hari-gizi-nasional

Gizi masih merupakan salah satu masalah yang melanda Indonesia hingga hari ini. Kondisi Gizi di Indonesia memburuk karena Covid-19 yang menyebabkan banyak masyarakat Indonesia yang kehilangan pendapatan. Namun, sebelum pandemi pun gizi sudah menjadi masalah yang dihadapi masyarakat Indonesia. 

Untuk memperingati masalah kesehatan gizi dan mengedukasi kepentingan gizi, terdapat 2 hari yang mengingat dan mengedukasi masalah ini. Tanggal 25 Januari dan 28 Februari dijadikan hari untuk memperingati kepentingan gizi. Kedua hari tersebut memiliki fokus yang berbeda dan setiap tahunnya pun memiliki topik pembahasan yang berbeda. Tanggal 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi dan Makanan dengan tema tahun ini ‘Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas’ dan tanggal 28 Februari sebagai Hari Gizi Nasional Indonesia dengan program pemerintah Perbaikan Gizi Nasional untuk mengedukasikan kepentingan gizi kepada masyarakat agar rakyat Indonesia bisa tumbuh sehat dan berkualitas. 

Untuk memperingati Hari Gizi Nasional Indonesia yuk, ketahui makanan bergizi agar mengonsumsi makanan berkualitas! 

Karbohidrat

Saat diet, paling banyak dilakukan selain berolahraga adalah dengan mengeliminasi makanan yang mengandung karbohidrat. Namun, untuk sepenuhnya mengeliminasi karbohidrat bisa menjadi berbahaya bagi tubuh karena karbohidrat berfungsi sebagai penghasil energi untuk tubuh dan dengan adanya karbohidrat, tubuh bisa menyerap kalsium leih baik jadi mereka juga berperan dalam menjaga kesehatan tulang. 

Salah satu alasan kenapa karbohidrat tidak boleh kurang adalah karena karbohidrat melindungi protein yang ada dalam tubuh kita. Protein bisa menjadi sumber energi cadangan saat tubuh kekurangan karbohidrat, tetapi protein juga berfungsi sebagai agen pembentukan organ didalam tubuh. Karena itu untuk membiarkan protein berfungsi semestinya, asupan karbohidrat harus dijaga. Dari pada mengeliminasi karbohidrat sepenuhnya, ganti dengan karbohidrat yang rendah kalori.

Contoh makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi putih, nasi merah, ubi jalar, jagung, pisang apel, kacang merah, oat, kentang, kurma, dan kismis.

Protein

Protein dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga metabolisme dan kesehatan tubuh. Fungsi utama dari protein adalah untuk memperbaiki jaringan sel agar bisa bekerja dengan baik dan memproduksi enzim dan hormon untuk menjaga organ tubuh dan fungsi sel. Enzim yang dihasilkan oleh protein akan menggerakkan reaksi kimia dan hemoglobin untuk membawa oksigen ke darah dan hormon bekerja untuk menjaga tubuh tetap sehat dan tidak sakit.

Sekitar 20% tubuh manusia terdiri dari protein dan bisa ditemukan pada tulang, kulit, hingga rambut. protein sendiri terdiri atas 20 jenis asam amino, 9 yang esensial dan 11 yang non-esensial. Namun asam amino yang diproduksi oleh tubuh merupakan asam amino non-esensial, jadi tubuh harus mendapatkannya dari sumber lain.

Contoh makanan yang mengandung protein adalah telur ayam, daging ayam dan sapi tanpa lemak, yogurt dan susu, ikan tuna, kacang almond, keju cottage, gandum dan brokoli.

asuransi digital

Vitamin

Pada tubuh, fungsi vitamin adalah untuk menjaga kesehatan tubuh dengan cara yang sangat beragam. Beberapa fungsi dari vitamin adalah untuk membantu mengatur metabolisme, mencegah penyakit kronis, menjaga kekebalan tubuh, menjaga nafsu makan dan menjaga kesehatan mental kita lho! Yuk, ketahui lebih dalam mengenai vitamin yang baik untuk daya tahan tubuh kita!

Contoh makanan mengandung vitamin yang mudah ditemukan adalah kembang kol, kacang tanah, daging, hati ayam, telur, tahu dan tempe. 

Baca Juga: Jaga Imun, Cobain 13 Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi


Kalsium

Kalsium dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sejak kecil kita dianjurkan untuk banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium agar kita memiliki tulang dan gigi yang kuat dan sehat. Saat kita mengonsumsi asupan kalsium yang cukup, maka kita akan terhindar dari risiko terkena penyakit yang berhubungan dengan tulang dan postur, salah satunya adalah osteoporosis

Baca Juga: Bahaya Kifosis: Jenis, Penyebab, Gejala dan Cara Penangan.

Contoh makanan yang mengandung kalsium adalah susu, yoghurt, keju sayuran hijau seperti bayam, lobak, sawi hijau, okra, brokoli dan bok choy mengandung banyak kalsium, makanan laut, kacang-kacangan dan biji-bijian, dan makanan yang diperkaya kalsium seperti sereal, roti dan oatmeal.

Nah, sudah tahu kan apa saja makanan bergizi yang dibutuhkan oleh tubuh? Pastikan juga untuk berolahraga dengan rutin yuk, ketahui manfaat berolahraga bagi kesehatan tubuh. Memiliki asuransi juga bisa menjadi salah satu upaya untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Super You menawarkan asuransi kesehatan dengan harga yang terjangkau lho!