hari pramuka

Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 bulan agustus. Gerakan pramuka memiliki tujuan untuk membentuk mental generasi penerus bangsa Indonesia agar bisa berbakti untuk negara. 

Istilah pramuka berasal dari bahasa Inggris yaitu “scouting” yang mana diperkenalkan oleh Sir Robert Powell pada tahun 1907 dimana kepramukaan dulunya merupakan cara untuk membina kaum muda di Inggris karena kekerasan dan tindakan kejahatan. Powell dikenal sebagai bapak pramuka dunia.

Hari lahir Robert Baden-Powell pada tanggal 22 Februari juga diperingati sebagai Hari Pramuka Internasional.

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, organisasi kepanduan yang masuk ke Indonesia pada tahun 1912 setelah Belanda memiliki cabang yang bernama Nederlandsche Padvinders Organisatie (NPO) kemudian berganti nama menjadi Nederlands Indische Padvinders Vereniging (NIVP) pada tahun 1916. Di tahun 1916 juga dibentuk Organisasi Kepanduan pertama Indonesia dengan nama Javaansche Padvinder Organisatie (JPO). Dengan lahirnya JPO memicu lahir berbagai jenis gerakan nasional lainnya.

Melihat banyaknya organisasi kepramukaan milik Indonesia maka pada tanggal 30 Juli tahun 1961 di Istora Senayan saat itu, tokoh-tokoh kepanduan Indonesia menyatakan menggabungkan diri dengan Pramuka.

Organisasi kepramukaan Indonesia ini dilebur menjadi nama Pramuka pada tanggal 9 Maret 1961 yang diinisiasi oleh Presiden Soekarno pada saat itu. Kemudian pada tanggal 14 Agustus tahun 1961 saat Majelis Pimpinan Nasional yang juga diketuai oleh Presiden Soekarno dan beberapa rekannya yang lain menyerahkan panji-panji Pramuka kepada beberapa tokoh untuk kemudian memperkenalkan gerakan Pramuka kepada masyarakat Indonesia.

 

Tema Hari Pramuka 2021

Pada tahun 2021, Hari Pramuka yang jatuh tanggal 14 Agustus ini memiliki logo tentang 60 Tahun Gerakan Pramuka. Hal ini diputuskan dalam Surat Keputusan Nomor 027 tahun 2021 bulan Februari oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Hari Pramuka tahun 2021 memiliki beberapa makna seperti

  • Warna merah memiliki arti berani dan ksatria, warna putih memiliki arti rela dan tulus dalam berbakti.
  • Angka 60 yang ada di logo hari pramuka tahun 2021 melambangkan tahun ke-60 hadirnya Gerakan Pramuka.
  • Terdapat lambang WOSM (World Organization of Scout Movement) di logo gerakan pramuka menunjukan gerakan ini sebagai satu-satunya gerakan organisasi kepanduan di Indonesia dan diakui oleh organisasi kepanduan dunia.

Selain logo pramuka, slogan gerakan pramuka juga ditetapkan oleh Kwarnas yaitu “Berbakti Tanpa Henti” yang berarti semua anggota gerakan pramuka selalu siap sedia berbakti sampai kapan pun.

Artikel Terkait Lainnya