Asuransi perjalanan

Salah satu perlindungan diri dari risiko yang mungkin saja dapat terjadi selama bepergian adalah asuransi perjalanan. Sayangnya, masih banyak yang belum menyadari pentingnya jenis asuransi satu ini ketika hendak bepergian. Nah, mereka yang melewatkan manfaat asuransi perjalanan biasanya menilai semua akan berjalan lancar, walau tidak sepenuhnya salah kok. Bagaimana dengan kamu?

Teman SUPERjuangan, kamu pun udah nggak asing dengan asuransi perjalanan. Ingat saat memesan tiket pesawat, kamu akan ditawarkan penggantian pembatalan perjalanan atau tanpa penggantian pembatalan perjalanan. Jika kamu memilih penggantian pembatalan perjalanan kemudian karena sakit, kecelakaan, atau alasan tertentu dalam cakupan kebijakan membuat kamu tidak jadi berangkat, maka dana akan dikembalikan kepada kamu.

Hal tersebut termasuk contoh asuransi perjalanan. Meskipun kedengarannya sederhana, manfaat asuransi perjalanan sebenarnya lebih dari itu loh, dapat menyangkut perlindungan medis ketika terjadi sesuatu yang tak terduga. Yuk, cari tahu bersama Supermin lewat artikel kali ini tentang asuransi perjalanan. Kita akan mulai dari pengertian, manfaat, sampai dengan faktor apa aja yang harus diperhatikan dalam memilih asuransi perjalanan.

Berikut pembahasannya!

Table of Contents

Asuransi perjalanan

Apa itu Asuransi Perjalanan?

Untuk mengetahui apa itu asuransi perjalanan, kita perlu memahami konsep dasar asuransi terlebih dahulu. Secara singkat, asuransi merupakan kewajiban tertanggung membayar premi kepada penanggung untuk hak perlindungan atas risiko tertentu yang disepakati bersama dalam perjanjian. Perjanjian inilah yang dikenal dengan istilah polis.

Adapun penanggung adalah individu yang berhak mendapatkan pertanggungan atau penggantian, sementara penanggung adalah perusahaan asuransi yang memberi pertanggungan atau penggantian tersebut. Nah, dengan pengertian asuransi sendiri telah dipahami, akan memudahkan kita juga dapat mendefinisikan apa itu asuransi perjalanan.

Pengertian asuransi perjalanan berarti jenis asuransi yang memberikan pertanggungan atau penggantian terhadap kejadian tak terduga yang timbul selama melakukan perjalanan, sesuai ketentuan dalam polis. Asuransi perjalanan juga dibagi lagi menjadi beberapa bentuk, seperti pembatalan, keterlambatan, kerusakan, kehilangan, sampai dengan keadaan darurat.

Ketika melakukan perjalanan dengan memiliki asuransi perjalanan, ada jaminan pertanggungjawaban berdasarkan kontrak yang telah dibuat dari pihak penanggung atas risiko-risiko yang terjadi. Dengan kata lain, asuransi perjalanan memberikan kita perlindungan finansial. Tidak ada kata rugi besar.

Bentuk-Bentuk Asuransi Perjalanan

JIka sebelumnya kita hanya menyinggung sedikit seperti apa asuransi perjalanan itu, selanjutnya akan mengenali bentuk-bentuk asuransi perjalanan. Sederhananya sih contoh nyata asuransi perjalanan. Bisa jadi kita pernah mendengar atau membacanya, tapi masih belum menyadari itu adalah bentuk asuransi perjalanan. Selain itu, pastinya supaya Teman SUPERjuangan juga semakin memahami tentang asuransi perjalanan. Ini dia bentuk-bentuk asuransi perjalanan!

  1. Pembatalan perjalanan 

Bentuk asuransi perjalanan yang pertama merupakan pembatalan perjalanan. Cuma nggak semua pembatalan perjalanan menjadi tanggung jawab penanggung. Contoh mudahnya, kamu sudah memesan tiket pesawat untuk berlibur dari satu bulan sebelumnya. Namun, beberapa hari lagi menuju jadwal penerbangan, kamu membatalkan tiket tersebut karena jatuh sakit. Dengan memiliki asuransi perjalanan, kamu bisa menerima kembali biaya tiket pesawat tersebut yang telah dibayarkan.

  1. Keterlambatan perjalanan

Sering dianggap sama dengan asuransi pembatalan perjalanan, sebenarnya keduanya agak berbeda. Jadi, asuransi keterlambatan perjalanan memberikan pertanggungan atau penggantian biaya-biaya lain yang mungkin kamu alami karena adanya keterlambatan. Misalnya, pesawat yang kamu tumpangi terlambat terbang dari jadwal yang seharusnya, padahal kamu sudah memesan transportasi sambungan saat tiba di bandara. Maka, akan digantikan kepada kamu sesuai biaya yang terlanjur hangus tersebut.

  1. Kerusakan atau kehilangan

Bentuk asuransi perjalanan selanjutnya merupakan asuransi kerusakan dan kehilangan, yang menjadi satu dikenal sebagai asuransi bagasi. Artinya, memberikan perlindungan terhadap barang-barang milik kamu selama perjalanan. Asuransi perjalanan bertanggung jawab penuh untuk mengganti rugi, entah itu karena kerusakan atau kehilangan bagasi. Apalagi kerap kita dengar kasus pencurian saat melakukan perjalanan yang cukup merugikan.

  1. Hukum

Tahu nggak sih, perlindungan hukum juga termasuk ke dalam asuransi perjalanan, yang cakupannya pun lumayan luas. Bentuk asuransi perjalanan ini memberikan perlindungan terhadap klaim hukum yang mungkin saja timbul karena suatu kejadian selama perjalanan. Mulai dari tanggung jawab publik, asistensi hukum, hingga biaya hukum. Sederhananya, tertanggung tidak sengaja membuat seseorang cedera atau kerusakan barang.

  1. Layanan medis

Bentuk asuransi perjalanan terakhir yang terpenting, layanan medis. Sebab inilah nggak jarang orang memilih asuransi perjalanan sebelum bepergian. Jika suatu waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti sakit atau kecelakaan selama perjalanan, ini akan melindungi kita dari biaya evakuasi dan perawatan medis yang timbul. Pastinya, kamu akan mendapat akses layanan medis yang dibutuhkan.

Asuransi perjalanan

Manfaat Asuransi Perjalanan

Teman SUPERjuangan, bagaimana pendapatmu mengenai seberapa penting memiliki asuransi perjalanan? Tak ada yang tahu apa yang akan terjadi selama bepergian bukan, tapi asuransi perjalanan setidaknya memberikan kita rasa aman dan nyaman. Biaya tak terduga yang seharusnya menjadi beban kita, asuransi perjalanan meringankan itu semua. Untuk yang lebih lengkapnya, berikut Supermin udah rangkum alasan kenapa sih kita butuh asuransi perjalanan!

  1. Perlindungan finansial

Pernah terbayangkan nggak sih, seberapa mahal biaya yang harus kita keluarkan lagi demi tiket moda transportasi atau tempat menginap, perbaikan atau pembelian barang baru, dan perawatan medis. Apalagi di tempat yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya. Pastinya nggak mudah buat mendapatkan kembali sekian dana tersebut. Namun, manfaat asuransi perjalanan mampu mengurangi beban keuangan yang mungkin timbul selama perjalanan.

  1. Perlindungan kesehatan

Selain perlindungan finansial dan hukum, manfaat asuransi perjalanan juga memberikan perlindungan kesehatan loh. Terbukanya jalan ke fasilitas medis tercepat dan terbaik, bahkan dalam kondisi darurat. Manfaat asuransi perjalanan satu ini umumnya mencakup rawat inap, obat-obatan, kunjungan dokter, operasi, ambulans, dan prosedur medis lainnya. Baik itu pelayanan maupun biayanya, udah dalam dalam pertanggungan asuransi perjalanan deh.

  1. Perlindungan hukum

Tak sedikit yang mempertimbangkan manfaat asuransi perjalanan yang memberikan perlindungan hukum. Asuransi perjalanan membantu menutupi biaya hukum serta klaim kompensasi. Sebagai contoh, kejadian karena kesalahan pihak penyedia perjalanan, kita mengalami tindak kejahatan, atau kita tidak sengaja melakukan sesuatu yang melanggar hukum selama perjalanan.

Tips Memilih Asuransi Perjalanan yang Tepat

Kita bisa menyimpulkan bahwa manfaat asuransi perjalanan akan menjadi bala bantuan 24/7 kita selama perjalanan. Jika terjadi cedera atau sakit, kita mendapatkan perawatan medis sesegera mungkin. Bahkan, jika suatu saat tertanggung meninggal dunia, asuransi perjalanan mampu meringankan risiko keuangan yang mendadak muncul tersebut. Pastinya membuat hari-hari menuju keberangkatan, dalam perjalanan, sampai kembali ke rumah kita luput dari rasa khawatir yang berlebihan.

Maka setidaknya, untuk yang paling krusial adalah memiliki asuransi perjalanan perlindungan kesehatan ya, Teman SUPERjuangan. Tapi, pertanyaannya apa aja sih faktor yang harus diperhatikan dalam menentukan asuransi perjalanan? Tenang, Supermin akan mengajak kamu mengenali asuransi perjalanan terbaik melalui tips memilih asuransi perjalanan yang tepat berikut ini!

  1. Kenali kebutuhan

Langkah pertama yang harus dilakukan, kenali dulu kebutuhan kamu agar mengetahui jenis perlindungan yang dibutuhkan. Tips memilih asuransi perjalanan satu ini juga nggak lepas dari lamanya waktu kamu bepergian, serta seberapa sering kamu melakukan perjalanan. Kalau hanya liburan spontan, kamu lebih cocok menggunakan asuransi perjalanan harian. Sementara kalau akan sering bepergian seperti urusan pekerjaan, sebaiknya pilih asuransi perjalanan tahunan.

  1. Cek kebijakan asuransi

Jangan malas untuk teliti membaca syarat dan ketentuan asuransi perjalanan. Cek batasan usia, kondisi kesehatan, cakupan wilayah, masa tunggu, prosedur klaim, sampai dengan pengecualian yang diatur oleh asuransi perjalanan tersebut. Hal ini membantu kita memahami penuh kebijakan asuransi perjalanan sehingga manfaat yang kita dapatkan sesuai dengan yang kita harapkan dari isi perjanjiannya.

  1. Sesuaikan dengan anggaran

Bukan hanya asuransi perjalanan aja, keseluruhan asuransi yang kita miliki artinya kita menyanggupi pembayaran premi secara rutin. Tentu agar manfaat asuransi perjalanan juga bisa kita rasakan. Karena itu, pilihlah asuransi perjalanan yang sesuai dengan anggaran sehingga keuangan kamu pun tetap stabil. Kamu juga bisa bandingkan harga premi dari beberapa asuransi perjalanan yang ada kok.

  1. Minta bantuan agen

Kalau kamu perlu pertimbangan lanjut, kamu bisa minta pendapat dari agen asuransi. Tanyakan segala yang masih menjadi pertanyaan tentang asuransi perjalanan. Atau, kamu bisa hubungi layanan pelanggan dari asuransi perjalanan yang hendak kamu pilih. Konsultasikan lebih lanjut untuk mendapat klarifikasi tentang kebijakan asuransi perjalanan tersebut.

Masih bingung juga, bepergian cuma dalam negeri masih perlu asuransi perjalanan nggak sih? Perlu dong! Kan sekarang udah ada Super You by Sequis loh yang menyediakan asuransi tambahan Super Holiday Protection, bisa dimiliki bersama dengan asuransi kecelakaan pula. Pastinya memberi perlindungan biaya medis sampai Rp50 juta dan santunan tunai sampai Rp1 milyar. Premi mulai Rp36.500/bulan aja udah bisa bikin liburan jadi senang dan tenang deh!!!!!!!!

Artikel Terkait