itinerary jogja

Yogyakarta adalah salah satu kota wisata terpopuler di Indonesia. Setiap tahunnya selalu ada peningkatan jumlah wisatawan. Terbukti dari Statistik Kepariwisataan milik Dinas Pariwisata DIY, yang menunjukkan kalau ada peningkatan jumlah wisatawan dari tahun 2015 hingga 2019 baik turis lokal maupun mancanegara. Meskipun begitu, masih banyak juga lho orang yang belum pernah mengisi waktu liburan di Jogjakarta.

Jogja memiliki banyak tempat wisata, mulai dari pantai, pegunungan, hingga candi-candian. Bagi orang yang pertama kali berkunjung pasti akan bingung memilih tempat wisata mana yang wajib masuk itinerary. Oleh karena itu, berikut referensi itinerary Jogja selama 3 hari:

Itinerary 3 Hari di Jogja

Hari Pertama

Tiba di Jogja

Mengingat waktu liburan yang singkat, menggunakan pesawat dan memilih penerbangan pagi adalah pilihan yang paling tepat. Dengan begitu, kamu bisa mengunjungi banyak tempat wisata. Selain itu, kamu juga perlu menyewa kendaraan baik mobil maupun motor untuk akomodasi selama jalan jalan di Jogja.

Biaya sewa kendaraan di Jogja bervariatif. Untuk mobil per harinya dimulai dari Rp 250.000 hingga Rp 1.000.000, sedangkan motor per harinya dimulai dari Rp 40.000 hingga Rp 100.000. Kalau kamu memilih sewa mobil, sebaiknya request untuk dijemput di bandara sehingga kamu gak repot lagi cari kendaraan.

Taman Sari kerap menjadi pilihan wisatawan karena beberapa bagian bangunannya yang instagramable. Kalau kamu mau berkunjung ke tempat ini, sebaiknya datang paling awal yaitu pukul 9 pagi.

Belum banyak wisatawan yang datang pada waktu itu jadi kamu bisa bebas ambil foto. Beberapa spot instagramable di Taman Sari diantaranya Sumur Gumuling, Pulo Kenanga, dan Pasiraman Umbul Binangun.

Penyetan Mas Kobis adalah tempat makan sederhana yang wajib masuk itinerary selama di Jogja. Tempat ini dianggap sebagai hidden gems Jogja, lho. Menu penyet, geprek, dan kubis goreng menjadi andalan dari tempat makan ini. Harganya relatif murah, mulai dari Rp 7.000 hingga Rp 15.000.

Ikut Lava Tour Kali Adem, kamu bisa cobain sensasi jelajah kaki Gunung Merapi menggunakan mobil Jeep. Kamu juga bakal diajak ke Museum Merapi yang berisikan artefak dari bencana letusan Gunung Merapi.

Ongkos untuk tour ini dimulai dari Rp 350.000 sampai Rp 650.000. Bagi sebagian orang mungkin ongkosnya relatif mahal, tapi terbayar dengan experience yang kamu dapat!

Istana Ratu Boko adalah kompleks istana yang tidak jauh dari Candi Prambanan. Dengan mengeluarkan ongkos Rp 40.000, kamu bisa menikmati keindahan senja di Istana Ratu Boko. Waktu terbaik untuk menikmati senja yaitu pukul 16.00.

Abis menikmati senja, sekarang waktunya kamu mengisi perut setelah seharian berkeliling. Dekat Istana Ratu Boko ada Waroeng Spesial Sambal, restoran dengan 32 jenis pilihan sambal. Wajib kamu sambangi ketika di Jogjakarta. Harga makanannya pun murah plus nambah nasi gratis, lho!

Siapa sih yang engga tau Jalan Malioboro? Daerah ini adalah salah satu daerah terpadat di Jogjakarta. Di sini ada beragam pilihan oleh-oleh murah, jadi kamu bisa nyicil deh dari hari pertama.

Antisipasi Risiko Perjalanan dengan Perlindungan Kecelakaan Sekarang!

Hari Kedua

Landasan Pacu Depok adalah destinasi instagramable yang lokasinya ada di Kawasan Pantai Depok. Untuk masuk ke tempat ini kamu perlu mengeluarkan ongkos sebesar Rp 10.000. Harga yang tergolong murah dengan hasil foto yang sangat epic!

Masih di dalam Kawasan Pantai Depok, ada gunung pasir yang engga kalah menarik dengan Landasan Pacu. Selain foto-foto, kamu bisa bermain sandboarding di sini. Dengan tarif sewa Rp 70.000, kamu bakal dapet pengalaman yang engga ada di tempat lain!

Goa Pindul adalah gua dengan sungai bawah tanah yang warnanya kehijauan. Di sini kamu bisa cave tubing atau menyusuri goa selama 45 menit dengan tarif Rp 35.000. Selama menyusuri goa, kamu bakal ngeliat stalaktit yang menyatu dengan stalakmit. Penasaran, kan?

Searah menuju kembali ke pusat kota, kamu bakal ngelewatin Hutan Pinus Mangunan. Di sini kamu bisa istirahat sambil menghirup udara segar setelah bermain air di Goa Pindul. Selain itu, tempat ini juga menarik kok untuk foto-foto.

Sate klathak adalah sate kambing yang ditusuk menggunakan jeruji sepeda alih-alih lidi bambu. Sebenarnya ada banyak sate klathak di Jogja, tapi Sate Klathak Pak Pong wajib masuk itinerary selama di Jogja karena tempat ini legendaris. Udah berdiri dari tahun 1960, pasti rasanya dijamin enak!

Hari Ketiga

Bergeser sedikit dari Jogjakarta, kamu bisa menikmati pemandangan sunrise di Punthuk Setumbu yang terletak di Magelang. Untuk memasuki kawasan ini, kamu perlu bayar tiket sebesar Rp 15.000 serta biaya parkir Rp 10.000 untuk mobil atau Rp 5.000 untuk motor.

Gereja yang kian ramai pengunjung setelah tampil di film AADC 2 ini letaknya engga jauh dari Punthuk Setumbu. Selain Punthuk Setumbu, Gereja Ayam juga bisa menjadi pilihan untuk menikmati sunrise. Dengan biaya Rp 20.000, kamu bisa menikmati bangunan tua yang memiliki keunikan tersendiri.

Kalibiru memiliki spot foto panggung terpopuler di Jogjakarta sehingga sayang rasanya kalau tempat ini tidak masuk itinerary selama di Jogja.

Tarif foto di Kalibiru bervariatif, dimulai dari Rp 10.000 hingga Rp 35.000. Buat yang takut ketinggian, engga perlu khawatir karena kamu bakal dikasih pengaman.

Sebelum pulang, kamu wajib coba Yammie Pangsit Pathuk yang letaknya ada di dekat pusat kota. Yammie Pathuk adalah mie berbentuk pipih yang dilengkapi dengan potongan ayam, daun bawang, bawang goreng, dan pangsit ayam. Untuk harganya, kamu cukup keluarin Rp 4.000 sampai Rp 20.000. Harganya akan terasa murah karena rasa yang disajikan sangat menggoda lidah!

Keluarga di rumah pada nitip oleh oleh? Cari aja di Pasar Beringharjo. Barangnya murah-murah sehingga dompet kamu engga bakal meronta. Engga jauh dari Pasar Beringharjo, kamu bisa sambangi Bakpia Pathok yang udah jadi oleh-oleh hits Jogja.

Pulang, pulang! Setelah checklist semua trip yang ada di itinerary Jogja, berarti udah waktunya kamu kembali pulang. Banyak penerbangan pagi di Bandara Jogja, jadi kalau kamu balik hari Senin, kamu bisa sampai di tempat asal pada Senin pagi. Tapi kalau kamu mau hemat, kamu bisa balik di hari ketiga menggunakan kereta malam dari Jogjakarta.

Abis dari Jogja, bucket list traveling berikutnya ke luar negeri? Tapi, kamu udah bisa bahasa Inggris belum? Bahasa Inggris adalah bahasa internasional sehingga kamu pasti akan memakainya ketika liburan di luar negeri. Yuk cicil aja dulu mimpi travelingmu dengan belajar bahasa Inggris!

Jangan Lupa Lindungi Perjalananmu!

Selain menyiapkan itinerary, kamu harus mengantisipasi risiko di jalan dengan menyiapkan asuransi masa liburan! Kurang tahu harus nyari dimana? Coba Super You aja!

Asuransi online Super You by Sequis Online menyediakan asuransi kecelakaan di masa liburan, mulai dari harga Rp30.000-an saja per bulan. Kamu bisa mendapatkan manfaat asuransi kecelakaan ekstra di masa liburan.

Prosesnya pun sangat dipermudah, hanya memerlukan KTP kamu dan KTP Ahli Waris. Beberapa klik pun selesai, kamu bisa menggunakan gadget apapun tanpa harus datang ke cabang asuransi terdekat. Praktis, kan?

SHARE

Artikel Terkait Lainnya