hari lanjut usia nasional

Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) diperingati setiap tanggal 29 Mei. Peringatan ini bertujuan untuk mendukung semangat jiwa raga para lansia di Indonesia. Peringatan ini dimulai dari sejarah masa perjuangan kemerdekaan NKRI pada tahun 1945.

Pada saat itu tanggal 29 Mei 1945, sidang Badan Persiapan untuk Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang dipimpin oleh sosok Dr. KRT Radjiman Widyodiningrat yang merupakan sosok paling sepuh atau tua namun kondisinya tidak mempengaruhi semangat untuk berkontribusi bagi NKRI. Beliau mencetuskan gagasan perlunya filosofis negara Indonesia. Berangkat dari latar belakang sejarah itu, Presiden Soeharto pada tahun 1996 mencetuskan lahir peringatan Hari Lanjut Usia Nasional.

 

Tema Hari Lanjut Usia Nasional 2021

Tema HLUN tahun 2021 adalah “Lanjut Usia Bahagia Bersama Keluarga”. Tema ini bertujuan untuk mengingatkan kita betapa pentingnya keluarga sebagai lembaga sosial terkecil yang menjadi tempat bagi setiap orang untuk tumbuh dan berkembang. Tentunya orang tua juga sebagai panutan bagi setiap anak dibawahnya. Jadi keberadaan orang tua yang mungkin saja sudah menjadi lansia patut diapresiasi sebaik mungkin.

Banyak diantara mereka ada yang masih bisa hidup bahagia bersama anak dan cucu. Ada juga yang menghabiskan masa tuanya di panti-panti sosial.

 

Berikan Perlindungan untuk Lansia

Jangan lupa berikan perlindungan terbaik untuk orang tua atau lansia dengan perlindungan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Di Super You, kamu tidak perlu khawatir dengan biaya premi yang mahal. Mulai dari Rp 30 ribuan per bulan, sudah terlindungi. Cari tahu disini.

Artikel Terkait Lainnya