cara jadi selebgram

Menjadi selebgram, saat ini menjadi salah satu impian banyak orang terutama di kalangan anak muda. Selain menjadi populer, menjadi selebgram dapat menjadi sumber penghasilan yang cukup tinggi. Semua dapat menjadi selebgram terkenal, asal tahu cara memanfaatkan berbagai platform sosial media yang dimilikinya. Namun, menjadi selebgram tidaklah mudah. Tentu dibutuhkan kreatifitas dan akan ada proses yang tetap harus dijalani. 

Dalam artikel ini, kami akan membagikan cara dan tips untuk menjadi selebgram bagi pemula.

1. Tentukan niche yang kamu minati

Niche atau tema adalah topik khusus yang akan kamu posting di sosial media kamu Dengan adanya niche yang sudah kamu tentukan, akan memudahkan kamu untuk membuat konten dan akan memudahkan untuk menentukan konten selanjutnya (continuous). Contoh topiknya seperti fashion, traveling, kuliner, beauty dan lainnya sebagainya. Selain itu, niche yang kamu minati akan memudahkan kamu di endorse oleh pihak brand yang berhubungan dengan niche kamu. 

2. Personal branding

Hal pertama yang harus dilakukan adalah personal branding. Kita bisa melihat branding atau ciri khas  yang ditunjukkan seorang selebgram melalui konten yang mereka sajikan. Biasanya seorang selebgram akan menonjolkan kelebihan yang mereka punya, entah itu kecantikannya, kreatifitasnya, prestasinya dan keahlian lainnya. Kenali karakteristik kamu dan tentukan pasar atau segmen pengunjung sosial media kamu yang dapat menarik orang untuk mengikuti kamu.

3. Target audiens

Setelah menentukan niche dan personal branding, yang harus kamu tentukan selanjutnya adalah siapa audiens anda. Kamu bisa memulai dari menentukan rentang usia user yang akan menjadi audiens konten kamu. Jika kamu sudah menentukan target audiensnya, kamu akan lebih mudah menentukan jenis kontennya. Contohnya kamu adalah seorang selebgram beauty, yang menjadi audiens anda tentu kebanyakan adalah wanita dari berbagai usia.

4. Profil instagram yang menarik

Sama halnya seperti sebuah majalah yang memiliki sampul menarik sehingga menarik orang untuk membacanya, begitupun profil instagram kamu. Buatlah profil instagram yang semenarik mungkin dan lengkap.

Beberapa cara membuat profil yang menarik:

  • Gunakan foto profil yang menarik dan jelas
  • Menulis bio yang menarik tentang diri anda
  • Mencantumkan kontak yang bisa dihubungi untuk kebutuhan kerja sama/bisnis
  • Mencantumkan link website, blog, tiktok atau channel Youtube yang kamu miliki.
  • Set akun kamu menjadi akun bisnis untuk mengetahui banyaknya engagement di akun kamu.

5. Konten yang menarik

Konten merupakan kunci membuat seorang selebgram dikenal dan yang menjadi faktor mengapa orang menyukai dan mengikuti akun kamu. Pastikan foto atau video yang kamu unggah menarik dan memiliki kualitas yang bagus. Visual sangatlah penting, apabila visualnya tidak bagus meskipun kontennya menarik, akan mempengaruhi minat orang-orang.

Jangan lupa cation. Setelah foto dan video yang menarik, buatlah caption yang mendeskripsikan konten kamu dengan jelas. Pastikan untuk tidak ada typo dalam caption.

Baca Juga :

6. Hashtag

Dengan mencantumkan hastag yang berhubungan atau yang sedang trending, akan membantu menaikkan jumlah orang yang melihat konten kamu dan bisa menambah follower kamu. Pastikan untuk tidak asal membuat hastag, sebaiknya relevan dengan konten kamu.

7. Bangun engagement dengan follower

Memiliki follower yang banyak tidaklah cukup. Follower kamu harus memberikan feedback pada konten kamu seperti komentar. Semakin banyak follower yang berinteraksi di konten atau akun kamu, maka engagement kamu akan meningkat. Kamu bisa memancing follower untuk memberikan komentar dengan memberikan pertanyaan pada konten atau caption kamu.

8. Konsisten dalam mengunggah konten

Untuk menjadi seorang selebgram juga diperlukan kedisiplinan. Kamu harus menjadwalkan berapa konten yang akan kamu unggah dalam sehari baik konten di feed instagram ataupun story. Cari waktu terbaik untuk mengunggah supaya banyak dilihat banyak orang. Contoh, pada jam istirahat atau jam dimana orang sudah tidak melakukan aktifitas.

asuransi digital

9. Selektif memilih produk endorse

Jika kamu sudah mendapat tawaran endorse, kamu harus pertimbangkan apakah produk tersebut sesuai dengan audiens kamu. Pastikan produk tersebut juga terjamin keamanan dan legalitasnya. Jika kamu gegabah menerima produk endorse, akan ada masalah yang harus kamu hadapi selain kehilangan kepercayaan dari follower kamu. Perlu juga untuk membatasi jumlah konten endorsement, karena hal itu akan membuat follower anda bosan. Bahkan akan mempengaruhi pemilik bisnis menjadi tidak tertarik mengendorse kamu karena takut produknya tertimbun dengan postingan endorse lainnya.

10. Jaga privasi

Sebagai seorang selebgram, disarankan untuk tidak memposting seluruh kehidupan dan aktifitas pribadi kamu. Cukup kamu memposting konten-konten yang berhubungan dengan niche anda.

11. Kolaborasi dengan selebgram lain

Kamu bisa melakukan kolaborasi dengan selebgram lainnya yang mungkin memiliki niche yang mirip dengan kamu. Hal ini akan membantu kamu semakin terkenal dan akun kamu dilihat banyak orang.

12. Be yourself

Last but not least, tetaplah menjadi diri anda sendiri meskipun ada haters. Kamu harus tetap menjalankan profesi kamu sebagai seorang selebgram dengan profesional.

Itu semua adalah cara-cara yang bisa kamu ikuti untuk menjadi seorang selebgram. Selamat mencoba.