hari lupus sedunia

Hari Lupus Sedunia, disebut juga sebagai World Lupus Day, adalah sebuah hari peringatan bagi orang-orang yang terdampak oleh penyakit lupus. Selain itu, hari ini juga digunakan untuk meningkatkan kesadaran orang lain akan penyakit lupus. 

Pada tanggal 10 Mei ini, yuk kita pahami bersama apa itu penyakit lupus, dan bagaimana cara kamu bisa berkontribusi pada Hari Lupus Sedunia 2021.

 

Apa Itu Penyakit Lupus?

Penyakit lupus adalah sebuah jenis penyakit autoimun yang tergolong serius. Alih melindungi tubuh dari bakteri dan virus yang masuk, sistem imun dari penderita lupus akan menyerang sel dan jaringan tubuh sendiri.

Hal ini membuat adanya radang di berbagai bagian tubuh penderita, mulai dari kulit, sendi, bahkan organ-organ tubuh. Kebanyakan penderita lupus sendiri adalah wanita. Saat ini, diperkirakan ada sekitar 5 juta penduduk dunia yang menderita lupus.

Penyakit lupus sendiri sudah ada sejak lama. Diperkirakan sudah ada sejak Abad Pertengahan, terutama abad ke-12, penyakit ini awalnya dikira sebagai penyakit kulit yang tidak fatal. Namun, seiring berkembangnya dunia kesehatan, penyakit ini diakui sebagai penyakit autoimun yang dapat berakibat fatal karena peradangan pada organ internal. Diagnosis dan pengobatan efektif pun mulai dikembangkan di abad ke-18 dan ke-19.

Namun sayangnya, kita masih belum mengetahui apa penyebab penyakit ini secara pasti. Penyakit lupus sendiri mempunyai beberapa faktor risiko sebagai pemicu, antara lain penyakit menular, genetik, dan obat-obatan tertentu. 

Bagaimana pun juga, perlu diingat bahwa penyakit lupus tidak menular.

 

Sejarah Hari Lupus Sedunia

Hari Lupus Sedunia pertama dirayakan pada tahun 2004. Komunitas Lupus Kanada mengajukan hari ini karena kurangnya kesadaran akan penyakit lupus, yang menimbulkan stigma bagi penderita dan keluarga. 

Biasanya pada Hari Lupus Sedunia, komunitas lupus setempat akan mengajukan kepada pemerintah beberapa poin yang dapat meningkatkan kualitas hidup penderita lupus, antara lain:

  • Peningkatan dana bagi penelitian penyakit, terutama penyebab dan pengobatan; 
  • Diagnosis dan penanganan dini untuk penyakit lupus;
  • Data epidemiologis yang lebih baik untuk lupus secara global;
  • Layanan kesehatan yang lebih baik; serta 
  • Bantuan untuk tingkatkan kesadaran masyarakat luas.

Hari Lupus Sedunia juga didukung oleh musisi Julian Lennon, sebagai Global Ambassador dari Lupus Foundation of America. 

“Lupus adalah penyakit berpotensi fatal dan pengubah hidup yang membutuhkan lebih banyak pengertian dan dukungan. Sudah menjadi tanggung jawab kita untuk turut membantu dan melakukan apa yang kita bisa untuk melawan penyakit yang tak terduga dan kerap disalahpahami ini,” ujar Lennon.

 

Asuransi Penyakit Kritis Premi Mulai Rp 39.500 per Bulan. Mau?

Cari Tahu Disini

 

Bagaimana Cara Merayakan Hari Lupus Sedunia 2021?

Pada tahun ini, Hari Lupus Sedunia mengambil tema Make Lupus Visible (Buat Lupus Terlihat), di mana kampanye digunakan melalui sosial media untuk meningkatkan kesadaran akan lupus dan dampaknya kepada penderita. 

Hari Lupus sendiri identik dengan warna ungu. Kamu bisa menunjukkan dukungan kamu dengan membagikan foto kamu memakai baju ungu, serta memberikan informasi mengenai penyakit lupus. Jangan lupa sertakan #MakeLupusVisible sebelum mengunggah ya.

Jika kamu tidak ingin menunjukkan mukamu, maka kamu juga bisa mendukung gerakan ini dengan menggunakan perangkat sosial media yang sudah disediakan oleh Organisasai World Lupus sebagai berikut:

  • Instagram: https://worldlupusdayorg.files.wordpress.com/2021/04/instagrammake_lup_en.jpg 
  • Twitter: http://worldlupusdayorg.files.wordpress.com/2021/04/twittermake_lup_en.jpg 
  • Facebook: https://worldlupusdayorg.files.wordpress.com/2021/04/facebookmake_lup_en.jpg 

Yuk, mari kita bantu teman-teman kita yang menderita lupus!

Artikel Terkait Lainnya