Cara Menghilangkan Iklan di Hp Android

Iklan yang muncul tiba – tiba menyebalkan baik di Hp atau di gadget manapun. menghilangkan iklan menjadi hal yang utama dilakukan. Sebelum kita mengetahui bagaimana cara menghilangkan iklan di hp android, yuk simak dulu penjelasan ini.

Android

Pengertian Android

pengertian android

Android bukanlah jenis hp atau brand hp, melainkan sebuah sistem operasi yang ada pada smartphone. Sistem operasi ini banyak digunakan pada banyak brand smartphone seperti Samsung, xiaomi, vivo, oppo dan lainnya. 

Hp android merupakan salah satu Hp yang sering memunculkan iklan. Kenapa android sering muncul iklan bisa jadi karena malware atau virus. Terdapat 3 jenis iklan yang muncul secara tiba – tiba. Yang pertama adalah iklan sistem yang ada pada notifikasi atau merupakan bawaan dari aplikasi yang digunakan, kedua adalah iklan aplikasi yang berjalan – jalan dan muncul setelah aplikasi sudah root dan ketiga adalah iklan virus atau adware dengan penyebab yang tidak diketahui.  

Bagaimana cara menghilangkan iklan yang tiba – tiba muncul di Hp bisa dibagi menjadi 2 jenis, yaitu dengan menggunakan aplikasi dan cara menghapus iklan di Hp tanpa harus menggunakan aplikasi. 

Baca Juga : Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Hp iPhone dan Android

Cara Menghilangkan Iklan di Hp Tanpa Aplikasi 

Jika tidak ingin mengunduh atau harus membayar akses aplikasi, salah dengan menyesuaikan pengaturan. Berikut ini adalah beberapa cara menghapus iklan di Hp tanpa perlu menggunakan aplikasi:

Mengatur Browser

Mengatur browser bisa menjadi bagaimana cara menghilangkan iklan yang tiba – tiba muncul di Hp. Cara mengatur browser bisa dibagi menjadi 2 tipe, yakni:

  • Cara Mengatur Browser 1

  1. Membuka google chrome dan klik ikon dengan tiga titik di atas sebelah kanan. 
  2. Pilih setting dan pilih opsi pop – up dan redirects.
  3. Klik toggle hingga penampilan menjadi warna abu – abu, kemudian iklan pop – up akan terblokir.
  • Cara Mengatur Browser 2 

Jika iklan didapatkan di Google Chrome setelah mengunjungi situs – situs tertentu, cara menghapus iklan di Hp adalah dengan menghapus history atau riwayat pencarian. 

Lakukan langkah – langkah di bawah ini untuk menghapus riwayat pencarian di Google Chrome:

  1. Akses Google Chrome dan klik titik tiga di kanan atas.
  2. Pilih history.
  3. Klik kotak centang untuk memilih riwayat pencarian yang ingin dihapus, setelah itu pilih hapus atau delete.
  • Aktifkan Play Protect di Google Play 

Google Play Protect merupakan salah satu upaya dari Google agar pengguna terlindungi dari iklan berbahaya. Dengan mengaktifkan Google Play Protect bisa menjadi cara menghilangkan iklan di Hp android. Untuk mengaktifkan Google Play Protect bisa dilakukan dengan mengikuti langkah – langkah di bawah ini. 

  1. Buka Google Play Store. 
  2. Akses profil Google Play Store yang berada di kanan atas.
  3. Pilih Play Protect dan kemudian akses setting.
  4. Melalui Play Protect, aktifkan Scan Apps.
  • Security Settings 

Risiko dari timbulnya iklan Hp adalah virus atau malware yang datang dari aplikasi berbahaya. Pastikan untuk memblokir akses untuk menginstal aplikasi yang berasal dari luar Play Store untuk mencegah Hp menginstal aplikasi yang tidak aman. Cara mengaktifkan setting ini adalah dengan masuk ke pengaturan, pilih Security kemudian Privacy. Jangan berikan Hp izin untuk menginstal aplikasi jika sumbernya tidak diketahui (Unknown Source)

  • Membayar Aplikasi Langganan

Salah satu cara developer mendapatkan uang adalah dengan cara memasang iklan pada aplikasi sehingga saat aplikasi di download akan ada iklan yang harus dilalui dahulu. Namun, iklan ini bisa dihilangkan secara permanen sehingga tidak akan muncul saat aplikasi digunakan. Bagaimana cara menghilangkan iklan yang tiba – tiba muncul di Hp? Bisa dengan membayar langganan aplikasi sebagai alternatif lain developer menghasilkan uang.

  • Mematikan Wifi atau Seluler

Cara menghilangkan iklan di Hp android atau Hp dengan operating system apapun bisa dengan cara mematikan wifi atau seluler. Cara ini cocok digunakan apabila aplikasi tetap bisa digunakan dalam kondisi offline.

Saat iklan akan ditampilkan, aplikasi perlu untuk download materi iklan terlebih dahulu, dan akan memerlukan internet. Namun, jika koneksi internet mati maka aplikasi tidak bisa mengunduh atau menampilkan materi iklan.

Baca Juga: Semakin Mudah Cara Top Up Dana, Ketahui Caranya!

Cara Menghilangkan Iklan di Hp Dengan Aplikasi 

Cara Menghilangkan Iklan di Hp Tanpa Aplikasi

Cara menghilangkan iklan di Hp Samsung, Vivo atau dengan operating system lainnya bisa dengan menggunakan aplikasi yang khusus untuk menjaga privasi. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang bisa menjadi cara menghapus iklan di Hp.

  • Menggunakan Adguard

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan iklan di Hp Android yang tiba-tiba muncul. Aplikasi Adguard akan membantu untuk melakukan pemindaian pada semua aplikasi yang di install dan memiliki risiko bahaya. Berikut ini adalah langkah – langkah untuk menggunakan aplikasi Adguard:

  1. Download aplikasi Adguard.
  2. Untuk mengaktifkan fitur untuk memblokir iklan, klik ikon power.
  3. Pastikan untuk centang semua konfigurasi di aplikasi.
  4. Setelah melakukan langkah – langkah tersebut, iklan akan terblokir secara otomatis.

Meskipun aplikasi Adguard bisa ditemukan di Play Store, untuk mendapatkan versi aplikasi yang full version adalah dengan download secara gratis di situs web Adguard.

  • Menggunakan Aplikasi Adclear

Selain aplikasi Adguard, ada juga Adclear yang berfungsi untuk memblokir iklan sembari sedang browsing atau membuka aplikasi yang kemungkinan disertai dengan iklan. Berikut ini adalah cara  menggunakan Adclear.

  1. Unduh aplikasi Adclear.
  2. Melakukan konfigurasi dengan browser yang digunakan,
  3. Setelah itu iklan akan sudah terblokir secara otomatis. 

Baca Juga : Lupa Kata Sandi Instagram? Nggak Sendiri Kok! Ketahui Cara Menanganinya!

  • Mengaktifkan Adblock 

Aplikasi Adblock berfungsi untuk menghalang iklan saat sedang browsing internet. Berikut ini adalah langkah – langkah mengaktifkan Adblock.

  1. Buka Google Chrome.
  2. Buka situs Adblock di http://getadblock.com/
  3. Klik ‘get Adblock now’ yang merupakan tombol warna merah terletak di tengah halaman website.
  4. Setelah di klik akan muncul halaman untuk instalasi ekstensi pada masing – masing browser.
  5. Pilih opsi ‘add to Chrome’ agar bisa di ekstensi ke Google Chrome.
  6. Klik tanda stop yang berwarna merah.
  7. Pastikan untuk centang opsi dan pengaturan setelah sudah sesuai dengan keinginan, kemudian simpan hasil pengaturan tersebut.

Adblock bisa menjadi cara menghilangkan iklan di Hp Samsung dengan mengaktifkan aplikasi Adblock plus untuk Samsung internet. Pengunduhan aplikasi bisa dilakukan secara gratis di Google Play Store.

Menggunakan Adblock plus dengan Samsung Internet akan langsung membawa pengguna ke pengaturan perangkat untuk mengaktifkan pemblokiran iklan. Opsi more blocking bisa mengaktifkan atau menonaktifkan banyak fitur, salah satunya adalah melacak tombol sosial media.

Dengan mengaktifkan Ad blocker, tidak hanya iklan video, banner atau pop – up, tetapi juga melindungi dari risiko terkena phishing, malware, virus dan banyak bahaya lainnya.

  • Menggunakan UC Browser 

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan iklan di Hp Android selain menggunakan aplikasi untuk mencegah iklan adalah menggunakan browser lain. UC Browser telah dilengkapi dengan engine U4 sehingga browsing menjadi lebih lancar, download lebih cepat dan menonton video juga lebih lancar.

Salah satu fitur yang telah dilengkapi UC Browser adalah Adblock untuk membantu mencegah iklan untuk timbul saat sedang browsing.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan iklan di Hp Android. Tidak hanya iklan yang muncul secara tiba – tiba menyebalkan, tetapi juga bisa menjadi virus atau malware yang berbahaya karena bisa merusak perangkat keras, karena itu memerlukan perlindungan seperti ini.

super easy health terbaru

Tidak hanya Hp yang perlu dilindungi, tetapi juga kesehatan tubuh. Berikan tubuh perlindungan agar bisa mencegah terjadinya risiko timbul penyakit berbahaya. Hal ini bisa dilakukan dengan memiliki asuransi kesehatan. Super Easy Health Protection dari Super You bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan, lho!

Artikel Terkait