Harbolnas

Sudah memasuki bulan Desember nih, tidak sabar dengan perayaan harbolnas 2022! Yuk, ketahui keuntungan promo 12.12 yang bisa didapatkan!

Harbolnas

Apa itu Harbolnas?

apa itu harbolnas

Hari belanja nasional atau harbolnas adalah tanggal spesial yang ditunggu oleh semua orang karena merupakan hari yang penuh promo dan diskon bagi masyarakat yang gemar berbelanja secara online.

Harbolnas 2022 seperti setiap tahunnya, jatuh pada tanggal 12 Desember dan dimulai sebagai cara mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan dari berbelanja secara online serta aman dan nyaman untuk dilakukan kapan saja.

Sejak dimulainya promo 12.12 atau Harbolnas, setiap tahunnya perayaan ini secara rutin digelar hingga diikuti oleh banyak e – commerce dan jumlahnya meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2015 sendiri, Harbolnas diikuti oleh 140 toko online yang menawarkan diskon besar – besaran. Hingga saat ini, Harbolnas adalah acara e – commerce yang terbesar di ranah maya tanah air. 

Sejarah Promo 12.12 Harbolnas

Perayaan 12.12 Harbolnas merupakan pencetus dari lahirnya promo tanggal kembar di Indonesia, tetapi apa kamu tahu bahwa Hari Belanja Nasional memiliki hubungan dengan perayaan Hari Jomblo Sedunia?

Meski Hari Belanja Nasional dipelopori oleh Lazada pada 12 Desember, 2012, pemilihan tanggal 12.12 berasal dari promosi di kembar berasal dari perayaan Hari Jomblo Sedunia di Cina yang digunakan oleh CEO Alibaba, Daniel Zhang untuk peluang bisnis. Ia menciptakan promosi di Hari Jomblo untuk mendukung mereka yang tidak memiliki pasangan. 

Promosi ini menjadi sangat besar hingga dilanjutkan setiap tahun dan menyebar ke Indonesia pada tahun 2012 dengan promo 12.12 Lazada. Sekarang Harbolnas sudah dilakukan setiap tahun dan bahkan setiap bulan mendapatkan promosi tanggal kembarnya tersendiri. 

Baca Juga : Mau Belanja Malas Keluar? Ini 8 Aplikasi Belanja Online yang Bisa Kamu Coba!

Pentingnya Hari Belanja Nasional

Metode belanja secara online mungkin bukan sesuatu yang sering dilakukan sebelumnya, tetapi dengan kondisi lockdown akibat Pandemi Covid – 19 masyarakat mulai berpaling ke e – commerce

Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UKM mengatakan bahwa akibat pandemi Covid – 19, transaksi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di market place online meningkat hingga 26 persen. Transaksi per hari menjadi sebanyak 3,1 juta dengan pengiriman barang mengalami kenaikan sebanyak 35 persen. Teten menjelaskan bahwa UMKM yang terhubung dengan digitalisasi merupakan yang mampu bertahan goncangan ekonomi yang terjadi semasa pandemi.

Sejak awal pandemi terdapat sebanyak 21 juta konsumen digital baru yang melakukan migrasi dari belanja offline ke online. 72 persen dari konsumen yang belanja online bukan hanya dari kota metropolitan, tetapi juga merupakan konsumen yang berlokasi di luar daerah.

“Sejak awal pandemi ada migrasi konsumen offline ke digital. Ini juga ada kaitannya bukan hanya pandemi, tetapi juga di online itu banyak kemudahan dan banyak insentif juga.” Ujar Teten Masduki.

Harbolnas, sebagai pencetus keuntungan dari belanja online, mari ketahui lebih lanjut mengenai pentingnya belanja online.

  • Mendongkrak Daya Beli Masyarakat 

Dengan banyaknya promo yang didapatkan saat Harbolnas, masyarakat semakin yakin untuk berbelanja secara online. Hal ini khususnya bagi masyarakat dengan kelas menengah ke atas sehingga mereka cenderung akan lebih banyak melakukan transaksi pada hari hari tersebut seperti Harbolnas.

  • Mendorong Digitalisasi UMKM 

Dengan lebih banyak konsumen yang melakukan transaksi saat Harbolnas dan limitasi akibat pandemi, ini mendorong bisnis dan UMKM untuk beralih ke platform digital seperti media sosial, marketplace atau official website toko. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa banyak konsumen yang beralih ke transaksi online karena banyaknya promo yang tersedia serta transaksi digital menjadi salah satu metode transaksi yang lebih aman. 

  • Mendorong Daya Saing Produk Lokal

Platform online tidak hanya memberikan kesempatan untuk bersaing dengan produk lokal lainnya, tetapi juga dengan produk impor atau produk luar negeri. Dengan terbukanya pasar di ekosistem digital, secara otomatis juga mendorong para pebisnis lokal untuk meningkatkan daya saing mereka agar bisa bertahan.

Hal ini tidak hanya dari segi harga, tetapi juga dari segi kualitas karena dengan harga kompetitif yang dipasang di online serta promosi yang diberikan, kualitas juga harus bagus untuk bertahan.

  • Mendukung Pertumbuhan Ekonomi 

Berdasarkan riset Nielsen, di tahun 2019, hasil transaksi pada Harbolnas mencapai lebih dari Rp 9 triliun dan meningkat setiap tahunnya. Bisa dibandingkan dengan hasil transaksi Harbolnas pada tahun sebelumnya di tahun 2018 dimana transaksi mencapai Rp 6,8 triliun dengan transaksi produk lokal yang mencapai Rp 4,6 triliun. Tidak hanya Harbolnas membantu produk lokal, tetapi juga membantu mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Keuntungan Promo 12.12

Keuntungan Promo 12.12

Pada Hari Belanja Nasional, ada banyak keuntungan dan insentif yang bisa didapatkan. Dengan 12.12 Harbolnas semakin dekat, mari ketahui apa saja promo 12.12 yang bisa menjadi keuntungan saat berbelanja untuk Harbolnas 2022 ini!

  • Gratis Ongkir

Banyak platform e – commerce yang menyediakan promo gratis ongkir sehingga konsumen tidak perlu terbebani dengan biaya ongkos kirim dan bisa fokus dengan belanja sehingga bisa membeli barang – barang lebih hemat.

  • Cashback

Salah satu promo 12.12 yang umum juga adalah cashback, dimana setelah melakukan transaksi akan ada pengembalian dana dalam presentasi yang telah ditentukan oleh pihak toko atau penyelenggara cashback.

  • Flash Sale

Banyak juga platform e – commerce dan toko yang melakukan program Flash Sale, menawarkan produk dengan harga yang sangat murah dijangka waktu tertentu. 

  • Tidak Antri 

Karena transaksi dilakukan secara online maka tidak perlu untuk mengantri lama untuk membeli barang. Bahkan jika kehabisan barang, tidak seperti membeli offline, bisa memasang bel untuk memberitahu jika barang yang dicari sudah restock

  • Membantu Keterjangkauan

Belanja online membantu dengan keterjangkauan sehingga walaupun area rumah jauh dari toko atau bahkan berada di kota yang berbeda masih bisa membeli dari toko tersebut. 

  • Barang Diantar ke Rumah

Salah satu kelebihan dari berbelanja online adalah barang akan diantarkan ke rumah langsung ke depan pintu sehingga berbelanja online bisa membantu terutama yang tidak ingin keluar atau terlalu sibuk keluar untuk membeli barang tersebut. 

  • Metode Pembayaran 

Berbelanja online bisa mempermudah konsumen karena bisa memilih metode pembayaran yang tersedia serta mengetahui promosi apa yang ada dengan metode tersebut.

Baca Juga : Apa Arti Impulsif? Yuk, Ketahui Perilaku Impulsif dan Cara Menanganinya!

Tips Belanja di Hari Belanja Nasional 

Dengan banyaknya orang yang akan berbelanja saat Harbolnas, akan perlu beberapa tips yang bisa mempermudah belanja mu. Berikut adalah beberapa tips belanja untuk Harbolnas 2022 ini! 

  • Pastikan untuk Menyalakan Notifikasi 

Atur notifikasi di platform pilihan agar tidak ketinggalan jam – jam promosi atau segera mengetahui jika produk yang diinginkan sudah ada stok atau rilis.

  • Buat Daftar Belanjaan 

Untuk tidak kalah cepat saat promosi Harbolnas 2022 dimulai, pastikan untuk sudah membuat daftar belanjaan sebelum mulai. Hal ini bisa mencegah untuk kehilangan waktu memilih barang atau membuang terlalu banyak uang. Buat daftar belanjaan dan prioritaskan belanja sesuai dengan kebutuhan.

  • Memilih E – Commerce yang Cocok

Pastikan untuk memilih e – commerce yang cocok dengan promosi yang diinginkan dan gampang untuk digunakan.

  • Memastikan Kualitas Internet Bagus 

Dengan jumlah orang yang akan berbelanja saat Harbolnas 2022, pastikan untuk memiliki koneksi internet yang bagus dan stabil agar barang yang diinginkan tidak kehabisan.

super easy health

Menyambut Harbolnas 2022, Super You akan mengadakan Super Year End Party 12.12 berlangsung hanya 1 hari di tanggal 12 Desember, 2022. Promosi ini hanya berlaku untuk produk asuransi kesehatan, Super Easy Health Protection yang memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan. Khusus 12 Desember ini, pembelian Super Easy Health Protection akan mendapatkan special cashback 90%, lho! Jangan sampai ketinggalan keseruannya dan ketahui lebih lanjut di sini.