goweser

Tren sepeda meningkat di awal tahun 2020 karena meningkatnya ketertarikan pada pola hidup sehat dan untuk berolahraga saat pandemi. Peningkatan penjualan sepeda meningkat di tahun 2020, tetapi hal ini tidak bertahan lama karena terjadinya penurunan penjualan sepeda di tahun 2021 akibat kondisi pandemi yang semakin membaik, dan semakin banyak yang kembali melakukan kegiatan sehari – hari.  

 

Meskipun terjadinya penurunan pada penjualan sepeda, tetapi masih banyak jumlah pesepeda. Semakin banyak orang yang berani berolahraga di luar ruangan, salah satunya adalah sepeda. Bagi yang suka sepeda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Gowes. 

 

Baca Juga:

Bingung Ingin Bersepeda di Kota atau Pedesaan? Ketahui Perbedaannya!

7 Tips Travel untuk Kamu yang Ingin Bersepeda di Tengah Pandemi

 

Apa Itu Gowes

Arti dari gowes adalah aksi mengayuh sepeda dengan pedalnya. Katanya ini bukanlah kata yang ada di kamus, tetapi kata yang dikenal baik oleh masyarakat Indonesia, karena itu meskipun tidak ada di kamus, akan keluar translasi resmi di Google Translate. 

 

Aktivitas gowes banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia terutama saat akhir pekan untuk bergabung dengan teman, olahraga sendiri atau bahkan cara menghabiskan waktu dengan keluarga. Berikut ini adalah tipe – tipe goweser, yuk cari tahu kamu yang mana?

 

Baca Juga: 

Ketahui Apa Itu Sunmori dan 8 Manfaatnya!

Ingin Touring Sunmori? Yuk Lengkapi Dulu 16 Barang Ini!

8 Jenis Goweser

1. Goweser Sejati

Goweser sejati adalah tipe yang sudah bersepeda dari lama. Biasa goweser ini tidak ada masalah menempuh puluhan kilometer atau melakukan perjalanan jauh dengan bersepeda. Goweser tipe ini juga memiliki perlengkapan sepeda yang lengkap hingga baju sepeda yang lengkap.

 

2. Goweser Musiman

Ini adalah tipe goweser yang mengikuti tren dan hanya ikut – ikut saja. Apabila memiliki teman atau keluarga yang senang bersepeda maka mereka akan ikut, tetapi apabila tidak maka sepedanya tidak dikeluarkan. 

 

3. Goweser Family – Oriented

Goweser family oriented biasanya lebih ke menghabiskan waktu dengan keluarga, jadi mereka tidak bergabung dengan komunitas melainkan gowes dengan keluarga saja. Goweser tipe ini juga tidak menganggap sepeda sebagai hal yang serius melainkan hal yang bisa dilakukan bersama keluarga. Ada dua tipe goweser family oriented, yang pertama adalah keluarga Si Doel yang lebih heboh saat gowes, dan Keluarga Cemara yang gowes dengan kalem.

 

4. Goweser Atlet

Ini adalah goweser yang sangat fokus dimana kegiatan gowes mereka tidak untuk bersenang – senang mengayuh sepeda atau silaturahmi dengan komunitas. Goweser tipe ini mempunyai tujuan dan prestasi yang ingin dicapai dan biasanya aktivitas gowes mereka ditarget waktu, karena itu mereka tidak akan mampir untuk mengopi atau makan di sela – sela waktu gowes. 

 

5. Goweser Anak Komunitas

Goweser tipe ini merupakan salah satu goweser sejati yang juga memfokuskan diri ke komunitas, jadi tidak hanya peduli dengan sepeda. Mereka juga bisa mengotak – atik komponen sepeda agar meng – upgrade sepeda yang mereka miliki dan suka mengikuti tren sepeda seperti jenis sepeda.

 

6. Goweser Tukang Jajan

Nah, untuk goweser yang satu ini biasanya gak akan jauh – jauh dari tempat – tempat favorit orang jualan, contohnya seperti lokasi Car Free Day. Goweser ini biasanya bersepeda dengan tujuan mencari jajanan, karena itu biasanya membawa duit yang lebih saat gowes.

 

7. Goweser Influencer

Goweser tipe ini senang untuk membagikan aktivitasnya di media sosial dengan tujuan meningkatkan engagement akun mereka. Meski dilakukan untuk mempromosikan akun mereka, tapi hal ini juga membantu mempromosikan kegiatan bersepeda serta komunitas sepeda yang berpotensi bisa menimbulkan rasa ingin bersepeda pada orang lain.

 

8. Goweser Mekanik

Goweser tipe mekanik adalah pesepeda yang mengerti otomotif dari sepeda. Mereka bisa membongkar sepeda dan merakitnya kembali, melakukan hal ini dan belajar lebih lanjut mengenai sepeda bahkan menjadi kegemaran mereka. 

Dengan mempelajari hal ini mereka bisa meng – upgrade sepeda yang mereka miliki dan sering mengunjungi toko untuk mencari spare – part yang dibutuhkan untuk sepedanya. Tipe Goweser ini, saat membeli sepeda akan membeli yang harus dirakit dahulu daripada yang ready – made

 

Demikian penjelasan dari gowes dan tipe – tipe goweser. Tetap melindungi diri saat bersepeda dengan memakai helm, knee pad dan baju yang tepat, pastikan juga melindungi diri saat perjalanan dengan asuransi kecelakaan dari Super You dengan harga terjangkau yang bisa disesuaikan. 

Artikel Terkait