arti effort

Effort merupakan sebuah kata yang ada dalam bahasa Inggris, tetapi belakangan ini banyak digunakan dalam percakapan sehari – hari. Arti effort dalam bahasa Inggris dengan arti penggunaannya dalam bahasa Indonesia tidak berbeda hanya saja dalam percakapan sehari – hari, penggunaan effort adalah usaha seseorang tetapi dalam konteks tertentu. 

Apa Itu Effort

Table of Contents

Berdasarkan penjelasan dari Cambridge Dictionary apa arti effort adalah suatu aktivitas, bisa fisik maupun mental, yang dilakukan untuk mencapai sesuatu. Dalam Bahasa Inggris, effort merupakan kata benda yang dideskripsikan sebagai energi atau upaya yang dikeluarkan seseorang untuk mencapai suatu hal, baik dalam bidang pekerjaan ataupun masalah personal. 

Effort bisa dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, bisa melalui motivasi, komitmen dan bisa juga adanya penyebab dari hal yang ingin dicapai. Effort adalah dasar yang penting dimiliki oleh semua manusia. 

Arti effort dalam Bahasa Indonesia sendiri adalah upaya atau usaha yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Sama seperti apa itu effort dalam Bahasa Inggris, faktor yang mengontrol upaya dan energi yang dikeluarkan oleh seseorang serta bidangnya juga sama. 

Baca Juga:

Apa Itu Effort Dalam Bahasa Gaul?

Lalu bagaimana cara menggunakan kata ‘effort’ dalam bahasa gaul? Penggunaan kata ‘effort’, kata Bahasa Inggris yang diintegrasikan ke dalam bahasa Indonesia biasanya dilakukan oleh seseorang yang aktif bermain di media sosial atau menggunakan bahasa jaksel, yang merupakan campursari antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. 

Contoh penggunaan kata effort dalam bahasa sehari – hari adalah seperti berikut:

“Udah effort berangkat pagi-pagi, eh kelasnya diundur last minute.” 

Atau bisa juga seperti:

“Setiap hari gue udah effort nyamperin dia, tapi malah kepincutnya sama sahabat gue sendiri!”

Konteks Penggunaan Kata “Effort”

ompimpa

Pada dasarnya, terdapat beberapa konteks yang diperlukan untuk menggunakan kata effort. Dengan arti effort menunjukkan upaya dan energi yang dikeluarkan seseorang, penting untuk menggunakan kata tersebut berdasarkan konteksnya. Beberapa konteks penggunaan kata effort adalah seperti di bawah ini!

  • Menunjukkan Ketidak Setujuan 

Arti effort bisa digunakan untuk menunjukkan rasa ketidak setujuan atas sesuatu atau seseorang. Contohnya adalah menggunakan arti effort untuk mengutarakan yang dirasakan, seperti kesenangan atau kekecewaan pada seseorang atau hasil. 

Beberapa contoh kalimat yang bisa digunakan dalam situasi seperti ini adalah:

“Nih, effort banget deh!” atau jika memuji seseorang “Karyanya bagus banget! Pasti effortnya gila gilaan deh!”

  • Penekanan Pada Usaha yang Besar

Selain untuk memuji, arti effort juga bisa digunakan untuk menekan pentingnya upaya yang dikeluarkan. Dalam bahasa gaul, arti effort bisa untuk memuji atau mengingatkan pentingnya upaya dikeluarkan dan diapresiasi. 

Beberapa contoh kalimat yang bisa digunakan dalam situasi seperti ini adalah:

“Hasilnya bagus banget, kamu benar – benar kasih effort yang besar ya!” atau bisa juga mengingatkan kalo effort yang dikeluarkan harus setimpal “Kalau kamu mau masuk ke sekolah yang bagus tentunya effortnya juga harus besar ya!”

  • Melembutkan Kritik yang Diberikan 

Dalam beberapa situasi seperti harus memberikan kritik kepada seseorang, arti effort bisa memperlembut kritik yang hendak diberikan dan meningkatkan semangat dan upaya yang diberikan lain kali.

Beberapa contoh kalimat yang bisa digunakan dalam situasi seperti ini adalah:

“Karya kamu sudah bagus, tetapi menurut aku masih bisa ditingkatkan lagi kualitasnya dengan memberikan effort lebih di beberapa bagian tertentu…” atau bisa juga “Pasti hasilnya lebih bagus lagi kalau effortnya dimaksimalkan!”

  • Sarkasme

Penggunaan kata effort juga bisa sebagai sarkasme atas upaya yang keluarkan oleh seseorang. 

Beberapa contoh kalimat yang bisa digunakan dalam situasi seperti ini adalah:

Wow, bagus banget A for the effort!” atau bisa juga “Amazing, keren banget ya lu segitu effortnya buat kelas yang cuman 2 sks”

Baca Juga:

Cara Meningkatkan Effort Dalam Hubungan 

pasangan serasi

Apa itu effort dalam hubungan? Effort sangat penting untuk menjaga hubungan, dengan arti effort dalam percintaan sebagai upaya untuk menjaga hubungan berjalan dengan baik dengan membuat satu sama lain merasakan rasa cinta satu sama lain, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai cara meningkatkan effort dalam hubungan. Apa saja itu? Yuk, ketahui tips untuk memberi effort dalam hubungan di bawah ini!

  • Mengutamakan Komunikasi 

Semua hubungan dijalin dengan komunikasi antara orang – orang yang terlibat, karena itu penting untuk menunjukkan effort dalam mengutamakan komunikasi agar semua pihak mengerti satu sama lain. 

Pastikan untuk menghormati pendapat masing – masing dan untuk tidak memotong pembicaraan ketika pasangan sedang menjelaskan dan bercerita.

  • Konsisten Menunjukkan Rasa Sayang Pada Satu Sama Lain

Menunjukkan rasa sayang sama pentingnya dengan memiliki komunikasi yang baik antara semua pihak. Rasa sayang setiap orang bisa berbeda, ada yang lebih nyaman menghabiskan waktu bersama atau bahkan lebih senang melakukan kontak fisik, seperti berpelukan. 

Pastikan untuk effort dalam mencari tahu apa yang disukai oleh pasangan masing – masing untuk menjaga ketentraman dari hubungan.

  • Menghabiskan Waktu Dengan Melakukan Sesuatu Bersama

Tidak semua orang memiliki hobi atau menyukai kegiatan yang sama, tetapi bisa menunjukkan effort menjaga hubungan dengan mencoba melakukan kegiatan tersebut untuk menghabiskan waktu bersama.

  • Menunjukkan Dukungan Pada Satu Sama Lain dan Percaya 

Apa itu effort dalam hubungan? Salah satunya adalah dengan menunjukkan dukungan kepada satu sama lain dan percaya tidak hanya akan kemampuan dan potensial individu pasangan, tetapi juga percaya akan basis hubungan yang dimiliki.

  • Berikan Pujian 

Jangan pelit pujian karena siapa yang tidak senang dipuji? Terutama pasangan kamu yang tentunya ingin merasa dicintai karena itu bisa menunjukkan effort dalam hubungan dengan memberikan pasangan tercinta pujian.

Baca Juga:

  • Mencoba Mencari Jalan Keluar Bersama 

Hubungan merupakan hal yang harus dilakukan bersama karena itu adalah koneksi yang dijalin oleh lebih dari satu orang, karena itu ketika ada masalah jangan coba diselesaikan sendiri. Pastikan utarakan pendapat dan berkomunikasi dengan satu sama lain untuk mencari jalan keluar bersama.

  • Berikan Waktu Dan Perhatian 

Meski berada dalam hubungan lebih baik pasangan tidak selalu bersama – sama, pastikan untuk mendedikasikan waktu dan perhatian tanpa gangguan apapun kepada pasangan yang dimiliki.

  • Tetap Lakukan Hal Romantis

Jangan berhenti melakukan hal romantis setelah sudah dalam hubungan ya! Kalau bisa tunjukkan sebisa mungkin bahwa kamu adalah pasangan yang memberikan effort dengan menginisiasi hal romantis seperti pergi kencan.

  • Minta Maaf Jika Salah 

Salah satu bentuk effort dalam hubungan adalah bisa menerima salah dan belajar untuk mengalah. Jika salah, jangan termakan ego dan minta maaf untuk meringankan situasi dan terkadang harus ada yang mengalah dan minta maaf agar situasi kembali baik, tetapi jangan selalu dilakukan ya karena jika berlebihan berpotensi berdampak toxic kepada hubungan.

  • Tumbuh Bersama 

Salah satu effort untuk menjaga hubungan tetap baik adalah dengan tumbuh bersama. Belajar, tumbuh dan berkembag untuk menjadi pribadi yang lebih baik bersama akan memperdalam pemahaman satu sama lain mendekatkan pasangan.

Pengaruh Media Sosial dan Budaya Populer Dalam Penggunaan Kata Effort 

sahabat selamanya

Bagaimana kata effort bisa mulai digunakan dalam bahasa gaul? Hal ini berkat pengaruh dari media sosial dan budaya populer yang banyak menggunakan kata tersebut dan tersebar luas dalam meme, video pendek hingga dalam komentar di platform media sosial.

Itulah arti effort secara resmi dan bagaimana penggunaannya dalam bahasa gaul serta konteks untuk menggunakan kata effort dalam percakapan sehari – hari. Untuk melengkapi artikel ini, Supermin akan coba menggunakan kata effort dan mengintegrasikannya dalam bahasa sehari – hari ya!

super proteksi desktop

Teman SuperJuangan, yuk mulai effort jaga kesehatan diri dengan berolahraga dan makan makanan yang bergizi. Punya asuransi kesehatan seperti Super Easy Health dari Super You juga bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan loh! Yuk, cek sekarang di sini!

Artikel Terkait