hari palang merah internasional

Tentunya kamu sudah pernah mendengar organisasi Palang Merah Indonesia, bukan? Organisasi satu ini merupakan bagian dari gerakan internasional sosial kemanusiaan bernama Palang Merah Internasional.

Nah, pada tanggal 8 Mei mendatang, kita akan merayakan Hari Palang Merah Internasional. Yuk, pelajari prinsip-prinsip Palang Merah yang bisa kita rayakan!

Prinsip Gerakan Palang Merah

Tujuan utama dari gerakan Palang Merah adalah untuk menyediakan pertolongan darurat bagi korban tanpa memihak siapa pun. Pada dasarnya, semua orang berhak untuk diselamatkan jika dalam kondisi darurat atau kritis, bukan?

Dengan begitu, Palang Merah Indonesia mau pun Internasional memegang 7 prinsip berikut:

  1. Kemanusiaan, di mana pertolongan diberikan atas dasar rasa hormat kepada sesama manusia sebagai makhluk hidup. Karena itu, Palang Merah mencoba mencegah dan mengurangi rasa penderitaan yang dialami korban.
  2. Kesamaan, di mana pertolongan untuk mengurangi penderitaan hanya ditentukan berdasarkan kebutuhan dan tingkat keseriusan kasus, bukan berdasarkan diskriminasi nasionalitas, ras, agama, kelas, atau pendapat politik.
  3. Kesukarelaan, di mana gerakan Palang Merah tidak didasari keuntungan, tetapi dilakukan secara suka rela.
  4. Kemandirian, di mana Palang Merah berdiri secara independen atau terpisah dari pemerintah agar bisa beroperasi sesuai prinsip Palang Merah.
  5. Kesatuan, di mana setiap negara hanya boleh mempunyai 1 organisasi Palang Merah yang terbuka untuk setiap orang dan melaksanakan tugas kemanusiaan untuk 1 negara.
  6. Kenetralan, di mana Palang Merah harus bersikap netral dan berpartisipasi dalam kontroversi politik, ras, agama, atau ideologi apa pun.
  7. Kesemestaan, di mana Palang Merah merupakan lembaga internasional di mana semua negara mempunyai kedudukan, tanggung jawab, dan kewajiban yang setara untuk membantu satu sama lain.

Untuk mewujudkan dan mengingatkan kita atas 7 prinsip ini, lahirlah Hari Palang Merah Sedunia.

 

Apa Itu Hari Palang Merah Sedunia?

Hari Palang Merah Sedunia adalah peringatan tahunan atas 7 Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah yang sudah disebutkan.

Jatuh pada setiap tanggal 8 Mei, hari ini dipilih karena merupakan hari kelahiran Henry Dunant. Beliau merupakan pendiri Komite Internasional Palang Merah (International Committee of Red Cross) dan penerima pertama Penghargaan Nobel untuk Perdamaian (Nobel Peace Prize).

Palang Merah Internasional sendiri membantu dalam berbagai macam bencana, konflik, masalah kesehatan, atau masalah sosial yang terjadi di dunia ini. Karena pekerjaannya yang tidak mudah, kita merayakan hasil kerja para sukarelawan, serta memberikan bantuan publik berupa edukasi dan persiapan untuk bencana apa pun.

 

Sejarah Hari Palang Merah Internasional

Ide dibalik “gerakan tahunan sedunia untuk mendorong perdamaian” sudah ada sejak pasca Perang Dunia pertama. Inisiatif ini awalnya dikenal sebagai “Red Cross Truce”. Setelah Perang Dunia kedua, inisiatif ini diajukan kepada Federasi Masyarakat Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah pada tahun 1946. 

Akhirnya, inisiatif diterima dua tahun kemudian dan Hari Palang Merah Internasional pertama dirayakan pada tanggal 8 Mei 1948. Pada tahun 1984, nama resmi dari hari ini pun menjadi “Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional”.

 

Bagaimana Cara Merayakan Hari Palang Merah Sedunia 2021?

Pada Hari Palang Merah Sedunia, kita menghargai jasa organisasi kemanusiaan ini atas bantuan mereka kepada masyarakat. Biasanya perayaan ini pun mengangkat tema yang berbeda setiap tahunnya.

Tema Hari Palang Merah Internasional 2021 adalah Unstoppable. Bahkan di tengah pandemi pun, perjuangan para relawan Palang Merah tetap tidak terhentikan. Kamu pun bisa turut merayakan dan mengedukasi diri kamu akan Palang Merah dengan mengikuti talkshow yang diadakan PMI. 

Berikut informasinya.

Hari Palang Merah Internasional 2021

Bagi para orang tua dan guru, kamu juga bisa membantu mengedukasi anak-anak tentang pentingnya organisasi Palang Merah. Pastikan generasi penerus bangsa mengerti pentingnya peranan Palang Merah di dalam negara kita dan juga dunia ini.

Selamat Hari Palang Merah Internasional 2021, Teman SUPERjuangan!

Artikel Terkait Lainnya