cek resi jne

Berbelanja online di zaman ini semudah meng-klik HP. Namun, terkadang proses pengiriman memerlukan waktu yang cukup lama. Sebagai pembeli, tentunya kita ingin lacak paket kita sudah sampai mana, bukan?

Nah, maka dari itu kamu perlu tahu cara cek resi JNE kamu. Dengan begitu, kamu bisa tracking jne di mana paket kamu berada dan kapan akan sampai.

Sebelum kamu mengetahui cara cek no resi jne, berikut ada beberapa jenis pelayanan yang disediakan oleh JNE.

Table of Contents

JNE OKE (Ongkos Kirim Ekonomis)

JNE OKE adalah layanan yang paling dasar dari JNE dan juga prioritas paling rendah yang disediakan daripada layanan lainnya.

JNE REG (Reguler)

JNE Reg merupakan layanan menengah yang ditawarkan oleh JNE, baik itu dari segi waktu dan dari segi harga. Biasanya layanan JNE REG ini waktu pengiriman sekitar 1 sampai 7 hari kerja tergantung daerah tujuan.

JNE YES (Yakin Esok Sampai)

JNE YES adalah layanan utama atau layanan prioritas dari JNE dengan waktu pengiriman yang sangat cepat yaitu 1 hari saja atau sampai di keesokan harinya. Layanan ini belum merata tersebar di indonesia. Hanya beberapa kota besar saja.

JNE SS (Super Speed)

JNE SS merupakan layanan JNE yang paling mahal di JNE dengan tarif bisa mencapai 10 kali lebih mahal. Dan, Layanan JNE SS ini sama dengan JNE YES, tidak menyebar disemua kota di indonesia, Hanya beberapa dikota besar seperti Jakarta, Bandung dan lainnya.

Baca Juga : 6 Cara Cek Nomor KK dan NIK Online

Cara cek resi JNE atau JNE Tracking sendiri bermacam-macam, mulai dari melalui situs JNE yang resmi, situs online lainnya, hingga melalui HP. Namun, yang pasti kamu harus mempersiapkan nomor resi terlebih dahulu ya!

1. Cara Cek Resi JNE Melalui Situs Resmi

JNE mempunyai situs resmi yang beralamat di https://www.jne.co.id/, di mana kamu bisa melacak keberadaan paket kamu. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti untuk melacak paket di situs JNE untuk cek resi JNE resmi :

  • Buka https://www.jne.co.id/id/tracking/trace.
  • Masukkan nomor resi (airwaybill/AWB) di kolom yang tersedia. Jika kamu ingin melacak banyak paket, kamu bisa memasukkan hingga 20 resi di kolom tersebut.
  • Masukkan kode keamanan yang tertera. 
  • Klik tombol ‘Search’.

Setelah itu, kamu akan bisa melihat tabel yang berisikan informasi tentang paket kamu. Berikut adalah informasi yang terpampang di tabel, serta penjelasannya: 

    • No AWB, yaitu nomor airwaybill atau nomor resi yang kamu masukkan.
    • Services, yaitu keterangan jenis layanan JNE yang kamu pilih. Misalnya, JNE YES/REG/OKE.
  • Destination, yaitu alamat tujuan.
  • Consignee, yaitu nama penerima barang yang tertera di paket.
  • Date received, yaitu tanggal diterimanya barang.
  • Receiver, yaitu nama penerima barang di alamat tujuan (Bisa sama dengan consignee atau penghuni serumah consignee). 
  • Status, yaitu keadaan keberadaan paket kamu (apakah masih dalam proses pengiriman, sudah di kurir, atau sudah tiba di tempat tujuan).

Selain fitur pelacakan cek no resi JNE atau JNE Tracking, situs resmi ini juga mempunyai fitur untuk pengecekan tarif paket. Tentunya tarif akan berbeda tergantung dari jarak, wilayah yang dituju, serta besar dan/atau beratnya paket yang dikirim. 

Jika ada kendala atau kesalahan pada status pengiriman kamu, kamu bisa hubungi layanan bantuan JNE di (021) 2927 8888 atau e-mail ke customercare@jne.co.id.

2. Cara Cek Resi JNE Online

Jika situs resmi JNE sedang tidak bekerja atau mengalami kendala, kamu bisa juga cek resi JNE melalui situs online lainnya. Ada berbagai cara untuk kamu bisa melacak paket. Kamu bisa mencoba 3 cara lain berikut untuk melacak paket JNE kamu: 

  • Situs cekresi.com. Buka situs, masukkan nomor resi, klik tombol ‘Cek Resi’, pilih ekspedisi ‘JNE’, dan kamu akan melihat informasi tentang paket kamu.
  • Situs parcelsapp.com. Serupa dengan situs cekresi, kamu cukup memasukkan nomor resi dan klik tombol ‘Cek Resi’ untuk tracking keberadaan paket kamu.
  • Melalui aplikasi e-commerce. Jika kamu online shopping melalui Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan teman-temannya, kamu bisa tracking paket JNE kamu langsung dari situs e-commerce yang terkait. Cukup pergi ke profil kamu untuk melihat status pemesanan.

Baca Juga : Terbaru! Cek Saldo dan Cara Top Up e-mOney, Apa Saja?

super easy health

3. Cara Cek Resi JNE Via Handphone

Selain cek resi JNE lewat situs resmi dan situs online lainnya, kamu juga bisa lho cek lewat HP. Kamu cukup unduh aplikasi MyJNE di Google Play Store atau AppStore kamu.

Berikut adalah langkah yang kamu harus lalui untuk cek resi JNE via HP: 

  • Unduh MyJNE.
  • Masukkan e-mail kamu, kemudian buka e-mail dan klik link verifikasi. 
  • Isi kolom data diri untuk profil kamu.
  • Masukkan nomor resi di beranda (Home) dan klik tombol ‘Cek Resi’. 
    • Alternatifnya: Kamu juga bisa scan barcode yang ada di resi paket melalui fitur Scan yang ada di Home.

Setelah itu, tabel informasi yang sama dengan yang tertera di situs resmi akan muncul di layar HP kamu. Selain untuk lacak paket JNE kamu, aplikasi ini juga menyediakan fitur Cek Tarif untuk pengiriman paket, JNE terdekat, isi pulsa, isi ulang token listrik, hingga dompet digital.

Apakah Bisa Cek Resi JNE dengan Nama?

Sayangnya, kamu tidak bisa cek resi JNE dengan nama saja. Cek resi hanya bisa dilakukan jika ada nomor resi. Sistem ini digunakan oleh JNE dan layanan pengiriman paket lainnya untuk menghindari modus penipuan. 

Jika dibandingkan nomor resi merupakan kombinasi unik dari 12-13 nomor acak, sementara nama bisa dengan mudah diambil melalui internet. Selain itu, ada kemungkinan kamu memiliki nama yang sama dengan orang lain, sehingga tidak terlalu unik.

super care

Maka dari itu, penting untuk mencatat dan menjaga nomor resi ketika kamu mengirim suatu paket. Pastikan kamu juga tidak kehilangan nomor resi itu untuk mengurangi risiko modus penipuan. Cek No Resi JNE mu Sekarang

 

Artikel Terkait