hari guru nasional

Hari Guru Nasional merupakan hari apresiasi unjuk rasa kepada para guru dan tenaga kependidikan atas prestasi dan kinerja yang telah dilakukan ke peserta didik. Hari apresiasi untuk para guru ini memiliki makna sebagai hari yang menunjukkan penghormatan dan penghargaan kepada para guru untuk berterima kasih telah mengajar dan membimbing siswa.

Peran para guru tidak hanya memberikan siswa pemahaman mengenai materi pelajaran tetapi juga menjadi contoh teladan bagi siswa, membimbing dan mendidik mereka agar menjadi individu yang lebih baik. Dengan besarnya pengaruh para guru dalam hidup siswa, mari rayakan Hari Guru Nasional 2022 dan pelajari sejarah di belakang Hari Guru Nasional!

Sejarah Hari Guru Nasional 

Hari Guru Nasional ditetapkan secara resmi pada tanggal 25 November 1994 melalui Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1995 oleh Presiden Soeharto. Namun, bagaimana asal mula dari sejarah Hari Guru Nasional? 

Meski secara resmi 25 November 1994 adalah Hari Guru Nasional mulai dirayakan, sejarahnya sudah dimulai sejak tahun 1851 dengan pendirian Sekolah Guru Negeri di Surakarta yang sebelumnya bernama Normal Cursus. Fokus dari sekolah ini adalah untuk melatih dan mempersiapkan para pelajar menjadi guru – guru sekolah di desa – desa. 

Kemudian pada masa penjajahan Jepang, terbentuk sebuah organisasi yang bernama ‘Guru’ pada tahun 1943 di Jakarta oleh Amin Singgih dan kawan – kawan. Tujuan dari mendirikan organisasi ‘Guru’ adalah memberikan teladan nyata dan menunjukkan bahwa para guru di Indonesia tetap menempuh kesatuan nasional.

Pada masa penjajahan Jepang, setiap guru di Kabupaten dan daerah mengikuti pelatihan guru di Jakarta yang diselenggarakan oleh Jepang. Berikut adalah bahan pokok yang didapatkan dari pelatihan tersebut:

  1. Indoktrinasi ideologi Hakko I – Chiu.
  2. Melaksanakan latihan kemiliteran dan semangat Jepang (Nippon Seishin).
  3. Mempelajari bahasa Jepang dan adat istiadat Jepang.
  4. Ilmu bumi ditinjau dari segi geopolitik.
  5. Olahraga.
  6. Mempelajari lagu – lagu dan nyanyian Jepang.

Setelah Indonesia menjadi negara merdeka, kemerdekaan menjadi modal utama dalam perjuangan dan jati diri para guru di Indonesia. Dengan semangat merdeka para guru mengadakan Kongres Pendidik Bangsa di Sekolah Guru Puteri di Surakarta, Jawa Tengah yang dipimpin oleh Amin Singgih, Rh. Koesnan dan banyak tokoh pendidikan lainnya.

Kongres tersebut berlangsung dari tanggal 24 – 25 November 1945 dan melahirkan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang menjadi wadah bagi para guru untuk berjuang dan turut serta dalam menegakkan dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.  

Berikut ini adalah tiga tujuan mulia PGRI yang telah dirumuskan saat Kongres Pertama PGRI:

  1. Mempertahankan dan menyempurnakan Republik Indonesia.
  2. Mempertinggi tingkat pendidikan dan pengajaran dengan dasar kerakyatan.
  3. Membela hak dan nasib buruh umumnya, serta hak dan nasib guru khususnya.

PGRI menjadi organisasi pelopor dan pejuang dengan tujuan yang mengacu pada pola dan tata kehidupan bangsa berdasarkan UUD 1945 agar tidak terlepas dari jiwa dan semangat proklamasi kemerdekaan. 

Baca Juga: Apa yang Dimaksud Hybrid Learning? Yuk, Kita Bahas

Hari Guru Nasional 2022

Seperti setiap tahun sebelumnya, tahun ini juga merayakan Hari Guru Nasional yang bertepatan pada tanggal 25 November. Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2022, Kemendikbud telah menyampaikan peringatan Hari Guru Nasional dan akan melakukan upacara yang akan diselenggarakan di hari Jumat, 25 November 2022. Mari ketahui lebih lanjut mengenai Hari Guru Nasional 2022 ini.

  • Tema Hari Guru Nasional 2022

Peringatan Hari Guru Nasional tahun ini memiliki tema “Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar”. 

  • Logo Hari Guru Nasional 2022

Logo yang digunakan untuk Hari Guru Nasional 2022 merupakan karya Teguh Prasongko  E. Logo ini telah digunakan sejak tahun 2020 dan menggambarkan bahwa meski sedang dalam kondisi pandemi, semangat belajar masih menyala.

Beberapa elemen yang bisa dilihat dari logonya adalah 4 orang yang menggambarkan guru dan murid – muridnya yang sedang menggunakan masker. Warna yang digunakan untuk logonya memberikan kesan ceria meskipun situasi menggambarkan pembelajaran jarak jauh atau PJJ. 

Ada juga beberapa simbol yang sering dilihat saat masa pandemi ini seperti simbol wifi, ikon laptop, handphone dan aplikasi telekonferensi untuk membantu kegiatan belajar dan mengajar selama masa pandemi. 

Logo keseluruhan membentuk hati untuk menggambarkan komponen pendidikan yakni guru, murid hingga orang tua yang bersinergi untuk menciptakan semangat belajar yang merdeka dipenuhi cinta guna sehingga bisa memberikan yang terbaik bagi pendidikan di Indonesia.

  • Waktu dan Tempat Upacara Hari Guru Nasional 2022

Upacara Hari Guru Nasional 2022 yang akan diselenggarakan oleh Kemendikbud. Berikut adalah detail waktu dan tempat dari upacara tersebut:

  • Hari & Tanggal: Jumat. 25 November 2022
  • Pukul: 08.00 WIB
  • Tempat: Halaman kantor atau tempat yang sudah disepakati oleh panitia setempat
  • Aturan Pakaian Upacara Hari Guru Nasional 2022

Berikut adalah aturan pakaian atau dress code yang harus digunakan saat pelaksanaan upacara Hari Guru Nasional:

  • Bagi tamu undangan pejabat, undangan pria dan wanita, guru diminta untuk mengenakan pakaian adat tradisional yang sesuai dengan norma.
  • Bagi tamu undangan organisasi profesi diminta untuk mengenakan pakaian seragam organisasi.
  • Bagi barisan pegawai diminta untuk mengenakan pakaian adat tradisional sesuai dengan norma kepantasan. 
  • Susunan Acara Upacara Hari Guru Nasional 2022

Berikut ini adalah susunan upacara dari perayaan Hari Guru Nasional 2022 yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 November 2022.

  1. Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara
  1. Pembina upacara sampai di tempat upacara
  2. Melakukan penghormatan kepada Pembina upacara
  3. Laporan pemimpin upacara
  4. Mengibarkan bendera Merah Putih sambil diiringi lagu Indonesia Raya
  5. Mengheningkan cipta yang akan dipimpin oleh pembina upacara
  6. Pembacaan teks Pancasila diikuti oleh semua peserta upacara
  7. Pembacaan naskah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945
  8. Penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lancana Pendidikan 

Baca Juga: Dana Terbatas? Ini 5 Cara Cari Uang untuk Mahasiswa

Ucapan Selamat Hari Guru Nasional

Selain mengapresiasi guru dengan upacara, berikut adalah beberapa ucapan hari guru nasional 2022 yang bisa diutarakan kepada guru terfavorit!

  • Selamat Hari Guru Nasional 2022! Pengabdian Sejati, Bergerak dengan Hati.
  • Selamat Hari Guru Nasional. Bangkit Guruku, Maju Negeriku. Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.
  • Selamat Hari Guru Nasional. Terima kasih guruku!
  • Selamat Hari Guru! Guruku pintar, guruku hebat.
  • Selamat Hari Guru 2022. Guruku Inspirasi dan Teladanku!
  • Selamat Hari Guru Nasional 25 November. Guru Peduli, Cerdaskan Anak Negeri.
  • Selamat Hari Guru Nasiona 2022! Serentar Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar.
  • Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, selamat Hari Guru Nasional 2022.
  • Terima kasih sudah membantuku bertumbuh, selamat Hari Guru Nasional 2022 guruku.
  • Selamat Hari Guru Nasional 2022, tanpa jasamu, murid – murid akan tersesat. Terima kasih sudah membimbing kami. 

Mari hargai dan apresiasi upaya para guru di Hari Guru Nasional ini. Sudah menjadi tugas guru untuk mengedukasi dan membimbing siswa, tetapi penting juga untuk memberikan mereka penghormatan atas segala didikan yang diberikan. 

super spekta day talkshow

Meski peran guru dalam mengembangkan masyarakat Indonesia besar, gaji guru di Indonesia masih tergolong rendah dengan gaji PPPK terendah Rp1.794.900 – Rp2.686.200 dan tertinggi Rp4.132.200 – Rp6.786.500 belum termasuk berbagai tunjangan lainnya. Memiliki asuransi bisa membantu para guru tenang dan tidak perlu memikirkan risiko finansial, seperti asuransi kesehatan yang bisa meringankan risiko finansial dari biaya pengobatan. Super Easy Health dari Super You bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh hanya dengan Rp135.000 per bulan, lho!