hari malaria sedunia

Hari Malaria Sedunia jatuh pada tanggal 25 April setiap tahunnya. Termasuk sebagai salah satu dari 11 hari kampanye berkancah internasional di bawah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sejauh ini, kita sudah membuat kemajuan pesat dalam menangani malaria. Hal ini telah menyelamatkan jutaan nyawa. Bagaimana pun juga, masih ada beberapa negara yang masih berisiko tinggi untuk terkena penyakit malaria. Faktanya, malaria mengambil nyawa anak kecil setiap 2 menit. 

Malaria sendiri adalah penyakit yang mudah tersebar di negara yang mempunyai banyak desa tanpa akses layanan kesehatan, seperti di India, Pakistan, Papua Nugini, bahkan Tanah Air kita Indonesia. 

Hari Malaria Sedunia ini bertujuan untuk merayakan kesuksesan kita dalam melawan penyakit ini, sembari mengingatkan rencana ke depannya untuk sepenuhnya menghapus malaria.  

Tema Hari Malaria Sedunia 2021

Di tahun 2021, Hari Malaria Sedunia mengangkat tema yaitu Reaching the Zero Malaria Target (“Mencapai Target Bebas Malaria”). Tema ini dibuat berdasarkan kampanye Zero Malaria Starts With Me (“Bebas Malaria Dimulai dari Saya”) pada tahun 2020. 

Pada Hari Malaria Sedunia 2021, berikut ada tujuan yang ingin dicapai:

  • Meningkatkan urgensi. Terutama dengan adanya COVID-19, kita harus meningkatkan perlawanan terhadap malaria. Kita juga tidak bisa mengalahkan COVID-19 jika kita berhenti melawan malaria, yang merupakan penyakit yang bisa dicegah.
  • Meningkatkan kesadaran bahwa malaria bisa dihapus. Walaupun ada tantangan menghadapi COVID-19, tetapi target untuk eliminasi malaria tetap memungkinkan bagi semua negara.
  • Menjamin kesehatan dunia. Jika kita bisa mengakhiri malaria, maka kita juga memperkuat sistem kesehatan kita dan ke depannya bisa menjadi lebih tangguh dalam menghadapi endemi dan pandemi seperti COVID-19.
  • Menggunakan kekuatan generasi muda. Anak muda di zaman ini adalah orang-orang yang akan menjadi kunci utama dalam mengakhiri malaria di masa depan.

Indonesia pun menjadi salah satu negara yang mendukung program untuk menghapus endemi malaria.  

Baca Juga : Daftar Penyakit Infeksi yang Umum Terjadi di Indonesia  

Eliminasi Malaria di Indonesia

Masih banyak kasus positif malaria di Indonesia, terutama beberapa daerah yang termasuk endemis tinggi (mempunyai jumlah penderita malaria lebih dari 5 per 1000 penduduk). Kebanyakan daerah endemis malaria terjadi di Indonesia Timur, yakni Provinsi Papua, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan Provinsi Papua Barat. 

Selain itu, ada sekitar 23 kabupaten/kota yang masih terkategori sebagai daerah endemis tinggi. Walau terkesan sedikit jika dibandingkan banyaknya kabupaten/kota di Indonesia, sekitar 2 jutaan penduduk Indonesia masih terpengaruh oleh bahaya infeksi malaria.

Karena itu, Kementerian Kesehatan pun berencana untuk menjalankan program pemberantasan malaria hingga selambatnya tahun 2030. Hal ini untuk mendukung Indonesia yang bebas malaria di tahun 2030 agar Indonesia bisa mengusulkan verifikasi eliminasi malaria ke Organisasi Kesehatan Dunia.  

Rencana tahapan Indonesia bebas malaria

Eliminasi dilakukan secara bertahap, mulai dari level kabupaten/kota, yaitu dengan target sebagai berikut.

  • 2019: Terbebasnya 300 kabupaten/kota dari malaria. (Sudah tercapai ✅)
  • 2025: Sudah tidak ada penularan lokal malaria di Indonesia.
  • 2028: Semua kabupaten/kota di Indonesia sudah bebas malaria.
  • 2029: Semua provinsi dan regional di Indonesia bebas malaria.
  • 2030: Indonesia bebas malaria di tahap nasional dan pengusulan verifikasi ke WHO.

Adapun target untuk mendapatkan verifikasi bebas malaria, Indonesia harus mencapai persyaratan bebas malaria seperti berikut.

  • Setiap daerah kabupaten/kota dapat memberikan bukti bahwa daerahnya sudah tidak ada penularan lokal untuk malaria selama 3 tahun;
  • Sistem kesehatan sudah cukup baik untuk memberikan jaminan bahwa tidak akan ada penularan ulang;
  • Kasus positif (positivity rate) < 5%;
  • Jumlah penderita malaria kurang dari 1 per 1000 penduduk.
 

Cara Merayakan Hari Malaria Sedunia 2021

Kamu bisa mengikuti berbagai perayaan di Hari Malaria Sedunia di Indonesia.

Misalnya, kamu bisa meningkatkan kesadaran akan penyakit malaria melalui sosial media. Dapatkan poster HMS 2021 yang disediakan Kementerian Kesehatan melalui link berikut: https://drive.google.com/drive/folders/10AcLWTaECp2gD1joiaEK53VmHULvZRQ1

Kamu juga selalu bisa mengikuti organisasi lokal yang berfokus pada pemberantasan malaria. Bila tidak ada, kamu selalu bisa mendukung melalui donasi pada organisasi di daerah-daerah yang masih terdampak oleh penyakit malaria.

Selamat Hari Malaria Sedunia 2021, Teman SUPERjuangan!

SHARE Super you Facebook Super you instagram

Artikel Terkait Lainnya