cek nik kk online

Nomor Induk Kependudukan (NIK) sendiri terdiri dari 16 digit angka. Kamu harus memastikan NIK kamu valid untuk mempermudah urusan administrasi yang membutuhkan NIK. Contohnya seperti BPJS Kesehatan, pembuatan NPWP, registrasi kartu, dan lainnya.

 

Bagaimana cara cek NIK atau nomor KK online?

1. Melalui Media Sosial

Tentu saja Dukcapil memiliki akun media sosial yang resmi. Kamu bisa menghubungi akun Facebook Halo Dukcapil atau Twitter @ccdukcapil untuk mengetahui validitas NIK dan nomor KK kamu. Kamu bisa mengirim pesan dengan format

  • #NIK
  • #Nama_Lengkap
  • #Nomor_Kartu_Keluarga
  • #Nomor_Telp
  • #Permasalahan

 

2. Melalui WhatsApp

WhatsApp gak cuma di gunakan untuk aplikasi group chat pekerjaan, teman, atau keluarga. Saat ini dengan WhatsApp pun kamu bisa cek NIK KTP dan no KK. Kamu bisa menghubungi call center Dukcapil dengan format yang sama dengan cara nomor satu diatas. Kemudian di kirimkan ke 0811 800 5373 atau SMS ke 0811 800 5371 dan via hotline call center di nomor 1500-537. Mudah bukan?

 

3. Cek di Website

Selain media sosial dan call center, kamu bisa cek KTP valid secara online. Beberapa daerah di Indonesia sudah melayani cek online seperti kota Bandung, Tangerang Selatan, Surabaya, dan lainnya. Kamu cuma butuh ke situs resmi Dukcapil (dukcapil.kemendagri.go.id) kemudian kamu bisa cek validitasnya. Jika NIK sudah terdaftar, maka data akan muncul lengkap dengan nomor KK

 

4. Cek di Aplikasi

Untuk kamu pengguna smartphone, kamu bisa download aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman di android atau iOS.

 

5. Melalui Email

Cara lain adalah dengan mengirimkan email ke callcenter.dukcapil@gmail.com. Kirim nomor NIK KTP beserta nama lengkap dan data diri lainnya. Sampaikan tujuan permintaan no KK. Setelah itu, tinggal tunggu respon dari Dukcapil.

 

6. Cek ke Kantor Dukcapil

Ini merupakan cara terakhir adalah langsung ke kantor Dukcapil. Di kantor Dukcapil biasanya ada card reader yang dapat mengecek NIK KTP kamu.

Itulah beberapa cara untuk mengecek nomor KK atau nomor NIK kamu. Semoga bermanfaat ya.

SHARE Super you Facebook Super you instagram

Artikel Terkait Lainnya