hari jomblo sedunia

Hari jomblo sedunia yang juga dikenal sebagai World Single Day merupakan hari yang dirayakan di China oleh para lajang atau yang tidak memiliki pasangan setiap tahunnya. Perayaan single day dirayakan dengan cara memanjakan diri sendiri seperti membeli barang yang diinginkan sebagai hadiah ke diri sendiri. Namun, bagaimana awal dari hari perayaan untuk orang – orang yang tidak memiliki pasangan ini terjadi? Yuk, ketahui di artikel ini sejarah dari hari jomblo sedunia.

Awal Mula dari Hari Jomblo Sedunia

Awal Mula dari Hari Jomblo Sedunia

Kapan Hari Jomblo Sedunia bermula? Hari Jomblo Sedunia atau World Single Day dirayakan setiap tahun pada tanggal 11 November atau 11.11 yang sudah dimulai sejak tahun 1993 hingga saat ini. Perayaan World Single Day ini pertama kali dirayakan oleh para mahasiswa Universitas Nanjing untuk merayakan kelajangan mereka. 

11 November adalah tanggal berapa Hari Jomblo Sedunia dirayakan dan spesifikasi dipilihnya 11.11 untuk merayakan World Single Day adalah karena jika dijadikan nomor maka akan menyerupai 4 batang kayu yang telanjang. Mengapa 4 batang kayu yang telanjang? Karena pencetus dari Hari Jomblo Sedunia diwakili oleh 4 orang lajang. 

Hari Jomblo Sedunia dimulai dari 4 orang lajang yang merayakan kelajangan mereka pada tanggal 11 November dan ide dari perayaan kelajangan mereka menyebar ke berbagai universitas hingga perayaang Single Day menjadi budaya menjadi sesuatu yang dirayakan oleh pria dan wanita. 

Baca Juga: Mau Belanja Malas Keluar? Ini 8 Aplikasi Belanja Online yang Bisa Kamu Coba!

Cara Merayakan Hari Jomblo Sedunia 

Banyak orang yang sedih saat tidak memiliki pasangan atau melajang, tetapi aslinya tidak memiliki pasangan bukanlah hal yang perlu dijadikan kesedihan. Dengan tidak memiliki pasangan seseorang bisa mengevaluasi diri mereka dan belajar untuk lebih mencintai diri sendiri dan fokus untuk menjaga diri sendiri sebelum menemukan seseorang di masa yang mendatang. 

Terdapat banyak cara untuk merayakan Hari Jomblo Sedunia selain dengan kesedihan. Yuk, ketahui bagaimana cara perayaan World Single Day dipenuhi dengan kebahagiaan, keseruan dan tawa dengan mengetahui bagaimana cara masyarakat di China merayakan status kelajangan mereka!

  1. Salah satu cara menikmati Hari Jomblo Sedunia adalah dengan memanjakan diri dengan berbelanja dan memberikannya sebagai kado kepada diri sendiri.
  2. Hari Jomblo Sedunia juga bisa dirayakan dengan mengadakan pesta makan malam dengan para lajang lainnya.
  3. Tetap positif saat merayakan Hari Jomblo Sedunia, bisa dilakukan dengan mencari teman baru melalui situs kencan. 
  4. Bangga dengan status kelajangan mereka, banyak masyarakat di China yang merayakan Hari Jomblo Sedunia dan menggunakan tanda pagar (tagar) Singlesday atau #SinglesDay di media sosial.
  5. Menghibur diri saat merayakan Hari Jomblo Sedunia bisa dengan mencari hiburan seperti menikmati makanan yang lezat atau dengan menonton film.
  6. Hari Jomblo Sedunia bisa dijadikan motivasi untuk meningkatkan diri. Hal ini bisa dilakukan dengan berolahraga saat tanggal berapa Hari Jomblo Sedunia dirayakan. 
  7. Selain itu, perayaan Hari Jomblo Sedunia juga bisa dengan memborong diskon yang disediakan di berbagai situs online.

Hari Jomblo Sedunia Sebagai Perayaan Tanggal Kembar untuk Berbelanja Online

Menjadikan Hari Jomblo Sedunia sebagai promosi tanggal kembar di situs belanja online pertama kali dilakukan pada tahun 2009 oleh Alibaba, perusahaan China yang memiliki spesialisasi di bidang e – commerce, ritel, Internet, artificial intelligence dan teknologi.

Di tahun 2009 Alibaba memiliki ide untuk memanfaatkan Hari Jomblo Sedunia sebagai kesempatan mendapatkan keuntungan dari para lajang. Kesempatan ini diadakan dengan menggelar diskon besar – besaran sehingga mereka bisa berbelanja untuk diri sendiri. Pertama kali diuji coba oleh Alibaba adalah tengah malam pada tanggal 11 November 2009 dan hanya akan berlaku selama 24 jam. 

Diskon Hari Jomblo Sedunia sukses besar dan mereka menghasilkan sekitar 7 Juta dollar, dikutip dari Vox. Sejak saat itu perayaan Hari Jomblo Sedunia di situs belanja online menjadi sesuatu yang dilakukan setiap tahunnya dan sesuatu yang ditunggu – tunggu. 

Promo Tanggal Kembar di Indonesia

Dengan suksesnya promo Hari Jomblo Sedunia, banyak juga situs belanja online yang ingin menggunakan sistem tanggal kembar seperti 11.11. Penggunaan tanggal kembar untuk situs belanja online di Indonesia pertama kali dilakukan oleh LAZADA pada tanggal 12 Desember 2012 untuk merayakan Hari Belanja Nasional atau HarBolNas dan kemudian berlangsung hingga saat ini. 

super spektaday

Nah, itulah sejarah dari Hari Jomblo Sedunia dan pengaruh perayaan hari lajang ini kepada budaya belanja online. Super You juga ingin memberikan dukungan kepada masyarakat terutama dalam bentuk kesehatan di tanggal 11 November 2022 sebagai perayaan #SuperSp3ktaday. Akan ada promo cashback 90% untuk pembelian produk asuransi kesehatan Super Easy Health. Promo SuperSp3ktaday 11.11 hanya akan berlaku di tanggal 11 November 2022 dengan cara memasukan kode promo SUPERSP3KTADAY11.11, lho. Mudah kan!

Artikel Terkait