syarat-donor-darah

Selamat Hari Donor Darah Sedunia 2022!

 

Kembali merayakan donor darah setiap tanggal 14 Juni, perayaan ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran atas pentingnya donor darah bagi penerima darah dan manfaat melakukan donor darah bagi pendonor darah. Namun, sebelum melakukan donor darah, mari ketahui dahulu tema dari Hari Donor Darah Sedunia tahun 2022 dan kriteria yang boleh melakukan donor darah dan tidak boleh melakukan donor darah.

 

Tema Hari Donor Darah Sedunia 2022

Di tahun 2022 ini, tema yang diangkat untuk merayakan Hari Donor Darah Sedunia adalah ‘Solidaritas’, ‘Donating Blood is an Act of Solidarity: Join the Effort and Save Lives’ (Mendonorkan darah adalah aksi solidaritas: bergabunglah dalam upaya ini dan selamatkan nyawa).

 

Di tema tahun ini World Health Organization (WHO) mendorong para sukarelawan untuk melakukan donor darah sebagai aksi solidaritas karena meskipun banyak yang membutuhkan darah, aksesnya terbatas terutama pada negara berpenghasilan menengah ke bawah. Melakukan aksi sukarela ini bisa membantu memperkuat komunitas dan menyelamatkan nyawa mereka yang membutuhkan transfusi darah.

 

Baca Juga: Hal yang Perlu Kamu tahu Tentang Golongan Darah

 

Hal yang Harus Dipenuhi untuk Melakukan Donor Darah

Meskipun semua orang memiliki darah, tidak semua orang bisa menjadi donor darah. Untuk mendapatkan darah yang berkualitas, berikut adalah kriteria yang harus dipenuhi oleh calon pendonor darah.

  1. Sehat secara jasmani dan rohani
  2. Usia 17 – 65 tahun. Bagi yang masih berusia 17 tahun pastikan untuk mendapatkan persetujuan orang tua sebelum melakukan donor darah.
  3. Berat badan minimal 45 kilograms
  4. Tekanan darah sistolik minimal 100 – 179 dan tekanan darah diastolic 70 – 100
  5. Kadar hemoglobin 12 g/dl minimal untuk perempuan dan 12,5 g/dl minimal untuk pria
  6. Apabila pernah melakukan donor darah harus memberikan jeda 12 minggu atau 3 bulan hingga donor darah yang selanjutnya
  7. Maksimal melakukan donor darah hanya 5 kali setahun

 

Baca Juga: Ingin Sehat, Sudah Tahu 5 Manfaat Donor Darah?

 

Siapa yang Tidak Boleh Melakukan Donor Darah

Selain kriteria diatas, berikut adalah kriteria orang yang tidak boleh melakukan donor darah.

    • Penderita Hipertensi: Pendonor darah dengan tekanan darah melebihi 180/100 mmHg tidak boleh melakukan donor darah karena bisa membahayakan kondisi tubuh.
    • Sedang Sakit Flu dan Batuk: Salah satu syarat dari menjadi pendonor adalah dalam kondisi yang bugar. Meski bukan penyakit yang parah, kondisi ini bisa membuat tubuh kurang bugar.
    • Baru ditindik: Bagi mereka yang baru menindik bagian lidah, hidung, pusar dan lainnya kecuali telinga dalam waktu 12 bulan sebelumnya dilarang melakukan donor darah.
    • Penderita Diabetes: Tidak dianjurkan bagi penderita diabetes dan kadar gula yang tidak normal untuk melakukan donor darah.
    • Terkena Infeksi Akut: Apabila terkena infeksi akut dan mengonsumsi antibiotik sebagai pengobatan maka tidak boleh melakukan donor darah karena kandungan antibiotik bisa ada di darahnya.
    • Memiliki Riwayat Gangguan Jantung: Apabila memiliki riwayat penyakit jantung dan mengalami serangan jantung 6 bulan terakhir maka tidak diperbolehkan untuk melakukan donor darah.
  • Memiliki Penyakit Menular Seksual: Bagi penderita penyakit menular seksual sifilis atau gonore dalam 12 bulan terakhir maka harus melakukan pengobatan dahulu selama 12 bulan. Setelah pengobatan benar – benar selesai baru diperbolehkan untuk melakukan donor darah.
  • Ibu Hamil dan Baru Lahiran: Bagi ibu hamil tidak boleh melakukan donor darah, bagi yang sudah lahiran pun perlu menunggu 6 bulan hingga diperbolehkan untuk melakukan donor darah.
  • Berat Badan Kurang dari 45 Kilogram: Proporsi berat badan dan tinggi seseorang mendeterminasikan jumlah darah yang dimiliki. Karena itu mereka yang di bawah 45 Kilogram tidak diperbolehkan untuk mendonor darah.

 

Sekian informasi mengenai kriteria yang harus dipenuhi oleh pendonor darah dan siapa yang tidak diperbolehkan untuk melakukan donor darah. Pastikan untuk mengecek kriteria apakah anda sebelum melakukan donor darah dan jaga kesehatan dengan asuransi kesehatan dari Super You untuk proteksi kesehatan menyeluruh.