cara ganti password wifi

Pasti pernah panik karena lupa password wifi kan? Biasanya, setelah coba beberapa kali akan mencari cara ganti password wifi agar bisa diakses kembali.

Pada dasarnya, ganti sandi wifi yang dimiliki penting untuk menjaga keamanan dan privasi pemilik akun, terutama jika terdapat informasi personal. Guna dari memasang password wifi dan rutin menggantinya adalah untuk mencegah orang menggunakan jaringan wifi dan mencuri informasi dan data melalui jaringan tersebut. Tapi sebelum kita membahas cara ganti password wifi, apakah kalian tau pengertian wifi? Berikut penjelasannya!

Cara Mengganti Password WiFi

Apa itu Wifi?

Wifi adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan perangkat elektronik, seperti komputer, smartphone, tablet dan perangkat lainnya, untuk terhubung ke internet atau jaringan komputer secara nirkabel. Singkatan “Wi-Fi” sebenarnya berasal dari “Wireless Fidelity.” Wi-Fi memungkinkan perangkat untuk terhubung ke jaringan tanpa perlu kabel fisik.

Beberapa karakteristik utama dari teknologi Wifi meliputi:

  • Nirkabel

Wifi menggunakan gelombang radio untuk mengirim data antara perangkat dan titik akses (router) yang terhubung ke jaringan. Ini menghilangkan kebutuhan untuk kabel fisik.

  • Kemudahan Akses

Wifi memungkinkan perangkat untuk terhubung ke internet atau jaringan lokal dengan cepat dan mudah. Ini memungkinkan fleksibilitas dalam penggunaan perangkat di berbagai lokasi tanpa perlu terhubung melalui kabel.

  • Kecepatan Varian

Kecepatan koneksi Wifi bervariasi tergantung pada jenis jaringan dan perangkat yang digunakan. Wifi 6 (802.11ax) adalah salah satu standar terbaru yang menawarkan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan standar sebelumnya.

  • Jangkauan Sinyal

Jangkauan sinyal Wifi tergantung pada berbagai faktor, termasuk kekuatan sinyal router dan interferensi dari objek atau perangkat lain. Biasanya, Wifi dapat mencapai beberapa puluh meter dari router.

  • Keamanan

Wifi dapat dilindungi dengan kata sandi atau protokol keamanan seperti WPA2 atau WPA3 untuk mencegah akses yang tidak sah ke jaringan Anda.

  • Penggunaan yang Luas

Wifi bisa digunakan di rumah, pekantoran, tempat umum (seperti bandara, kafe dan hotel), dan bahkan di transportasi umum.

  • Kemudahan Skalabilitas

Anda dapat menambahkan lebih banyak perangkat ke jaringan Wifi Anda dengan relatif mudah tanpa perlu menginstal kabel tambahan.

  • Mobilitas

Wifi memungkinkan perangkat untuk bergerak bebas di area yang dilayani oleh jaringan tanpa kehilangan koneksi.

Baca Juga : 10 Cara Menghemat Listrik Sehari-hari Agar Pengeluaran Tidak Jebol

Pentingnya Ganti Sandi Wifi

Pentingnya Ganti Sandi Wifi Sumber : https://www.freepik.com/

Masih banyak yang tidak merasa penting untuk mengganti sandi wifi, tetapi dengan rutin ganti sandi wifi, proteksi diri bisa terjaga, loh. Kebalikannya dengan tidak rutin mengganti sandi wifi, keamanan pemilik akun akan semakin terancam. 

Sekarang banyak kejahatan yang bisa dilakukan hanya dengan mendapatkan akses jaringan wifi. Nah, bayangkan jika seseorang berhasil melakukan kejahatan, seperti mencuri data akibat wifi yang tidak terproteksi dengan baik? Pastinya frustasi bahwa kejadian tersebut bisa dicegah dengan mengelola keamanan akun lebih baik.

Tidak mengamankan jaringan dan data yang dimiliki menjadi penyebab utama meningkatnya cyber crime dan berkembangnya industri IT Security.  

Berikut ini adalah beberapa penjelasan dari mengapa password wifi penting untuk diganti:

  • Wifi Baru Dipasang

Wifi yang baru dipasang masih memiliki pengaturan default atau yang sudah terprogram. Password pengaturan default mudah diketahui banyak orang, sehingga tidak ideal untuk keamanan wifi. 

Setelah memasang wifi, pastikan untuk segera mengganti password menjadi password dengan tingkat kesulitan yang disarankan, tetapi mudah diingat oleh pemilik akun. 

Password admin berbagai merek router biasanya memiliki default yang kurang lebih sama, sehingga gampang untuk diketahui. 

  1. username: admin, password: admin
  2. username: user, password: user

Dengan proteksi yang tidak memadai, jaringan wifi semakin rentan terhadap pembobolan. Jika terjadi pembobolan, pemilik wifi bisa sampai kehilangan akses jaringan dan akan membutuhkan bantuan dari teknisi internet service provider (ISP).

  • Mencegah Terjadi Pembobolan Akses Jaringan 

Mencegah Terjadi Pembobolan Akses Jaringan Sumber : https://www.freepik.com/

Pembobolan akses jaringan bisa menjadi penyebab mengapa wifi menjadi lemot, loh. Jika semakin banyak orang yang menggunakan jaringan tersebut, maka akan menjadi semakin lambat. 

Jangkauan internet yang luas bisa terdeteksi oleh orang lain yang berada di luar rumah, karena itu perlu memiliki password wifi yang kuat untuk mencegah terjadinya pembobolan akses jaringan yang memperbolehkan orang lain menggunakan wifi milik pribadi secara gratis.

  • Mengamankan Jaringan dan Data untuk Dicuri 

Ketika wifi berhasil dibobol, tidak hanya pemilik wifi mengalami kerugian dengan orang lain menggunakan wifi secara gratis, tetapi juga menghadapi bahaya akibat terancamnya data dan informasi yang dimiliki.  

Untuk mencegah bahaya, pastikan untuk mengamankan jaringan dengan memasang password dengan tingkat kesulitan yang disarankan. Setelah itu, pastikan untuk melakukan pengelolaan akun dengan mengecek jika ada ancaman dan mengganti password beberapa bulan sekali agar password tidak mudah diketahui atau ditebak.

  • Stabilitas Koneksi 

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa pembobolan jaringan wifi bisa memperlambat wifi. Hal ini karena semakin banyak orang yang menggunakan jaringan tersebut, bandwidth juga akan terbagi. 

Contohnya, jika awal bandwidth adalah 10 Mbps saat digunakan oleh 1 orang, ketika ada yang bergabung menggunakan jaringan tersebut secara otomatis akan terbagi menjadi 2, yaitu 5 Mbps. 

Pastikan sudah terpasang password pada wifi untuk mencegah orang tidak dikenal bergabung ke jaringan wifi dan mengganggu stabilitas koneksi wifi. 

  • Mengamankan Router

Jika seseorang berhasil mengakses wifi secara ilegal, maka bisa menjadi ancaman kepada keamanan router. Pastikan router bebas gangguan dengan rutin mengganti password wifi.

Baca Juga: Kode OTP: Pengertian, Karakteristik, dan Fungsi

Cara Ganti Password Wifi

Cara Ganti Password Wifi Sumber : https://www.freepik.com/

Terdapat banyak cara ganti password wifi, bisa melalui web browser, laptop, hingga sekarang bisa lewat hp dan aplikasi yang tersedia. Lebih lanjutnya, mari ketahui cara ganti kode wifi di bawah ini!

Cara Mengganti Password Wifi Lewat Laptop

Laptop adalah salah satu gadget yang bisa digunakan sebagai cara ganti password wifi. Berikut ini adalah cara mengganti password wifi lewat laptop maupun PC.

  1. Pastikan laptop atau PC yang digunakan sudah tersambung ke jaringan wifi yang akan diganti passwordnya. 
  2. Akses web browser dan buka ‘192.168.11’, ‘192.168.0.1’ atau dengan mengakses angka konfigurasi router. Alamat IP bisa ditemukan di manual router, mencari di internet menggunakan merek dan model router yang dimiliki atau bisa dilihat di belakang router pada kolom alamat aplikasi browser.
  3. Ketik username dan password, jika belum pernah diubah, maka gunakan format default yang bisa ditemukan di manual router.
  4. Setelah masuk, pergi ke pengaturan dan cari ‘wireless’ atau ‘wireless security’, kemudian cari opsi untuk mengubah password wifi.
  5. Isi password yang baru, pastikan membuat yang susah untuk ditebak agar proteksinya kuat. Saat membuat password yang baru, gunakan kombinasi huruf, angka dan karakter khusus dan hindari penggunaan informasi pribadi yang mudah ditebak, seperti tanggal ulang tahun.
  6. Simpan pengaturan dan keluar dari pengaturan router.

Asuransi sesuai gaji kamuCara Mengganti Password Wifi Lewat HP

Cara mengganti password wifi lewat hp android atau iPhone sangat mudah. Sekarang banyak wifi yang menyediakan aplikasi yang bisa diakses melalui hp sehingga hanya perlu masuk ke aplikasi tersebut dan pergi ke pengaturan untuk mengubah password yang ada. 

  • Cara Ganti Password Wifi Lewat Browser Hp

  1. Pergi ke browser dan buka 192.168.1.1 
  2. Masukkan username dan password yang bisa diketahui dengan melihat belakang router atau di buku manual 
  3. Pergi ke menu ‘Network’ dan pilih ‘WLAN
  4. Cari ‘WPA Passphrase’ untuk ganti password 
  5. Ketik password yang baru 
  6. Pilih submit untuk save 
  • Cara Mengganti Password Wifi Indihome Lewat Aplikasi

Ganti password wifi indihome sekarang bisa dilakukan melalui Hp. Berikut ini adalah cara mengganti password indihome lewat Hp:

  1. Buka aplikasi MyIndiHome
  2. Pergi ke pengaturan 
  3. Pilih ganti password
  4. Ketik password yang baru 
  5. Klik ganti password kembali
  6. Lakukan verifikasi melalui SMS dan masukkan kode yang dikirim lewat SMS ke aplikasi

Cara Ganti Password Wifi Menggunakan CISCO

Mengganti password juga bisa dilakukan melalui CISCO. Yuk, ketahui langkah cara ganti password wifi menggunakan CISCO!

    1. Pergi ke browser menggunakan laptop atau perangkat android dan buka 168.1.1 dan enter
    2. Akses dengan memasukkan username dan password
    3. Pilih wireless untuk mengubah password wifi 
    4. Pilih basic wireless setting dan pilih wireless security
    5. Ketik password yang baru
    6. Submit untuk menyelesaikan pengubahan pasword wifi

Mengertikan sekarang pentingnya mengganti password wifi? Dengan berbagai macam bahaya yang bisa terjadi saat seseorang mendapatkan akses ke jaringan wifi, cara ganti password wifi menjadi sesuatu yang penting untuk diketahui. Pastikan untuk melindungi keamanan wifi dan data yang ada dengan memasang password dan mengelola keamanan akun.

Mantap Jiwa

Tidak hanya wifi yang perlu diberi perlindungan dengan password, untuk menjamin kehidupan yang tenang, kesehatan tubuh juga perlu proteksi dalam bentuk asuransi kesehatan. Super Easy Health Protection dari Super You menawarkan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan, loh!

Artikel Terkait