Harga mobil listrik di Indonesia

Dengan tingginya emisi karbon kendaraan, kendaraan listrik bisa menjadi alternatif ramah lingkungan. Tetapi, kamu pasti penasaran dengan merek dan harga mobil listrik di Indonesia, serta kelebihan dan kekurangannya.

Pengertian mobil listrik tidak jauh beda dari kendaraan lainnya, hanya saja energi yang digunakan sebagai bahan bakar berbeda. Mobil listrik menggunakan motor listrik untuk tenaga yang menggerakkan roda, bukan mesin pembakaran seperti pada konvensional. 

Nah, baterai mobil listrik yang terpasang pada kendaraan menjalankan kendaraan tersebut dan perlu diisi ulang secara eksternal di stasiun pengisian daya atau dengan listrik rumah. Mari intip harga mobil listrik di Indonesia dan jenisnya berikut ini!

Mobil Listrik di Indonesia

Bagaimana Sejarah Mobil Listrik Terjadi?

Apa itu Mobil Listrik

Tau nggak sih? Ternyata mobil listrik bukan inovasi baru loh. Awal dari sejarah mobil listrik dimulai pada abad ke-19. Di tahun 1832, Robert Anderson, seorang pria asal Skotlandia menciptakan mobil listrik pertama dengan sel Volta sebagai pengganti energi untuk menggerakkan mobilnya. Sayangnya, pada saat itu perkembangannya tidak signifikan.

Ternyata di abad ke-20 mobil listrik lebih populer, terutama di Amerika Serikat dan Eropa. Kepopuleran mobil listrik hingga memenuhi sepertiga kendaraan yang diproduksi di Amerika Serikat. Namun, dibandingkan mobil listrik, mobil bensin dengan harga lebih murah serta memiliki jangkauan yang jauh menjadi lebih terkenal sehingga penggunaan mobil listrik menurun.

Tren mobil listrik mulai naik lagi pada tahun 1960-an disertai dengan kekhawatiran akan polusi udara dan masalah konsumsi bahan bakar minyak. Kedepannya, pada tahun 1970-an semakin banyak merk mobil yang memproduksi mobil listrik, tetapi perkembangan mobil listrik pun sekali lagi terhenti pada tahun 1990-an karena program mobil listrik dibatalkan oleh produsen. 

Namun, mobil listrik terus berkembang di Eropa dan Asia, terutama di Jepang dan Korea. Saat ini semakin banyak merek yang mengeluarkan mobil listrik loh! Bahkan ada merek mobil listrik di Indonesia, salah satunya Tucuxi. 

Baca juga: Pahami 4 Jenis Perawatan di Salon Mobil!

Jenis-Jenis Mobil Listrik

Jenis Jenis Mobil Listrik

Jika membahas mobil listrik, kebanyakan yang di bayangan orang adalah charge di charging station, tetapi jenis mobil listrik terdapat lebih dari satu dengan sistem dan bahan energinya masing-masing. Mari ketahui pengertian mobil listrik dari setiap jenisnya.

  • Battery Electric Vehicle 

Battery Electric Vehicle (BEC) yang juga dikenal sebagai All-Electric Vehicle (AEV) merupakan mobil listrik yang sepenuhnya beroperasi dengan listrik di baterai. Cara kerja mobil listrik AEV dengan mengubah baterai DC ke AC untuk mengaktifkan motor. Sinyal akan diberikan ke control module melalui pedal akselerator, gunanya bisa menyesuaikan kecepatan kendaraan

  • Fuel Cell Electric Vehicle 

Selanjutnya, ada Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) yang merupakan kendaraan zero emission. Ini adalah mobil yang unik karena menggunakan hidrogen sebagai sumber energi penghasil listrik. Cara kerja mobil listrik jenis ini mirip dengan cara kerja AEV, perbedaannya adalah sistem FCEV yang bekerja mengkonversi energi kimia yang ada pada fuel cell ke listrik.

  • Hybrid Electric Vehicle

Jenis mobil listrik Hybrid Electric Vehicle (HEC), disebut juga mobil hybrid karena punya dua sistem penggerak, mesin pembakaran (ICE) dan motor traksi. Mobil listrik ini tidak memiliki charging port sehingga tidak bisa mengisi ulang baterai dari luar sistem.

  • Plug-In Hybrid Electric Vehicle 

Hampir sama dengan sebelumnya, jenis mobil listrik Plug in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) merupakan jenis mobil hybrid. Cara kerja mobil listrik ini dengan mesin pembakaran dan motor traksi listrik. Mobil ini bisa menggunakan energi fosil sebagai alternatif dan baterai.

Pahami Kelebihan Mobil Listrik

Kelebihan Mobil Listrik

Tidak kalah dari mobil konvensional, yuk ketahui apa saja kelebihan mobil listrik yang bisa didapatkan!

  • Ramah lingkungan 

Tentu saja, dengan tujuan pembuatan mobil listrik dan energi yang digunakan, maka akan semakin ramah lingkungan. Hal ini karena electric vehicle tidak menghasilkan emisi gas buang.

  • Perawatannya mudah

Karena memiliki komponen bergerak yang lebih sedikit dibandingkan mobil konvensional, perawatan mobil listrik juga menjadi semakin mudah. Namun, tetap perlu perawatan ya!

  • Lebih hemat 

Salah satu keuntungan menggunakan mobil listrik adalah menjadi lebih hemat karena dibandingkan dengan harga bensin, harga listrik jauh lebih murah dan perawatannya lebih mudah.

  • Perjalanan semakin mulus 

Semakin mulus berkendara karena mobil listrik tidak memiliki mesin pembakaran yang bergetar dan berisik, sehingga sistem gerak yang dimiliki oleh mobil listrik juga lebih tenang.

  • Nggak kena ganjil-genap 

Mobil listrik adalah salah satu kendaraan yang tidak dibatasi oleh peraturan lalu lintas ganjil-genap. Ini adalah bentuk subsidi mobil listrik yang diberikan oleh pemerintah agar penggunaan mobil listrik semakin banyak.

  • Pajak lebih murah 

Menggunakan mobil listrik justru membuat pajak semakin murah loh. Di DKI Jakarta, yang dilakukan pemerintah adalah membuat Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) gratis, serta PKB hanya perlu membayar 10 persen aja. Gimana, kamu tertarik?

asuransi jiwa

Bagaimana dengan Kelemahan Mobil Listrik?

Meski banyak kelebihannya, bukan berarti mobil listrik tidak memiliki kelemahan. Nah, berikut ini beberapa kekurangan dari mobil listrik.

  • Harganya yang mahal

Meski biaya operasional dari mobil listrik lebih murah dibandingkan mobil konvensional, masih banyak yang ragu untuk ganti karena harganya yang mahal. Harga mobil listrik di Indonesia biasanya mulai dari kisaran Rp200 juta.

  • Charging station kurang 

Tidak seperti pom bensin, saat ini charging station atau stasiun pengisian daya masih kurang banyak, sehingga sulit jika akan kehabisan energi di tengah jalan. 

  • Membutuhkan waktu lama untuk mengecas

Pada umumnya, pengisian baterai mobil listrik lebih lama dibandingkan mobil konvensional yang mengisi bahan bakar.

  • Jarak tempuh terbatas

Dengan daya tahan baterai mobil listrik yang terbatas, akan sulit jika ingin melakukan perjalanan jarak jauh. Saat ini sulit untuk mobil listrik menyaingi mobil konvensional untuk melakukan perjalanan jauh karena jarak tempuh yang terbatas.

Daftar Merek dan Harga Mobil Listrik di Indonesia

Daftar Merek dan Harga Mobil Listrik di Indonesia

Sebagai bahan pertimbangan kamu, yuk intip beberapa merek dan harga mobil listrik di Indonesia!

  • Wuling Air Ev

Wuling Air Ev ternyata salah satu mobil listrik termurah di Indonesia. Varian standard range dijual dengan harga Rp238 juta, sementara varian long range dijual dengan harga Rp295 juta. Meski begitu, Wuling Air Ev punya desain yang unik dan kekinian dengan kecepatan yang nggak kaleng-kaleng.

Wuling Air Ev sangat cocok untuk penggunaan di dalam kota. Kecepatan varian standard range mencapai 200km. Selain itu, kedua varian mobil ini sudah dilengkapi fitur electronic stability control, electric parking brake, serta memiliki daya baterai maksimal 30kWh.

  • DFSK Gelora Electric

DFSK Gelora Electric merupakan mobil listrik komersial pertama di Indonesia. Mobil listrik satu ini mengeluarkan dua tipe, yaitu minibus dan blind van. Untuk tipe minibus dapat menampung hingga sebelas orang yang sangat cocok untuk kendaraan antar jemput. Tipe ini dibanderol dengan harga Rp185 juta.

Sedangkan, tipe blind van mulai Rp175 juta sangat cocok dijadikan kendaraan logistik. Mobil listrik satu ini dapat menunjang bisnis kamu lho. Dan nggak kalah canggih, sudah dilengkapi foglamp dan electronic power steering untuk meningkatkan visibilitas berkendara.

  • Nissan Leaf

Meskipun mobil listrik buatan Jepang, Nissan Leaf punya performa yang unggul. Mobil listrik ini dibekali baterai sebesar 40 kWh sehingga mampu menempuh jarak sejauh 311km dalam sekali pengisian daya aja. Pengemudi juga dapat menambah atau mengurangi tekanan pedas gas hanya menggunakan satu pedal.

Nissan Leaf juga memiliki fitur keamanan mulai dari intelligent trace control, anti-lock braking system, hingga hill start assist. Nah, dari sisi kenyaman, mobil ini dsudah dilengkapi dengan touch screen yang terkoneksi dengan bluetooth, Apple Carplay, dan Android Auto. Wah, sangat pas untuk harga Rp730 jutaan, guys!

  • Hyundai Kona Electric

Hyundai kona electric adalah mobil listrik hyundai pertama yang sangat laris di Indonesia. Hyundai kona electric memiliki ground clearance 158mm dengan dimensi 4180mm L x 1800mm W x 1570mm H. Kapasitas baterai hyundai kona electric ini adalah 39,2 kWh dengan jarak tempuh 305km. 

Mobil berjenis SUV ini hanya memiliki satu varian dengan harga jual Rp742 juta. Meskipun begitu, pengisian daya baterainya nggak sampai satu jam lho. Mobil ini juga dinilai new user friendly, berkat teknologi shift by wire dan regenerative braking. Nggak salah sih dibilang kecil-kecil cabe rawit!

  • Hyundai Ioniq 5

Hyundai Ioniq 5 merupakan mobil listrik pertama yang dibuat sepenuhnya di Indonesia lho. Hyundai Ioniq 5 memiliki empat varian yang dibanderol mulai Rp728 juta hingga Rp859 juta. Sebanding dengan harganya, mobil listrik ini mampu mengisi daya mencapai 80 persen hanya dalam waktu 18 menit. 

Selain itu, kita juga nggak usah khawatir kalau alat-alat elektronik seperti handphone kehabisan baterai. Tanpa mengurangi prioritas keselamatan pengemudi, fitur indoor V2L tersebut terletak di bawah kursi baris kedua. Dengan begitu, perjalanan kita tetap aman dan nyaman deh!

  • MINI Electric

Mobil premium seperti MINI juga mengeluarkan mobil elektrik yang dijual dengan harga Rp945 juta. Wow, ini merupakan salah satu harga mobil listrik termahal di Indonesia! Nggak heran lagi kalau mobil listrik satu ini punya beberapa kelebihan dibandingkan jenis mobil listrik lainnya.

Desain eksterior mobil MINI Electric lebih ekspresif, namun tetap terlihat elegan. Apalagi interior dalamnya yang sangat sporty dan mewah. Hal ini juga didukung oleh layar panel instrumen yang menampilkan banyak sekali informasi mengenai mode mengemudi yang bisa dipilih. Ditambah sistem navigasinya yang canggih.

  • Toyota Bz4X

Di atas harga MINI Electric, ternyata masih ada yang lebih mahal lagi, yaitu toyota Bz4X, mobil listrik pertama Toyota yang diluncurkan di Indonesia seharga Rp1,19 miliar. Toyota Bz4X ini mempunyai kapasitas baterai sekitar 71,4 kWh dengan jarak tempuh 500 km untuk sekali pengecasan.

Selain itu, salah satu yang paling diungguli dari mobil listrik satu ini adalah fitur advanced park, membuat mobil bisa mencari lahan parkir dengan bantuan sonar parkir. Kemudian, mobil akan melakukan parkir secara otomatis, baik parkir mundur maupun parkir paralel dengan cukup menekan satu tombol aja lho.

  • Lexus UX 300e

Lexus UX 300e adalah mobil listrik dengan jenis crossover yang memiliki ground clearance 140mm cocok buat kamu yang ingin memiliki mobil yang tinggi dan bisa masuk di segala medan. Lexus UX 300e ini dibanderol dengan harga Rp1,24 miliar.

Selain itu, AC Well Charger dapat dipasang di mana pun sesuai keinginan. Dan yang paling penting, mobil listrik ini sudah dilengkapi empat fitur teknologi active safety, yaitu efisiensi dalam mengontrol kemudi sehingga mengurangi potensi dan dampak kecelakaan.

  • BMW iX xDrive40

BMW iX ini adalah mobil listrik premium yang dirancang dengan interior yang mewah serta modern. Baterai dari BMW iX memiliki energi lebih dari 70 kWh dengan jarak tempuh hingga 420 km. BMW iX xDrive40 ini dibanderol dengan harga Rp2,5 miliar. 

Meski memiliki body yang bongsor, mobil listrik satu ini dapat berakselerasi dari kecepatan 0-100 km/jam dalam waktu 6,1 detik aja. Untuk pengisian daya hingga 80 persen membutuhkan waktu 40 menit.

  • BMW i4 eDrive40

BMW i4 adalah mobil listrik yang lahir berbarengan dengan BMW iX memiliki tenaga motor listrik 340 HP dengan jarak tempuh hingga 580 km. BMW i4 eDrive40 ini dibanderol dengan harga Rp.2,2 miliar sehingga kata yang tepat menggambarkan mobil ini adalah mewah, nyaman, dan ramah lingkungan.

Pada mobil listrik BMW tipe ini menawarkan sentuhan sporty dalam mobil sedan mewah. Selain itu, fitur-fitur unggulannya adalah Active Cruise Control and Go Function, Speed Limit Assist, serta Driving Assistance yang dilengkapi kamera depan, radar depan, dan radar samping.  

  • Mercedes Benz EQE 350+ Electric Art Line

Tak hanya BMW, Mercedes-Benz juga ikut meramaikan pasar mobil listrik di indonesia, yaitu Mercedes-Benz EQE 350+ Electric Art Line seharga Rp2.2 miliar. Mercedes-Benz EQE 350+ Electric Art Line adalah mobil listrik yang kelasnya setara dengan E-Class milik mercedes. Mercedes-Benz EQE 350+ Electric Art Line memiliki jarak tempuh hingga 673 km. 

  • Mercedes-Benz EQS 450+ Electric Art Line

Mercedes-Benz EQS 450+ Electric Art Line adalah mobil listrik dari mercedes yang setara dengan S-Class. Mobil ini memiliki kapasitas baterai 107,8 kWh. Jarak tempuh Mercedes-Benz EQS 450+ Electric Art Line ini bisa mencapai 770 km untuk sekali pengecasan. Harga Mercedes-Benz EQS 450+ Electric Art Line dibanderol Rp.2,9 miliar.

  • Mercedes Benz EQE 350+ Electric Art Line

Tak hanya BMW, Mercedes-Benz juga ikut meramaikan pasar mobil listrik di indonesia yaitu Mercedes-Benz EQE 350+ Electric Art Line. Mercedes-Benz EQE 350+ Electric Art Line adalah mobil listrik yang kelasnya setara dengan E-Class milik mercedes. Mercedes-Benz EQE 350+ Electric Art Line memiliki jarak tempuh hingga 673 km. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp2.2 miliar.

Baca juga: Kemahalan? Ini 20 Rekomendasi Mobil Konvensional 100 Jutaan!

CTA banner mantap jiwa

Nah, itulah harga mobil listrik di Indonesia, serta mengetahui kelebihan dan kelemahannya. Pastikan juga untuk selalu memberikan perlindungan jiwa dan raga dengan Super Life Protection dari Super You, mulai Rp33.000 aja per bulan. Yuk, cek premi kamu sekarang!

Artikel Terkait