hari olahraga nasional

Walaupun tetap di rumah karena masih pandemi, olahraga harus tetap dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Hari olahraga nasional atau Haornas diperingati setiap tanggal 9 September. Haornas diperingati dengan tujuan untuk meningkatkan rasa sportivitas masyarakat Indonesia. Selain itu juga bertujuan sebagai pembinaan dan perkembangan olahraga.

Sejarah Penetapan Hari Olahraga Nasional

Haornas tidak lepas dari gelaran Pekan Olahraga Nasional atau PON yang menjadi awal ditetapkan Haornas. Pada pembukaan PON ke-1 di Surakarta tanggal 9-12 September 1948 yang dimana PON pada saat itu terbentuk akibat kegagalan atlet Indonesia berlaga di dunia internasional.

Pada saat itu PORI atau Persatuan Olahraga Republik Indonesia telah menjadi KONI atau Komite Olahraga Nasional mempersiapkan atlet Indonesia untuk berlaga di kancah internasional dalam olimpiade musim panas XIV di London, Inggris pada tahun 1948. Namun atlet Indonesia tidak dapat bertahan dan gagal ditambah PORI belum diakui sebagai anggota IOC atau International Olympic Committee. Delegasi Indonesia juga ada yang gagal berangkat karena paspor Indonesia yang belum diakui oleh pemerintah Inggris.

PON ke-1 resmi ditetapkan pada tanggal 9 September 1948 oleh Presiden Soekarno. Kemudian 9 September ditetapkan sebagai Hari Olahraga Nasional oleh presiden ke-2 Indonesia, Soeharto. Pertama kali Haornas resmi diperingati pada tahun 1983.

 

Tema Haornas 2021

Tema Hari Olahraga Nasional tahun 2021 adalah “Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju”. Logo dan umbul-umbul bisa di dapatkan di laman resmi kemenpora.go.id

Selamat Hari Olahraga Nasional 2021 teman-teman SUPERjuangan!

Olahraga bukan gaya hidup, tapi kebutuhan hidup agar tetap sehat

Yuk baca juga beberapa artikel tentang olahraga

kalkulator kalori

Artikel Terkait Lainnya