Akibat Rotasi Bumi

Sering yang kita dengar kalau satu hari di bumi sama dengan 24 jam. Tapi pernah kepikiran nggak sih, kenapa bisa terjadi siang dan malam, serta perbedaan waktu. Bagaimana menurut Teman SUPERjuangan, akibat rotasi bumi atau revolusi bumi? Betul, jawabannya adalah akibat rotasi bumi.

Terlepas dari banyaknya perdebatan soal bentuk bumi yang bulat atau datar, jauh lebih penting kalau bumi itu berputar. Akibat rotasi bumi bikin kita tahu kapan waktu bangun tidur, pergi ke sekolah atau bekerja, sampai tidur lagi. Coba bayangin kalau bumi nggak berputar, bakal siang hari terus, nggak tidur-tidur dong.

Singkatnya, pengertian rotasi bumi adalah pergerakan bumi mengelilingi porosnya sendiri. Walau memang kita nggak bisa merasakan secara langsung akibat rotasi bumi tersebut, melainkan muncul peristiwa alam. Kayak perbedaan waktu tadi. Tapi nggak cuma itu aja, terdapat juga beberapa peristiwa lain akibat rotasi bumi.

Table of Contents

Penasaran bukan, apa yang dimaksud dengan rotasi bumi lebih lengkap, dan berbagai akibat rotasi bumi bagi kehidupan kita. Berikut ulasannya!

Apa yang Dimaksud dengan Rotasi Bumi?

Bumi yang kita tinggali melakukan dua gerakan, yaitu rotasi dan revolusi bumi. Jadi, sebenarnya matahari diam aja loh, meski kelihatannya seolah matahari berpindah tempat dari arah timur ke barat. Lantas, apa yang dimaksud dengan rotasi bumi, juga perbedaannya dengan revolusi bumi?

Pengertian rotasi bumi adalah perputaran bumi pada poros atau sumbunya. Oh iya, fakta menariknya bahwa waktu yang dibutuhkan bumi dalam sekali berotasi antara lain 23 jam 56 menit 4 detik kemudian dibulatkan menjadi 24 jam. Bumi  berotasi dengan kecepatan 1.640 km/jam pada bagian permukaannya.

Kok bisa kita tidak ikut berputar padahal segitu cepatnya? Itulah yang dinamakan gaya gravitasi, membuat kita tidak merasakan secara langsung dampak dari rotasi bumi. Gravitasi bumi merupakan gaya tarik-menarik yang dihasilkan bumi sehingga benda menuju pusatnya.

Sementara revolusi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari. Berbanding terbalik dengan pengertian rotasi bumi, revolusi bumi justru berlawanan arah jarum jam. Dan waktu yang dibutuhkan oleh bumi untuk sekali berevolusi antara lain 365 hari 5 jam 48 menit 46 detik alias satu tahun, guys.

Dampak dari Rotasi Bumi

Dampak dari Rotasi Bumi
Sumber: https://www.freepik.com

Tahukah kamu, bahwa poros atau sumbu bumi berbentuk vertikal dari kutub utara hingga kutub selatan, bergulir sembari bergerak naik dan turun, serta berlangsung setiap hari. Kemiringannya diperkirakan mencapai 23,5 derajat. Bahkan, posisi miring tersebut disebabkan oleh bongkahan luar angkasa alias meteorit sebesar planet Mars yang menabrak bumi saat masih berusia muda.

Meski kita sama sekali tidak ikut berputar karena gaya gravitasi, dampak dari rotasi bumi sangat mempengaruhi aspek kehidupan kita loh. Teman SUPERjuangan yang sudah lulus, masih ingat apa aja sih dampak rotasi bumi yang pernah kita pelajari di sekolah dulu? Atau, yang saat ini lagi cari bahan belajar tentang rotasi dan revolusi bumi, kamu berada dalam artikel yang tepat!

1. Pembagian zona waktu

Akibat rotasi bumi terjadilah perbedaan zona waktu, bahkan antar negara. Ada 24 daerah waktu, dan pusat waktu bujur 00 terletak di Greenwich, Inggris membuatnya menjadi patokan penentu. Akibat rotasi bumi tersebut membagi daerah yang berada di sebelah barat Greenwich punya waktu yang lebih lambat ketimbang yang berada di sebelah timurnya. Bagaimana dengan Indonesia?

Kamu pastinya udah nggak asing dengan perbedaan zona waktu. Indonesia terbagi menjadi tiga zona waktu loh. Ada Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), serta Waktu Indonesia Timur (WIT). Ketiga zona waktu tersebut memiliki selisih satu jam, yang ternyata akibat rotasi bumi.

Nah, sebagai contoh buat Teman SUPERjuangan,

  • jika pukul 07:00 WIB
  • maka pukul 08:00 WITA
  • dan pukul 09:00 WIT

2. Terjadi siang dan malam

Siang dan malam terjadi akibat rotasi bumi. Pengaruh rotasi bumi satu ini berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Sesederhana jadwal tidur kita. Nah, saat berotasi, bagian bumi yang menghadap matahari mengalami waktu siang, sementara yang membelakangi matahari mengalami waktu malam. 

Hayo, siapa yang pernah mengira kalau matahari bergerak? Kenyataannya, bumi kitalah yang berputar loh. Pengaruh rotasi bumi membagi lamanya waktu siang dan malam rata-rata 12 jam, terutama dekat khatulistiwa. Semakin jauh dari khatulistiwa, semakin besar pula perbedaan lama waktu siang dan malam.

Selain itu, terjadinya siang dan malam pengaruh rotasi bumi, kita merasakan suhu yang berbeda. Pada siang hari umumnya cukup panas, sedangkan pada malam hari cenderung dingin. Di samping itu yang kita lihat adalah bulan kan, guys.

3. Gerak semu harian benda langit

Teman SUPERjuangan, cobalah memperhatikan langit. Mungkin kamu akan berkata matahari, awan, hingga bintang itu bergerak. Ketika pagi matahari datang dari arah timur, lalu siang hari berada di atas kepala kita, dan menjelang malam akan ke arah barat. Apalagi saat senja kita berada di pantai.

Eits, ternyata rotasi bumi menyebabkan gerak semu tersebut, yang mana matahari, awan, dan bintang seolah-olah bergerak mengelilingi bumi. Sebenarnya bumi yang berputar, sedangkan matahari tetap diam. Dampak rotasi bumi inilah yang membuat kita melihat matahari terbit di sebelah timur, dan terbenam di sebelah barat.

Gerak semu harian benda langit dapat diamati akibat rotasi bumi dengan arah yang sebaliknya, dari barat ke timur. Namun, lintasan harian benda langit akan kelihatan berbeda jika kita mengamatinya dari lintang yang berbeda loh. Perbedaan lintasan harian tergantung sejauh mana kita dari khatulistiwa, ya.

4. Pembelokan arah angin dan arus laut

Nggak sedikit yang bingung dampak rotasi bumi bagi laut, kok bisa airnya tuh nggak tumpah? Rotasi bumi menyebabkan pembelokan arah angin dari suatu tempat ke tempat yang lain. Dampak rotasi bumi satu ini berpengaruh terhadap gerakan angin yang hampir tetap pada garis-garis lintang. Seandainya bumi tidak berotasi, angin hanya akan bergerak lurus, kita pun tidak merasakan kesejukan yang merata. 

Nah, rotasi bumi menyebabkan pembelokan angin sekaligus membelokan arah arus laut, atau dikenal sebagai gaya Coriolis. Arah angin dan arus laut belok mengarah ke kanan di belahan bumi utara, serta mengarah ke kiri di belahan bumi selatan. Selain itu, rotasi bumi menyebabkan perubahan kekuatan arus yang akan berkurang cepat seiring bertambahnya kedalaman suatu perairan tersebut.

5. Percepatan gravitasi

Selanjutnya, akibat rotasi bumi adalah terdapat perbedaan kecepatan gravitasi. Tadi kita udah sempat menyinggung gaya gravitasi, menuju ke pusat bumi. Hanya saja, rotasi bumi menyebabkan garis tengah khatulistiwa lebih mengembang ketimbang garis tengah kutub sehingga percepatan gravitasi bumi pun berbeda. Di samping itu, bentuk bumi tidaklah baku sempurna, yakni bulat pepat.

6. Perbedaan ketebalan atmosfer

Selain percepatan gravitasi, akibat rotasi bumi adalah adanya perbedaan ketebalan atmosfer, lapisan gas yang menyelimuti bumi. Atmosfer bumi terdiri atas lima lapisan. Setiap lapisan punya fungsi tersendiri, salah satu contoh sebagai pelindung dan pengatur cuaca di bumi. Namun, masing-masing dari lapisan tersebut juga bisa berbeda ketebalannya.

Begitu pula setiap bagian bumi. Akibat rotasi bumi, wilayah yang berada di tengah planet alias garis khatulistiwa berdiameter lebih besar sehingga atmosfernya pun lebih tebal. Sedangkan bentuk bumi di bagian kutub berdiameter lebih kecil sehingga ketebalan atmosfernya pun menipis. Kalian juga baru tahu?

7. Membantu fungsi satelit buatan

Satelit buatan merupakan wahana luar angkasa yang sengaja dibuat oleh manusia dengan tujuan tertentu, salah satunya satelit komunikasi. Ketika bumi berotasi, maka wilayah yang bisa dijangkau oleh satelit bisa berganti-ganti secara merata. Akibat rotasi bumi membantu satelit buatan tersebut berfungsi semestinya. Selain itu, kita pun bisa terhubung dengan Teman SUPERjuangan yang berada di benua lain.

8. Efek mabuk atau penat pascaterbang

Kalau sebelumnya akibat rotasi bumi adalah pembagian zona waktu. Ternyata akibat rotasi bumi tersebut bisa memberi kita efek mabuk atau penat pascaterbang, alias bahasa kerennya jet lag, guys. Siapa yang pernah mengalami jet lag?

Akibat rotasi bumi satu ini memang secara tidak langsung mempengaruhi kita, tapi nyata adanya loh. Ketika melakukan penerbangan menuju tempat yang punya zona waktu berbeda, tubuh pasti perlu penyesuaian. Dalam penyesuaiannya tersebut, kita masih mengikuti kebiasaan lama, alhasil timbul rasa ngantuk di siang hari, sulit tidur di malam hari, sampai metabolisme tubuh.

9. Pertanda kehidupan berlangsung

Pertanda kehidupan masih berlangsung akibat rotasi bumi adalah yang terpenting. Tapi, apa yang terjadi jika rotasi dan revolusi bumi berhenti? Jika bumi ini berhenti berotasi, mungkin saja kehidupan tiba-tiba ikut berhenti. 

Kehidupan kita akan berubah drastis, begitu juga cara kita bertahan hidup. Satu hari di bumi bukan lagi 24 jam, tapi bakal panjang banget sampai tahunan. Bumi yang menghadap matahari pun akan terus panas, sementara bumi yang membelakangi matahari akan terus kedinginan. Nah loh, itu baru salah satu contoh aja. Tentu kondisi bumi seperti ini bukanlah kehidupan yang ideal.

Sebagai pengingat kita, selain dengan bersyukur akibat rotasi bumi yang memberi manfaat, jaga selalu bumi yang kita pijak saat ini, ya!

Teman SUPERjuangan, itu dia akibat rotasi bumi yang menarik banget kita ketahui. Nah, setenang kita tahu bumi berotasi, yang kita inginkan pastinya melangkah menuju masa depan tanpa rasa takut risiko kesehatan dan finansial, bukan? Berarti sekarang waktu yang tepat kamu memiliki Super Easy Health dari Super You by Sequis, premi terjangkau, daftarnya cepat, dan klaimnya cashless mudah loh!

Artikel Terkait