga: Ketahui Sejarah Palang Merah Indonesia dan Tema Hari PMI 2022

  • Tujuan Hari Kesehatan Nasional 2023 

Tujuan dari merayakan Hari Kesehatan Nasional ke – 59 adalah sebagai momentum untuk membangun kesadaran masyarakat indonesia tentang betapa pentingnya kesehatan.

  • Kegiatan Hari Kesehatan Nasional 2023

Terdapat beberapa kegiatan yang akan dilakukan sebagai perayaan Hari Kesehatan Nasional ke – 59 ini. Mari ketahui rentetan acaranya di bawah ini!

  • Upacara peringatan HKN akan dilakukan pada tanggal 12 November 2023 di Lapangan Upacara Gedung Kementerian Kesehatan secara hybrid.
  • Akan melakukan acara mengenang pahlawan kesehatan dengan menaburkan bunga dan mengunjungi taman makam pahlawan yang berjasa di bidang kesehatan. Lokasinya akan dilaksanakan di TMP Kalibata dan San Diego Hill.Kegiatan dari acara adalah mengheningkan cipta bersama dan melakukan doa bersama.
  • Pengabdian masyarakat akan melakukan deteksi dini PTM, meliputi wawancara, melakukan pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar perut, tekanan darah, pemeriksaan kadar gula darah dan kolesterol, deteksi dini kanker payudara dan kanker leher rahim dengan IVA dan melakukan skrining kesehatan jiwa.
  • Selain kegiatan yang berhubungan dengan edukasi, di Hari Kesehatan Nasional 2023 juga akan mengadakan banyak lomba – lomba dan olahraga yang akan diikuti pegawai di lingkungan kementerian. 
  • Publikasi yang merupakan kegiatan penyampaian informasi mengenai kegiatan yang akan dilakukan untuk merayakan Hari Kesehatan Nasional.
  • “Anugerah Menteri Kesehatan” adalah penghargaan yang diberikan oleh Menteri Kesehatan kepada seseorang yang telah berkontribusi dalam bidang kesehatan sehingga bisa menginspirasi dan berguna bagi lingkungan sekitarnya.
  • Ada beberapa aktivitas yang akan dilakukan pada saat Publik health yaitu:
  • melakukan senam transformasi yang bisa diikuti oleh masyarakat umum, K/L, Ormas, dunia usaha, komunitas dan poltekkes.
  • Parade pesan kesehatan yang akan membawa pesan – pesan kesehatan berdasarkan siklus usia.
  • Permainan angklung oleh komunitas lansia dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Baca Juga : Rayakan Hari Asuransi Nasional 2022 Dengan Mengetahui Sejarah Asuransi di Indonesia!

Menjaga kesehatan sangat penting dan harus dilakukan secara konsisten, karena itu Hari Kesehatan Nasional ada untuk terus mengedukasi masyarakat pentingnya menjaga kesehatan. Selain dengan mengimplementasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, kesehatan juga bisa dilakukan dengan tindakan pencegahan seperti memiliki asuransi kesehatan. 

Super care terbaru

Oiya, sekarang kamu juga sudah bisa mendapatkan asuransi kesehatan yang terpercaya dengan mendaftarkan diri di Super Easy Health dari Super You. Hanya dengan Rp4.500 per hari kamu sudah bisa mendapatkan berbagai manfaat yang tidak biasa.

Jadi, tunggu apalagi, yuk daftarkan diri kamu sekarang juga yaa.

Artikel Terkait