Tips Liburan Murah

Selain berburu promo tiket pesawat, ini tips buat kamu yang ingin liburan murah untuk tahun ini.

Punya rencana untuk liburan tapi gak tahu tips menabung? Jangan khawatir! Asal tahu caranya, kamu tetap bisa, kok, puas berlibur di destinasi impian dengan budget minimal. Mau tahu apa saja tipsnya? Yuk, simak poin-poin berikut ini!

Berburu Tiket Pesawat Murah

Pertama, pastikan kamu mencari promo tiket pesawat. Selain akomodasi, ongkos tiket pesawat biasanya memakan anggaran paling besar, terlebih jika tujuan liburanmu adalah ke luar negeri. Nah, untuk menekan pengeluaran, cobalah mulai berburu promo tiket pesawat sejak jauh-jauh hari.

Harga tiket pesawat yang dipesan 6 bulan sebelum tanggal keberangkatan biasanya lebih terjangkau dibandingkan yang dibeli seminggu sebelum jadwal. Selain itu, kamu juga bisa mencoba membandingkan harga tiket pesawat dengan menggunakan platform OTA (Online Travel Agency). Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan harga tiket terbaik yang dijual secara online.

Jika kamu ingin mendapat tiket pesawat murah tanpa perlu menunggu promo, jadilah member maskapai favoritmu. Masing-masing maskapai biasanya punya penawaran dan fasilitas menarik yang dikhususkan untuk para member-nya.

 

Sumber via Unsplash

Buat Itinerary yang Jelas

Kedua, itinerary harus dipersiapkan dengan matang. Salah satu penyebab membengkaknya anggaran liburan adalah destinasi wisata yang tidak jelas. Karena tujuannya belum pasti, kamu pun tidak tahu persisnya akan menginap di hotel mana atau menggunakan transportasi apa.

Cara ini tentu saja tidak efektif karena pengeluaranmu jadi tak terukur. Maka dari itu, buatlah itinerary yang jelas sejak jauh-jauh hari. Selain memantapkan persiapanmu dalam memilih tempat wisata, kamu juga bisa segera melakukan reservasi hotel yang diinginkan.

Siapkan Dokumen Perjalanan

Ketiga, jangan lupa mempersiapkan dokumen perjalanan yang dibutuhkan (paspor atau visa) jauh sebelum jadwal keberangkatan liburan. Saran ini sangat dianjurkan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, misalnya pengajuan visa ditolak.

Dengan begitu, kamu punya waktu lebih lama untuk menyiapkannya kembali jika pengajuan ditolak. Agar proses berjalan cepat, jangan malas untuk mencari informasi (misalnya prosedur atau tata cara pembuatan visa) sendiri dengan memanfaatkan bantuan internet.

Tak hanya visa saja, kamu bisa siapin perlindungan yang ramah sama dompet kamu

Ambil Paket Tour

Tips liburan murah yang ke-4 adalah mengambil paket tour. Untuk mendapat harga termurah, cobalah survei ke banyak tempat dan bandingkan fasilitas yang ditawarkan masing-masing agen. Agar lebih irit ongkos, pilihlah paket tour yang fasilitasnya sudah meliputi akomodasi dan makan. Dengan begitu, kamu tak perlu mengeluarkan uang lagi.

Yang perlu diingat adalah, kamu harus melihat apakah paket tour tersebut sudah sesuai dengan kebutuhanmu. Misal, jika kamu lebih tertarik untuk mengunjungi banyak tempat dan tidak terlalu peduli dengan kegiatan kuliner, maka carilah paket yang tidak terlalu menghabiskan budget di makanan.

Jika ternyata paket yang kamu temukan tidak sesuai dengan kebutuhanmu, jadikanlah itu sebagai acuan harga untuk paket tour lainnya, atau kamu bisa juga jadikan sebagai referensi untuk membuat itinerary sendiri.

Jangan Lupa Asuransi 

Meski temanya liburan murah, bukan berarti kamu boleh mengabaikan aspek keamanan dan keselamatan diri ya. Sebab hal buruk bisa terjadi kapan saja, termasuk saat liburan.

Kalau ingin liburan murah, ikut saja program asuransi kecelakaan atau bahkan asuransi kecelakaan saat liburan, sehingga kamu tak perlu khawatir soal biaya lain-lain jika terjadi musibah nantinya.

Nah, sekarang kamu sudah punya bekal cukup untuk liburan sepuasnya dengan bujet seminimal mungkin. Happy traveling!
 

SHARE

Artikel Terkait Lainnya