Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus

Kita pasti pernah merasakan frustasi akibat tidak sengaja menghapus foto sebelum langsung mencari cara mengembalikan foto yang terhapus. Foto tersebut bisa menjadi foto kenangan atau foto penting, karena itu jika tidak segera dipulihkan maka bisa jadi akan sulit untuk dipulihkan. Jika foto terhapus dari Hp, maka pemulihan foto yang terhapus akan lebih sulit dari dari pemulihan foto di komputer. 

Namun, tidak perlu panik, karena ada cara mengembalikan foto yang terhapus di Hp, bahkan jika telah terhapus secara permanen. Berikut ini adalah beberapa bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus!

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di iPhone

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di iPhone

Jika menggunakan iPhone, terdapat beberapa cara mengembalikan foto yang sudah terhapus. Yuk, ketahui apa saja dan langkahnya di bawah ini. 

1. Memeriksa Folder

Jika menghapus foto, tidak usah panik. Salah satu cara mengembalikan foto yang terhapus adalah dengan memeriksa folder recently deleted dengan fungsi untuk menampung foto – foto yang dihapus agar bisa dipulihkan hingga 30 hari. Apabila foto tidak dipulihkan selama 30 hari, maka akan hilang secara permanen.

2. Manfaatkan iTunes

Salah satu fitur dari menggunakan iPhone adalah iTunes yang mempermudah penyimpanan data dan mempermudah untuk melakukan backup. Berikut ini adalah bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus di galeri iPhone.

  1. Pastikan sudah membuat akun iCloud 
  2. Masuk ke pengaturan 🡪 pilih akun iCloud 🡪 cari My iPhone 
  3. Colok Hp iPhone ke komputer dan buka iTunes
  4. Cari menu backup pada iTunes dan pilih restore backup
  5. Selesaikan prosesnya 

3. Gunakan iCloud

Selain iTunes, iCloud juga menjadi fitur yang tersedia di iPhone untuk mempermudah penyimpanan data dan backup data. Pastikan untuk Hp sudah masuk ke akun iCloud dan menyalakan fitur iCloud Photos dan sesekali lakukan backup data agar foto yang dimiliki bisa dipulihkan.

4. Aplikasi Tambahan untuk Pemulihan Foto yang Terhapus di iPhone

Cara mengembalikan foto yang terhapus memang bisa secara manual sekarang, tetapi ada juga aplikasi yang bisa membantu memulihkan foto yang telah terhapus, bahkan sebagai cara memulihkan foto yang terhapus permanen. 

  • EaseUS Mobisaver

Ini adalah aplikasi yang bisa membantu memulihkan data dari Hp. EaseUs, Mobisaver tidak hanya memulihkan foto, tetapi bisa juga memulihkan data seputar kontak telepon, video film hingga pesan yang tidak dibackup. Menggunakan EaseUs Mobisaver hanya perlu menginstal aplikasi tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh Aplikasi.

  • iBackup Extractor

Selain EaseUs Mobisaver, ada aplikasi lainnya, yakni iBackup Extractor dengan fungsi untuk mengambil foto yang sudah terbackup tanpa menimpa data baru. Instal aplikasi dan pilih cadangan iPhone dari daftar dan pilih foto dari tab Photos. Namun, mode gratis dari aplikasi ini hanya bisa mengembalikan 20 item cadangan tanpa membayar.

Baca Juga: Ketahui 9 Cara Menghilangkan Iklan di Hp Android

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Jika menggunakan Hp Android terdapat beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus. Karena Android hanya software yang digunakan oleh Hp seperti Samsung, Oppo, Xiaomi dan lainnya, tiap Hp juga memiliki caranya masih – masing untuk cara mengembalikan foto yang terhapus di galeri. Berikut ini adalah beberapa cara yang sama untuk pemulihan foto yang terhapus di Hp Android.

1. Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Galeri

Jika menggunakan Hp Android, seperti Samsung, Oppo, Xiaomi dan lainnya, maka akan terhubung ke Google Photos. Ketahui langkah – langkah cara mengembalikan foto yang terhapus di Hp.

  • Masuk ke Aplikasi Google Photos.
  • Di menu deretan bawah pilih Library.
  • Di atas akan muncul beberapa pilihan, salah satunya adalah Trash yang merupakan cara melihat foto yang sudah dihapus.
  • Untuk pemulihan foto yang terhapus, pilih foto yang ingin dikembalikan dan pilih opsi Restore.

Apabila foto tidak ada di Trash, maka bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, yakni:

  • Foto yang dihapus telah berada di trash lebih dari 60 hari
  • Bisa juga sudah hilang sebelum 60 hari dengan mengosongkan trash 
  • Foto yang yang terhapus lebih dari 30 hari tidak dibackup
  • Foto dihapus secara permanen 
  • Foto yang terhapus secara permanen masih belum dibackup

2. Aplikasi Tambahan untuk Pemulihan Foto yang Terhapus di Android

Terdapat beberapa aplikasi tambahan lainnya yang bisa membantu untuk cara mengembalikan foto yang terhapus hingga cara memulihkan foto yang terhapus permanen. Ketahui daftar aplikasi tersebut dan bagaimana cara menggunakannya di bawah ini.

  • Deleted Photo Recovery 

Deleted Photo Recovery merupakan aplikasi yang bisa memulihkan foto yang sudah lama terhapus di Hp. Instal aplikasi ini sebagai cara mengembalikan foto yang terhapus, bahkan foto yang tersembunyi. 

  • Dumpster

Aplikasi ini merupakan cara memulihkan foto yang terhapus permanen. Hal ini karena fungsi aplikasi Dumpster yang berlaku layaknya cloud storage untuk menyimpan foto yang ada di ponsel secara otomatis.

  • DiskDigger Photo Recovery 

Salah satu aplikasi tambahan untuk pemulihan foto yang terhapus di Hp Android adah DiskDigger Photo Recovery yang melakukan pemulihan kepada foto yang terhapus di ponsel.

  • DigDeep Image Recovery 

Ini merupakan aplikasi yang membantu pemulihan foto yang terhapus di memori internal atau eksternal Hp Android. Cara menggunakannya adalah dengan mengakses aplikasi dan melakukan scanning untuk mencari foto yang hilang dan terhapus.

  • Restore Image 

Aplikasi restore image bisa memulihkan foto pada Hp tanpa root. Guna dari aplikasi ini adalah membantu pemulihan foto yang terhapus secara sengaja atau tidak disengaja.

Baca Juga : Semakin Mudah Cara Top Up Dana, Ketahui Caranya!

Pertanyaan Seputar Pemulihan Foto yang Terhapus

Pertanyaan Seputar Pemulihan Foto yang Terhapus

Masih banyak yang bingung jika foto yang terhapus bisa dipulihkan. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang umum dicari seputar pemulihan foto yang terhapus.

1. Apa Ada Cara Memulihkan Foto yang Terhapus Permanen?

Jika foto sudah terhapus secara permanen maka tidak akan bisa dipulihkan, hal ini karena memori dari foto tersebut sudah tidak ada di ponsel. Namun, hal ini tidak berarti tidak ada cara memulihkan foto yang terhapus permanen. Menggunakan aplikasi tambahan atau pihak ketiga bisa membantu pemulihan foto yang terhapus. 

2. Bagaimana Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP?

Sekarang di Hp bisa mengembalikan foto yang sudah terhapus dengan fitur restore photo yang merupakan bagian dari aplikasi Galeri Foto. Namun, perlu diketahui bahwa fitur ini hanya akan menyimpan foto selama 30 hari hingga foto tersebut terhapus secara permanen.

3. Apa Bisa Melakukan Pemulihan Foto yang Terhapus Sudah Lama?

Sekarang semua handphone baik iPhone atau Android sudah dilengkapi dengan fitur recently deleted yang merupakan tempat tampungan foto dan video yang telah dihapus dengan jangka waktu hingga 30 hari. Sebelum 30 hari ini berakhir, masih bisa melakukan pemulihan foto. Namun, jika sudah melewati jangka waktu tersebut, pemulihan foto bisa dibantu dengan aplikasi tambahan, seperti DiskDigger, EaseUs MobiSaver dan WhatsRemoved+ untuk WhatsApp.

Meskipun ada cara mengembalikan foto yang terhapus, pastikan untuk selalu melakukan backup setiap dua minggu sekali untuk menghindari risiko kehilangan foto penting. Banyak yang berpikir bahwa melakukan backup bisa dilakukan nanti atau tidak penting, tetapi ini adalah langkah yang bisa melindungi data – data yang dimiliki. 

Asuransi sesuai gaji kamu

Seperti hal nya backup dibutuhkan sebagai cara mengembalikan foto yang terhapus, asuransi kesehatan dari Super You bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh untuk mencegah risiko penyakit dan mulai dari Rp135.000 per bulan, loh!

Artikel Terkait