syarat donor darah

Selamat Hari Donor Darah 2023!

Teman SUPERjuangan, sebelum melakukan donor darah, kamu perlu mengetahui apa saja syarat donor darah. Nah, kembali lagi kita merayakan Hari Donor Darah setiap tanggal 14 Juni untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya donor darah bagi penerima darah, serta manfaatnya bagi pendonor darah.

Yuk, ketahui juga bagaimana sejarah Hari Donor Darah Sedunia dan tema Hari Donor Darah 2023 kali ini!

Table of Contents

Sejarah Hari Donor Darah Sedunia

Jauh sebelum adanya Hari Donor Darah 2023, aksi ini sudah dilakukan sejak berabad-abad yang lalu. Tapi, terdapat fakta di balik Hari Donor Darah Sedunia yang mungkin jarang kita dengar, bahwa donor darah pertama kali diteliti justru pada seekor anjing.

Richard Lower, dokter hewan asal Inggris merupakan orang pertama yang meneliti ilmu donor darah. Lower berhasil mentransfusikan darah anjing kepada anjing lain. Nah, dalam percobaannya tersebut, Lower tidak menemukan efek sakit berarti pada anjing-anjing tersebut.

Lower pun menuliskan penelitiannya dalam buku Tractatus de Corde, juga mengenai fungsi sistem kardiopulmonal atau pernapasan dan jantung.

Meskipun begitu, Hari Donor Darah Sedunia justru tercetus setiap tanggal 14 Juni diambil dari hari kelahiran Karl Landsteiner, ahli patologi dan imunologi berdarah Austria-Amerika.

Landsteiner mengembangkan tentang golongan darah serta pengembangan sistem transfusi darah modern pada manusia. Penelitian tersebut dilakukan pada tahun 1900, di mana ia menemukan darah dua orang dalam kontak menggumpal.

Berkat karyanya tersebut, Landsteiner berhasil mendapat penghargaan Nobel pada tahun 1930. Bahkan setelah meninggal, Landsteiner dijuluki sebagai bapak transfusi darah oleh sebagian besar pihak.

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui tentang Golongan Darah

Tema Hari Donor Darah 2023

Hari Donor Darah 2023

Nah, merayakan Hari Donor Darah Sedunia, setiap tahunnya pasti memiliki tema tersendiri. Begitu juga dengan Hari Donor Darah 2023 yang mengusung tema Give Blood, Give Plasma, Share Life, Share Often atau bila diterjemahkan “Berikan Darah, Berikan Plasma, Bagikan Kehidupan, Sering Bagikan.”

Karena itu, tujuan diadakannya Hari Donor Darah 2023 bukan sekadar melakukan donor darah, pasalnya aksi donor darah bisa dilakukan kapan aja kok tanpa harus menunggu Hari Donor Darah 2023.

Perayaan Hari Donor Darah 2023 kali ini juga fokus pada orang-orang di sekitar kita yang membutuhkan dukungan transfusi darah seumur hidup. Setiap orang dapat berperan penting sebagai pendonor darah atau plasma secara teratur, aman, dan membantu pasokan darah.

Selain itu, Hari Donor Darah 2023 bertujuan untuk memobilisasi dukungan di tingkat nasional, regional, bahkan global untuk memperkuat dan mempertahankan program Hari Donor Darah 2023.

Baca juga: Ingin Sehat? Yuk, Ketahui Manfaat Donor Darah!

Syarat Donor Darah

Meskipun semua orang memiliki darah, tidak semua orang bisa menjadi pendonor darah, termasuk di Hari Donor Darah 2023 ini. Nah, untuk mendapatkan darah yang berkualitas, setiap calon pendonor harus memenuhi semua syarat donor darah. 

Syarat donor darah juga bersifat wajib dan saling melengkapi, nggak bisa cuma satu atau dua aja, ya. Sebelum kamu memutuskan menjadi pendonor di Hari Donor Darah 2023, yuk cek apakah kamu sudah memenuhi seluruh syarat donor darah berikut ini!

  • Sehat secara jasmani dan rohani
  • Usia 17-65 tahun. Bagi yang berusia 17 tahun, pastikan sudah mendapat persetujuan orang tua sebelum melakukan donor darah
  • Berat badan minimal 45 kilogram
  • Tekanan darah sistolik minimal 100-179 dan tekanan darah diastolic 70-100
  • Kadar hemoglobin 12 g/dl minimal untuk perempuan dan 12,5 g/dl minimal untuk pria
  • Apabila pernah melakukan donor darah harus memberikan jeda 12 minggu atau 3 bulan hingga donor darah yang selanjutnya
  • Maksimal melakukan donor darah hanya 5 kali setahun

Siapa yang Tidak Boleh Melakukan Donor Darah?

Siapa Saja yang Tidak Boleh Donor Darah

Selain syarat donor darah di atas, berikut adalah kriteria yang tidak diizinkan sebagai calon pendonor darah di Hari Donor Darah 2023.

  • Berat badan kurang dari 45 kilogram 

Proporsi berat badan dan tinggi seseorang mendeterminasikan jumlah darah yang dimiliki. Mereka yang di bawah 45 kilogram belum memenuhi syarat donor darah sehingga tidak diperbolehkan.

  • Ibu hamil dan baru melahirkan

Bagi ibu hamil tidak boleh melakukan donor darah, bagi yang sudah lahiran pun perlu menunggu 6 bulan hingga diperbolehkan dan memenuhi syarat donor darah.

  • Sedang flu dan batuk 

Salah satu syarat donor darah adalah dalam kondisi yang bugar. Meski bukan penyakit yang parah, flu dan batuk bisa membuat tubuh menjadi kurang bugar.

  • Penderita hipertensi

Pendonor darah dengan tekanan darah melebihi 180/100 mmHg tidak memenuhi syarat donor darah. Selain itu, melakukan donor darah dalam saat menderita hipertensi dapat membahayakan tubuh si pendonor itu sendiri.

  • Penderita diabetes

Donor darah tidak dianjurkan bagi penderita diabetes dan kadar gula yang tidak normal untuk melakukan donor darah.

  • Memiliki riwayat gangguan jantung 

Apabila memiliki riwayat penyakit jantung dan mengalami serangan jantung 6 bulan terakhir maka tidak diperbolehkan untuk melakukan donor darah, meski syarat donor darah lainnya sudah terpenuhi.

  • Terkena infeksi akut

Apabila terkena infeksi akut dan mengonsumsi antibiotik sebagai pengobatan, maka tidak boleh melakukan donor darah karena kandungan antibiotik masih terdapat di dalam darahnya.

  • Memiliki penyakit menular seksual

Bagi penderita penyakit menular seksual sifilis atau gonore dalam 12 bulan terakhir maka harus melakukan pengobatan dahulu selama 12 bulan. Setelah pengobatan benar-benar selesai baru diperbolehkan untuk melakukan donor darah.

  • Baru ditindik

Bagi mereka yang baru menindik bagian lidah, hidung, pusar dan lainnya kecuali telinga dalam waktu 12 bulan sebelumnya dilarang melakukan donor darah.

  • Pasca vaksin Covid-19

Walaupun kita sudah mendapat vaksin, syarat donor darah justru belum mengizinkan selepas vaksin langsung mendonorkan darah. Pasca vaksin Covid-19 tanpa KIPI boleh donor darah setelah 7 hari, jika dengan KIPI baru boleh donor darah setelah 28 hari.

  • Penyintas Covid-19

Untuk penyintas Covid 19 tanpa transfusi darah boleh mendonorkan darah setelah 2 minggu dinyatakan sembuh. Sementara itu, penyintas Covid-19 yang mendapatkan transfusi darah dan antibodi monoklonal minimal 3 bulan setelah sembuh.

Nah, pastikan kamu sudah memenuhi seluruh syarat donor darah, serta mengecek siapa saja yang tidak diperbolehkan menjadi pendonor di Hari Donor Darah 2023, ya! Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan dengan asuransi kesehatan. Super You menyediakan Super Easy Health, mulai Rp4.500 aja per hari!

Artikel Terkait