fakta sumpah pemuda

Kita sudah membahas makna teks sumpah pemuda, kali ini tim Super You merangkum beberapa fakta sejarah dari sumpah pemuda yang jarang diketahui. Apa saja?

1. Naskah Asli Sumpah Pemuda

teks sumpah pemuda

sumber: idn times (dok.istimewa/JJ Rizal)

Dari teks diatas kemudian diubah menjadi ejaan bahasa Indonesia yang baku.

2. Ada Peran Etnis Tionghoa

etnis tionghoa

sumber : cakap (china’s history)

Sumpah pemuda tidak hanya dilakukan oleh masyarakat pribumi. Momentum terciptanya sumpah pemuda sebenarnya ada peran dari etnis Tionghoa dimana turut dirangkul untuk berpartisipasi. Apalagi kalau identitasnya adalah bangsa Indonesia. Keberagaman ini bukan untuk mengotak-ngotakan.

 

3. Sumpah Pemuda Awalnya Tidak Ada di Kongres Pemuda Ke-2

monumen sumpah pemuda

sumber :  idn times (Dendi Prastyar)

Pada peristiwa sejarah 28 Oktober 1928 sebenarnya tidak ada kata sumpah (sumber : sejarawan JJ Rizal). Sumpah pemuda sebenarnya diberikan beberapa tahun setelah peristiwa kongres pemuda ke-2 berlalu.

Setelah Indonesia merdeka, kata “sumpah” baru ditempelkan. Kalimat sebelumnya adalah “Putusan Kongres Pemuda-pemuda Indonesia” diganti “Sumpah Pemuda”. Kata “sumpah” ditambahkan untuk mengingat persatuan rakyat Indonesia khususnya para pemuda atas ikrar sebuah bangsa yang satu.

 

4. Awalnya Diperingati Sebagai Peringatan Lagu Indonesia Raya

lagu indonesia raya

sumber : tubas media

Selain awalnya kata “sumpah” tidak ada pada hasil kongres pemuda II, ternyata tanggal 28 Oktober 1928 bukan diperingati sebagai hari sumpah pemuda namun diperingati sebagai peringatan hari lahirnya lagu kebangsaan kita yaitu Indonesia Raya.

 

5. Terdapat Berbagai Keberagaman

keberagaman indonesia

sumber : Kemdikbud.go.id

Saat kongres pemuda II banyak yang datang dari latar belakang etnis dan kepercayaan berbeda. Namun, para pemuda berusaha untuk memproklamirkan menjadi suatu bangsa yang utuh dengan tidak membedakan satu dengan yang lain. Misalnya ada jong minahasa, batak bond, jong ambon, dan kaum betawi. Hal tersebut merupakan dasar saling menghargai berbagai keragaman di negara kita hingga saat ini.

Itulah 5 fakta sejarah Sumpah Pemuda. Menarik bukan sejarah kita Indonesia?

SHARE Super you Facebook Super you instagram

Artikel Terkait Lainnya