Saya bisa membantu kamu mendapatkan perlindungan super yang sesuai dengan kamu 😄

Lihat Rekomendasi

Gabut Karena Corona, Ikuti 4 Cara Ini Untuk Mendapatkan Uang Dari Internet Sebagai Pemula!

By Super You , 08 April 2020

Waktu di rumah berasa lama? Apa malah sudah gak bisa bedain hari?

Hati-hati lho, Teman Superjuangan! Itu tandanya kamu kekurangan kerjaan. Akhirnya jadi menjamur deh.

Memang di rumah aja bisa bikin bete dan gabut setengah mati, tapi social distancing itu penting. Karena itu kita lebih aman di rumah aja ya.

Cek update angka penyebaran Corona disini!

Tapi kalau dipikir-pikir di rumah aja itu juga bisa bikin kamu tambah boros karena belanja online mulu! Jadi gimana nih?

Tenang aja, kamu tidak perlu susah-susah karena Tim Super You sudah siapkan 4 cara biar kamu tetap bisa produktif dan menghasilkan uang bahkan di rumah saja.

Mungkin tidak bisa disamakan dengan pendapatan dari pekerjaan utama ya, tetapi hasil yang kamu bisa dapatkan dari cara-cara berikut lumayan membantu lho.

Semoga dengan begini, hidup kamu lebih berfaedah dan dompet kamu gak kering ya! Yuk langsung aja simak.

1. Mengisi survei online

Zaman sekarang ini, kamu pun bisa mendapatkan uang dengan mengisi survei online lho. Biasanya banyak perusahaan yang butuh opini dari banyak orang untuk mendapat masukan tentang produk yang mereka sudah atau sedang buat.

Biasanya perusahaan meminta tolong kepada website-website survei online. Nah, jika kamu pergi ke website-website ini dan mengisi survei online yang ada, maka mereka akan memberi kamu semacam poin yang nantinya bisa dicairkan sebagai uang melalui PayPal.

Apa yang kamu butuhkan sebelum mengisi survei online?

Tidak banyak. Kamu hanya butuh waktu, kesabaran, dan juga akun PayPal.

Karena memang kebanyakan imbalan survei online di Indonesia memang mempunyai sistem poin, dimana jika kamu sudah mencapai poin tertentu maka kamu bisa mencairkan imbalannya dengan dipindahkan ke akun PayPal.

Tentunya cara kerja tiap website berbeda. Contoh website survei online yang bagus adalah YouGov Indonesia, Viewfruit, dan ySense yang tadinya bernama ClixSense.

Lindungi diri dari Corona dengan Super Strong

2. Mengajar kelas online

Kamu jago programming? Atau mungkin pernah ikut lomba matematika nasional? Apapun kepintarannya, kamu bisa berbagi dengan mengajar online dan mendapatkan uang lho!

Apalagi dengan kondisi yang sekarang dimana banyak orang di rumah aja karena Corona, kelas online menjadi populer dan sering dicari baik oleh siswa maupun orang dewasa yang sekedar ingin menambah ilmu di waktu senggang.

Jadi apakah kamu siap menjadi pengajar online?

Apa syarat menjadi pengajar online?

Paling minim kamu harus mempunyai kepintaran dalam suatu bidang, percaya diri untuk mengajar dalam bidang tersebut, dan juga mempunyai sebuah gadget seperti laptop atau handphone. Selain itu, kamu harus menyesuaikan dengan ketentuan dari platform pengajar masing-masing.

Dimana aku bisa mengajar online?

Kamu bisa mengajar di beberapa situs yang menyediakan kelas-kelas online. Jika kamu lebih percaya diri untuk mengajar bimbingan belajar online untuk anak-anak tingkat SD sampai SMA, maka kamu akan cocok untuk menjadi pengajar Ruang Les Online dari Ruang Guru. Ruang Les Online ini mempunyai sistem tutoring dimana siswa yang mengalami kesulitan akan menggunakan fitur chat untuk bertanya tentang soal-soal kepadamu. Kamu pun akan diberi komisi sesuai banyaknya layanan yang kamu berikan pada setiap tanggal 25. Kamu tidak diberi target dari Ruang Guru, tetapi jika kamu bisa melayani lebih banyak murid, maka kamu bisa mendapatkan bonus!

Selain fitur Ruang Les Online, ada beberapa platform lain dari Ruang Guru yang bisa kamu explore. Kamu juga bisa menjadi pengajar di berbagai topik, bahkan seperti olahraga dan seni!

Lain halnya, jika kamu mempunyai soft skill, kamu cocok untuk menjadi pengajar di Kelas Kita atau BitDegree. Keduanya memerlukan konten digital, sehingga kamu harus mempunyai setidaknya laptop untuk mereka dirimu mengajar.

Untuk Kelas Kita, sistem pembayaran dilakukan dengan pembagian hasil sebanyak 60:40, jadi kamu akan mendapatkan 60% dari setiap transaksi pembayaran kelasmu dan 40% sisanya pergi ke Kelas Kita. Komisi pun bisa ditarik kapan saja asal sudah mencapai nilai Rp500.000 atau lebih. Kelas kita juga mempercayai bahwa “siapa saja bisa menjadi instruktur” selama menguasai skill dari kelas tersebut dan bisa membuat konten digital yang baik. Topik yang bisa kamu cover pun bervariasi, mulai dari bahasa asing, skill digital seperti programming atau desain, bahkan sampai kelas keagamaan.

Sementara itu, Bit Degree mempunyai approach yang berbeda dimana mereka menawarkan 99% bagi hasil kepada pengajar dengan hanya 1% komisi bagi mereka. Pengajar bebas menetapkan harga dari kelas, dan mereka juga mendapatkan bimbingan atau masukan dari kelas digital yang mereka sudah buat. Namun, sayangnya Bit Degree hanya bergerak khusus di bidang digital, seperti IT, desain, bisnis, maupun pemasaran.

Jadi apa kamu sudah tahu maujadi pengajar apa?

Lindungi diri dari Corona dengan Super Life

3. Menjadi pekerja lepas atau freelancer

Jika kamu memang tertarik untuk bergerak di bidang digital, dengan skill seperti desain atau penulis copywriter, kamu akan cocok dengan menjadi pekerja lepas! Biasanya pekerja lepas akan dibayar per projek yang mereka kerjakan. Namun, pada beberapa kasus, kamu bisa dibayar per jam dan dalam bentuk dolar.

Tapi apa yang aku butuhkan sebelum menjadi freelancer?

Sebelumnya kamu harus mempunyai skill di bidang digital. Namun, jangan takut karena kebanyakan skill di bidang digital bisa dipelajari dan diasah secara otodidak atau belajar sendiri. Yang kamu perlukan adalah mencari bidang yang kamu ingin tekuni, semisal copywriting, dan mencarinya di Google atau YouTube dengan contoh seperti “belajar copywriting gratis.”

Percayalah zaman sekarang banyak cara untuk belajar dan mendapatkan suatu skill. Jika kamu masih tidak percaya diri, maka kamu bisa mencari kelas online yang murah (sekitar Rp100.000 - Rp200.000) untuk mendukung.

Setelah mendapatkan skill tersebut, kamu bisa pergi ke website-website yang mempromosikan jasa freelancer.

Dimana aku bisa mendapatkan pekerjaan freelancing?

Jika kamu lebih familiar dengan bahasa Indonesia, maka kamu bisa mencoba untuk mendaftar pekerja lepas di dua situs berikut, yaitu Fast Work dan Projects.co.id. Dari sini kamu bisa menemukan pekerjaan untuk jasa desain grafis, jasa ilustrasi, jasa arsitektur dan interior desain, jasa membuat aplikasi/program, jasa penerjemahan, jasa menulis (termasuk copywriting dan ghostwriting), jasa membuat dan mengedit video/multimedia, jasa merekam audio (voice talent), jasa e-mail marketing, jasa data entry, jasa travel planning, jasa accounting, jasa analisa investasi, jasa pajak, jasa menulis/memeriksa kontrak hukum,  jasa konsultasi,  jasa website, jasa memperbaiki atau mensetting ulang server, jasa penelitian, jasa beriklan melalui sosial media, jasa SEO (Search Engine Optimization), dan jasa-jasa lain-lainnya.

Atau jika kamu cukup percaya diri dengan kemampuan berbahasa inggris kamu, kamu bisa mencoba untuk mendapatkan pekerjaan di situs freelance internasional seperti UpWork atau Freelancer.com.

Yang membedakan keduanya adalah Freelancer.com memberikan lebih banyak jenis pekerjaan yang tidak hanya digital tapi juga pekerjaan lepas untuk manufacturing, logistik, dan lainnya. Sementara itu, UpWork lebih berfokus kepada bidang digital, namun lebih spesifik dengan sistem pembayaran dan juga mempermudah pemula untuk memulai karir mereka. UpWork juga mempunyai aplikasi di handphone yang bisa diunduh dan memudahkan untuk mengambil pekerjaan.

Apapun situsnya, yang penting dari menjadi pekerja lepas adalah kemauan untuk mencoba. Ingat: Semua orang bermula dari pemula.

Ask Sovia Be Super You

4. Jual produk atau layanan yang bisa custom

Cara terakhir adalah untuk kamu-kamu yang kreatif dalam membuat suatu produk atau layanan. Mungkin kamu jago menciptakan lagu atau mendesain gelas.

Hal yang paling penting dalam berjualan online adalah adanya customization, dimana seseorang bisa mendapatkan suatu produk atau layanan seperti yang dia mau. Asalkan custom, kamu pun bisa menjual apa saja yang kamu mau!

Tidak percaya? Coba simak tweet berikut.

Yep, Christian Tucci berhasil menghasilkan uang dari membuat puisi bagi orang-orang dengan konsep customization. Buat suatu hal yang orang bisa pamerkan dengan berkata, “Hei, aku mempunyai produk yang langkah ini karena aku membayar seseorang untuk menciptakannya khusus bagiku!”

Dengan customization, kamu bisa menjual apa saja. Tahu banyak lagu dan ingin menjual playlist custom berdasarkan permintaan?

Jago menjahit dan ingin menjual pakaian khusus binatang peliharaan?

Atau bahkan jago membuat cerita pendek dan ingin menjual cerita custom berdasarkan 3 pertanyaan yang kamu tanyakan ke pembeli?

Jawabannya: Kamu bisa!

Untuk lihat lebih banyak inspirasi, kamu bisa melihat ide kreatif lainnya disini.

Apa yang kamu butuhkan sebelum menjual customization?

Yang kamu butuhkan adalah skill digital marketing yang baik. Dengan mengetahui cara pemasaran yang benar di sosial media atau platform e-commerce, kamu pun bisa mendapat customer untuk layanan apapun yang kamu sediakan. 

Siap untuk work from home?

Apapun cara yang kamu pilih, selalu ingat bahwa uang bisa datang dari ilmu. Karena itu jangan lelah untuk belajar ya, Teman Superjuangan! Sehingga saat pandemi Corona seperti ini pun, kamu bisa menghasilkan uang dari jerih payahmu sendiri.

Terakhir, Tim Super You berharap agar kamu tetap aman di rumah aja, dan tetap sehat.

Salam Super!


Referensi:
Tanya Chen (2020). Coronavirus: These People Have Creative Ways To Make Money Online - Buzzfeed News.

PRODUK LAINNYA

Perlindungan Super Menarik Lainnya

Super Safe Protection

Asuransi Kecelakaan


Mulai dari

Rp 36.500

/ bulan

Asuransi yang menjaga kamu sepenuhnya dengan memberikan perlindungan menyeluruh dari risiko cedera yang disebabkan oleh kecelakaan

Super Strong Protection

Asuransi Jiwa + Penyakit Kritis


Mulai dari

Rp 28.500

/ bulan

Asuransi yang jadikan kamu semakin kuat dalam mempersiapkan diri dengan manfaat perlindungan dari penyakit kritis

BLOG

Inspirasi Super Kamu