Ulang Tahun Jakarta ke-496

Selamat ulang tahun DKI Jakarta!

Teman SUPERjuangan, ada yang tahu kapan ulang tahun Jakarta? Ulang tahun Jakarta merupakan momen yang paling dinanti, terutama oleh warga Jakarta sendiri. Seperti diketahui, di hari ulang Tahun Jakarta, selalu ada perayaan meriah yang bisa kita nikmati.

Nah, hampir sama dari ulang tahun Jakarta sebelumnya, peringatan ulang tahun Jakarta tanggal 22 Juni 2023 akan dimeriahkan dengan Jakarta Fair alias Pekan Raya Jakarta. Tapi, nggak cuma itu, akan ada banyak lagi rangkaian acara HUT ke-496 Kota Jakarta.

Wah, menarik bukan? Yuk, ikuti apa saja keseruan perayaan hari ulang tahun Jakarta dalam artikel berikut ini!

Table of Contents

Sejarah Kota Jakarta

Mengenal Sejarah Kota Jakarta di Hari Ulang Tahun Jakarta

Jakarta adalah kota dengan sejarah yang panjang. Tahun ini menginjak usia ke-496. Karena itu, sebelum kita mengetahui rangkaian acara HUT ke-496 Kota Jakarta, mari mengenal sejarah Kota Jakarta dan berapa kali Jakarta berubah nama!

  • Berawal dari Sunda Kelapa

Sejarah Kota Jakarta dimulai pada tahun 397-1527. Sejarah Kota Jakarta pertama kali dikenal sebagai salah satu pelabuhan Kerajaan Sunda bernama Sunda Kelapa. Meski pelabuhan tersebut berlokasi di muara Sungai Ciliwung, ibu kota kerajaan Sunda Kelapa berada di Pajajaran, yang sekarang dikenal sebagai Bogor.

  • Jayakarta

Namun, sejarah Kota Jakarta berubah dari Sunda Kelapa menjadi Jayakarta yang artinya kota kemenangan. Sejarah kota Jakarta ini terjadi karena tragedi pelabuhan Sunda Kelapa yang secara tidak langsung dikuasai Bangsa Portugis berhasil direbut oleh Fatahillah dari Kesultanan Cirebon pada tahun 1527.

  • Batavia

Kemudian Kesultanan Cirebon menyerahkan Jayakarta kepada Kesultanan Banten. Kala itu, orang Belanda yang singgah di Banten datang ke Jayakarta. Tepatnya di tahun 1619, orang Belanda yang tergabung dalam VOC mengambil alih Jayakarta dan mengubah namanya menjadi Batavia.

Sejarah Kota Jakarta sebagai kota besar yang berkembang dan penting pun dimulai. Segala aspek pemerintahan hingga ekonomi dipusatkan di sini. Itu sebabnya, kita masih melihat banyak bangunan khas Belanda di Kota Jakarta. Nggak dipungkiri, hingga saat ini Jakarta menjadi ibukota Negara sekaligus kota metropolitan.

  • Menjadi Jakarta hingga sekarang

Sejarah Kota Jakarta masih berlanjut. Pada tahun 1942, Batavia ikut diduduki oleh penjajahan Jepang dan berubah nama menjadi Djakarta Tokubetsu Shi yang artinya jauhkan perbedaan. Tapi, penjajahan Jepang berakhir pada tahun 1945, yang mana ditandai dengan Hari Kemerdekaan negara kita.

Setelah itu, nama Jakarta pun diresmikan pada 22 Juni 1956 serta menetapkan hari ulang tahun Jakarta setiap tanggal 22 Juni. Penetapan hari ulang tahun Jakarta setiap tanggal 22 Juni ini didasari momen Fatahillah mengusir Portugis.

Sekarang udah tau dong kapan ulang tahun Jakarta dan sejarah di baliknya!

Rangkaian Acara HUT Ke-496 Kota Jakarta

Rangkaian Acara Ulang Tahun Jakarta ke-496

Tahun ini, ulang tahun Jakarta ke-496 yang bertepatan pada hari Kamis, 22 Juni 2023. Eits, tapi kamu tau nggak tema hari ulang tahun Jakarta 2023 ini? Tentu nggak boleh ketinggalan. Melansir situs resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, hari ulang tahun Jakarta 2023 mengusung tema “Jadi Karya untuk Nusantara.”

Selain mengenal sejarah Kota Jakarta, intip juga rangkaian acara HUT ke-496 Kota Jakarta. Nah, supaya nggak penasaran, yuk simak rangkaian acara HUT ke-496 Kota Jakarta yang sayang untuk dilewatkan!

  • Festival Jakarta Great Sale (21 Mei-21 Juli 2023)

Spesial di hari ulang tahun Jakarta, acara yang pertama adalah Festival Jakarta Great Sale. Acara ini merupakan kegiatan promosi wisata perbelanjaan. Akan ada ribuan outlet retail yang menawarkan diskon besar-besaran pada 94 pusat perbelanjaan di Jakarta lho.

  • Kegiatan Literasi (22 Mei-22 Juni 2023)

Nggak ketinggalan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ikut memeriahkan rangkaian acara HUT ke-496 Kota Jakarta dengan Kegiatan Literasi secara gratis. Beberapa juga malah berhadiah lho, seperti lomba menulis dan masih banyak lagi.

  • Semasa Piknik (2 Juni-4 Juni 2023)

Semasa Piknik merupakan pasar UMKM yang dikemas dalam ragam kegiatan menarik, mulai dari penjualan makanan, thrift shop, workshop, hingga pertunjukan musik. Acara spesial di ulang tahun Jakarta ini digelar di Taman Lapangan Banteng.

  • Pekan Raya Jakarta (14 Juni-16 Juli 2023)

Berbeda dengan Semasa Piknik, Jakarta Fair alias Pekan Raya Jakarta bisa dibilang acara terbesar di hari ulang tahun Jakarta. Pekan Raya Jakarta memamerkan dan menjual produk dari 300 pengusaha dengan harga dan promosi menarik, ditambah pesta kembang api dan panggung kesenian. Acara ini bertempat di arena JIEXPO. 

  • Festival Kolaborasi Jakarta (14 Juni-16 Juli 2023)

Festival Kolaborasi Jakarta adalah ruang diskusi yang mengangkat seluruh cerita kolaborasi ke dalam satu forum kolaboratif bersama pemerintah DKI Jakarta dalam rangka hari ulang tahun Jakarta. Selain itu, pengunjung juga akan diajak untuk melihat wajah Jakarta dari masa ke masa. Seru kan?

  • Jakreatifest (16 Juni-3 Juli 2023)

Meski tidak akan sebulan penuh, rangkaian acara HUT ke-496 Kota Jakarta ini akan dimeriahkan dengan talkshow, demo masak, hingga penampilan spesial dari Kahitna dan masih banyak lagi. Nah, di hari ulang tahun Jakarta, acara ini nggak akan dipungut biaya sepeser pun lho.

  • Monas Week (21 Juni-25 Juni 2023)

Dalam Monas Week edisi ulang tahun Jakarta kali ini, kita dapat melihat keindahan Jakarta di malam hari melalui pertunjukkan air mancur menari dan video mapping yang membuat Tugu Monas menyala. Tapi, ingat datangnya malam hari, ya. Tenang aja, gratis kok!

  • Indonesia Comic Con Pop Asia (23 Juni-25 Juni 2023)

Indonesia Comic Con Pop Asia akan digelar dua kali dalam tahun ini. Nah, salah satunya dalam peringatan ulang tahun Jakarta. Kegiatan ini akan diisi oleh sejumlah komikus ternama, pecinta cosplay, perfilman, bahkan vtube.

  • Parade Komunitas Kota Tua (24 Juni 2023)

Sebuah komunitas di Jakarta nggak pernah absen mengucapkan selamat ulang tahun DKI Jakarta nih. Uniknya, mereka akan menceritakan sejarah Kota Jakarta yang dikemas dalam parade atau pawai di Kota Tua. Kalau kamu tertarik, catat tanggalnya, ya!

  • Pameran Arsip (25 Juni-30 Juni 2023)

Rangkaian acara HUT ke-496 Kota Jakarta selanjutnya adalah pameran arsip. Kamu juga nggak boleh ketinggalan karena pameran ini bertujuan untuk menampilkan dokumentasi asli di balik sejarah, sambil kita belajar dan mengembangkan budaya.

  • Rangkaian Kegiatan Pemerintahan

Nah, kalau rangkaian acara HUT ke-496 Kota Jakarta ini dimaksudkan untuk lembaga pemerintahan, Teman SUPERjuangan. Tepat di hari ulang tahun Jakarta akan diadakan upacara peringatan HUT ke-496 Kota Jakarta, upacara ziarah taman makam pahlawan, serta sidang paripurna DPRD DKI Jakarta.

Selain itu, pemerintah Kota Jakarta mengajak kita ikut memeriahkannya dengan menggunakan twibbon ucapan selamat ulang tahun DKI Jakarta serta memasang atribut-atribut ulang tahun Jakarta kali ini di rumah masing-masing. Nah, kalau di antara rangkaian acara HUT ke-496 Kota Jakarta, mana nih yang paling bikin kamu tertarik?

Itu dia spesial ulang tahun Jakarta! Teman SUPERjuangan, jangan lupa juga untuk selalu memproteksi diri saat bepergian. Sekarang Super Easy Health dari Super You memberikan manfaat pertanggungan untuk rawat inap karena sakit ataupun kecelakaan hanya dengan Rp4.500 aja per hari!

Artikel Terkait