Rangka Motor Honda eSAF

Rangka motor Honda eSAF belakangan menjadi trending topik di beberapa platform media sosial. Hal ini bisa terjadi karena ada sebuah unggahan dari warganet yang memberikan informasi ranga motornya patah dan karatan.

Kejadian ini kemudian diketahui menimpa sebuah rangka motor eSAF atau enhanced Smart Architecture Frame. Pabrikan Honda pun melihat hal ini langsung mengambil langkah investigasi untuk mengetahui penyebab awalnya.

Table of Contents

Rangka eSAF motor Honda sendiri merupakan rangka baru yang baru saja diaplikasikan pada tahun 2019 silam lewat motor skutik Genio. Tiga motor lainnya yang mengikuti langkah ini adalah Honda Beat, Honda Scoopy, sampai dengan Honda Vario 160 yang masuk ke dalam keluaran terbaru Honda.

Apa Itu Rangka eSAF?

`Dilansir dari banyaknya sumber, rangka eSAF merupakan sebuah rangka pembaharuan milik Honda yang sudah diterapkan di beberapa motor andalan mereka. Daftar motor Honda yang pakai rangka eSAF antara lain adalah Honda Beat, Honda Scoopy, Honda Genio, dan Honda Vario 160.

Ke-empat motor ini juga memiliki nilai jual yang sangat tinggi di pasar motor skutik Indonesia. Kita pasti banyak sekali menemukan motor ini mengaspal di jalanan Indonesia, utamanya di Ibu Kota Jakarta.

Namun, di balik semuanya itu siapa yang mengira bahwa rangka eSAF Honda gampang patah dan menyebabkan bahaya mengintai penggunanya. Rangka eSAF sendiri menggunakan bahan dasar baja yang di-press dan dilas menggunakan laser welding sehingga sangat berbeda dengan rangka biasa.

Astra Honda Motor sebagai induk dari pabrikan Honda mengklaim bahwa penggunaan rangka eSAF ini lebih ringan 8 persen dibandingkan dengan rangka skutik Honda sebelumnya.

Baca Juga : Berhenti Naik Motor Menggunakan Sandal Jepit dan Ketahui Sepatu Motor untukmu!

Sederet Fakta Rangka eSAF Honda

Fakta Rangka eSAF Honda

Rangka motor Honda eSAF pertama kali diaplikasikan atau digunakan untuk motor Honda keluaran tahun 2019 dan motor pertama yang menggunakannya adalah Honda Genio. Lalu, apa yang membuat rangka eSAF ini begitu menarik untuk digunakan produsen Indonesia?

  • Dipakai di 4 Motor Skutik Honda

eSAF adalah kependekan dari istilah enhanced Smart Architecture Frame, sebuah rangka cerdas yang disempurnakan dengan berbagai macam teknologi. Teknologi dan metode pembuatan frame ini tentu berbeda dengan rangka motor jenis lainnya.

Rangka motor Honda eSAF dibuat menggunakan plat baja yang kemudian di-press dan dilas. Berbeda dengan rangka motor lain yang menggunakan pipa dipotong. Untuk menyatukan antara beberapa pelat baja yang di-press itu, pengelasannya kemudian berbeda juga.

Proses penyatuannya kemudian menggunakan alat las laser yang diklaim dapat meminimalisir deformasi. Sampai saat ini, sudah ada empat model motor Honda yang menggunakan rangka eSAF. Honda Genio, Honda Beat, Honda Scoopy, sampai Honda Vario 160.

  • Rangka eSAF Punya Garansi

Rangka motor Honda eSAF masuk ke dalam salah satu komponen yang miliki garansi. Astra Honda Motor memberikan garansi rangka dan sistem kelistrikan selama 1 tahun atau 10.000 km, mana yang lebih dulu tercapai.

Tentunya ada syarat dan ketentuan terkait dengan penggantian atau perbaikan suku cadang yang rusak dikarenakan:

1. Kesalahan proses produksi pabrik

2. Kesalahan bahan atau material produk bawaan

3. Kesalahan konstruksi atau kesalahan pabrik

4. Garansi ini hanya berlaku untuk motor Honda yang dirawat di bengkel resmi Honda atau AHASS di seluruh Indonesia, sesuai dengan jadwal berkala yang sudah ada pada buku panduan servis

5. Kalau motor Honda berpindah tangan, garansi ini tetap berlaku sepanjang mengikuti aturan yang ada dalam buku servis.

Baca Juga : Ingin Bergabung Dalam Komunitas Motor? Ketahui 8 Istilah yang Digunakan!

Daftar Motor Honda yang Pakai Rangka eSAF

Jenis rangka eSAF ini merupakan sebuah inovasi terbaru dari pabrikan Honda yang saat ini diaplikasikan pada motor Honda terbaru. Lalu, apa saja daftar motor Honda yang pakai rangka eSaf?

  1. Honda Genio 2019 – sekarang
  2. Honda Beat 2020 – sekarang
  3. Honda Beat Street 2020 – sekarang
  4. Honda Scoopy 2020 – sekarang
  5. Honda Vario 160 – sekarang.

Lalu, kenapa rangka ESAF honda gampang patah? Menurut beberapa sumber, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan rangka motor karatan seperti yang sedang viral di media sosial beberapa waktu lalu.

Hal ini juga tergantung kepada case atau kasus kerusakannya. Jika kesalahannya pada pihak pabrik, maka hal ini menjadi tanggung jawba Honda sepenuhnya. Namun, jika kerusakan ini karena human error atau kesalahan penggunaan, maka ini sepenuhnya tanggung jawab pengguna.

Oleh karena itu, saat ini pihak Honda sedang mengidentifikasi kerusakan yang terjadi pada video viral tersebut. Namun, meski demikian pihak AHM akan mengganti sesuai dengan ketentuan yang ada jika itu memang kesalahan dari pabrikan.

Harga Rangka Motor Honda eSAF

Menyoal harga, rangka eSAF ini memiliki harga yang berbeda-beda. Misalnya saja, Honda Genio yang jadi pemakai pertama rangka eSAF dengan kode 50100K0JN00 dijual dengan harga Rp1.120.000. Lalu, pada motor kedua yang memakai rangka eSAF adalah Honda Beat dan Beat Street.

Motor yang dikatakan sebagai motor sejuta umat ini muncul edisi terbarunya pada Januari 2020. Kode komponen yang digunakan pada rangka motor Honda Beat ini adalah 50100K1AN00 dan dijual dengan harga Rp1.150.000.

Motor selanjutnya yang menggunakan rangka eSAF adalah Honda Scoopy. Genari baru dari Honda Scoopy muncul menyusul Genio dan generasi Beat kurang lebih pada November 2020. Kode komponen pada Honda Scoopy adalah 50100K2FN00 dijual di pasaran dengan Rp1.150.000.

Model terakhir motor Honda yang menggunakan rangka eSAF adalah Honda Vario 160. Rangka eSAF untuk Vario 160 memiliki kode 50100K2SN00 dan 50100K2SN10 dijual di pasaran dengan harga Rp1.370.500. Motor ini menggunakan rangka eSAF sejak Februari 2022.

Namun, kelebihan yang ada pada rangka eSAF ini tidak menutup kemungkinan kasus rangka motor karatan. Karena pada dasarnya ini adalah sebuah teknologi yang diciptakan manusia yang bisa saja memiliki kelemahan di dalamnya.

Apapun itu, semuanya tergantung dengan perawatan dan bagaimana kamu menjaga kendaraan kamu.

Baca Juga : Ragu Membeli Mobil 100 Jutaan? Ini 20 Rekomendasi Mobil 100 Jutaan yang Pas Untuk mu!

Rangka Motor eSAF Tidak Dijual Bebas

Poin yang satu ini harus menjadi catatan kamu, karena rangka eSAF keluaran Honda ini hanya dijual di bengkel resmi. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkannya secara bebas. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi kalau kamu ingin membeli rangka eSAF ini.

Hal ini tentunya akan berkaitan dengan mencetak ulang nomor ranka sebagai identitas tunggal dan kepemilikan sepeda motor konsumen guna memastikan keamanan dan keaslian rangka motor tersebut.

Rangka eSAF Diklaim Bikin Irit BBM

Rangka eSAF ini juga diklaim memiliki keunggulan lain karena menggunakan pelat baja yang di-press dan dilas pakai laser welding. Salah satu keunggulan dari penggunaan bahan dasar ini adalah lebih irit bahan bakar dibanding dengan jenis lain.

Salah satu contohnya adalah pada sebuah tes internal yang dilakukan di Honda Genio. Konsumsi bahan bakarnya mencapai 59,1 km/liter dengan fitur ISS menyala. Lalu, pada Honda Beat bisa mencapai 60,6 km/liter (fitur ISS on), sedang untuk Vario 160 46,9 km/liter, serta untuk Honda Scoopy 59 km/liter.

Penggunaan rangka eSAF juga membuat ruang yang lebih besar di tangki bahan bakar dan bagasi. Honda Beat misalnya memiliki bagasi 12 liter dengan tangka 4,2 liter. Selanjutnya adalah Honda Vario 160 memiliki kapasitas bagasi 18 liter dengan bahan bakar 5.5 liter.

Kemudian, pada Honda Genio punya 14 liter bagasi dengan tangka bahan bakar 4,2 liter. Terakhir, ada Honda Scoopy yang memiliki bagasi 15,4 liter dengan kapasitas tangki 4,2 liter.

Nah, bagaimana? Kamu tertarik untuk membeli motor Honda dengan rangka eSAF? Oiya, sekarang kamu juga bisa bikin asuransi kesehatan dengan mudah dan tanpa ribet lewat Super Easy Health by Super You.

asuransi kecelakaan diri

Biaya asuransi ini juga cukup terjangkau dengan hanya Rp4.500 per harinya. Hemm, kira-kira sudah siap untuk cek premi kamu sekarang?

Artikel Terkait