hari kesaktian pancasila

Pancasila telah diakui sebagai dasar Negara Republik Indonesia, yang pada hakekatnya merupakan suatu jalan dan dasar falsafah hidup bagi bangsa Indonesia. Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober, tepat setelah peristiwa G30S PKI. 

Setiap tahun, bangsa Indonesia memperingati peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Di tahun 2022 ini, Hari Kesaktian Pancasila jatuh tepat pada hari Sabtu. Meskipun notabennya hari Sabtu adalah weekend, tapi kita semua tetap harus memeriahkan peringatan Hari Kesaktian Pancasila, ya! 

Ada banyak kok bentuk perayaan yang bisa kalian lakukan, salah satunya adalah dengan mengenal sejarah dan makna Hari Kesaktian Pancasila. Buat kalian yang belum tahu sejarah lengkapnya, yuk cek artikel ini!

Mengenal Sejarah Hari Kesaktian Pancasila

Mengenal Sejarah Hari Kesaktian Pancasila

Setelah sebelumnya kalian sudah tahu kapan Hari Kesaktian Pancasila diperingati, sekarang saatnya mengenal sejarah Hari Kesaktian Pancasila.

Pancasila sebagai dasar negara memiliki sejarah perkembangan yang cukup Panjang. Pada awal perumusannya, Pancasila diusulkan oleh beberapa tokoh, di antaranya M. Yamin, dr. Soepomo, Ir.Soekarno dan banyak tokoh lainnya.

Dalam proses pembuatannya Pancasila mendapat banyak usulan dan perubahan, hingga kemudian dilanjutkan dengan pembentukan panitia 9 yang dalam salah satu tugasnya adalah merumuskan dasar negara melalui Piagam Jakarta. 

Dalam sejarah lahirnya Hari Kesaktian Pancasila, peristiwa G30S PKI yang terjadi pada 30 September- 1 Oktober dini hari memiliki hubungan yang erat. Hingga kini peristiwa tersebut masih menjadi perdebatan tentang siapa dalang dibalik penyerangan terhadap 6 jenderal dan satu kapten Angkatan darat pada saat itu.

Peristiwa G30S PKI pada saat itu dikenal sebagai pemberontak serta perebutan kekuasaan yang dipimpin oleh Partai Komunis Indonesia (PKI). Peristiwa tersebut merupakan percobaan kudeta untuk menggulingkan pemerintahan Soekarno. Beberapa ahli sejarah juga menyebutkan bahwa peristiwa tersebut merupakan usaha yang dilakukan PKI untuk mengubah Pancasila menjadi ideologi komunis.

Sebelum peristiwa tersebut, PKI sudah mendominasi Indonesia di bidang politik. Dilansir dari jurnal Historia, menyebutkan bahwa partai komunis mau menerima ideologis negara Indonesia dan tunduk pada ketentuan pemerintah hanya untuk mendapatkan hak hidup. Kemudian saat PKI sudah mendominasi politik nasional pernyataan tersebut tidak diperlukan lagi, dan yang terpenting bahwa kebijakan pemerintah tidak merugikan PKI.

Untuk mengenang peristiwa dalam sejarah yang hampir mengancam keberadaan Pancasila, maka pada masa pemerintahan orde baru dikeluarkan Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat tanggal 17 September 1966 (Kep 977/9/1966) yang menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Sejak saat itulah, Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober.

Baca Juga : Mengenal Peristiwa G30S/PKI dalam Sejarah Bangsa Indonesia

Tujuan Diperingatinya Hari Kesaktian Pancasila

Selain untuk mengingat peristiwa G30S PKI, peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga memiliki tujuan lain, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pengingat Bahwa Pancasila Harus Diperjuangkan

Sebagai ideologi bangsa Indonesia, Pancasila memiliki kedudukan dan fungsi yang sangat penting. Pancasila berperan penting dalam nilai-nilai kehidupan masyarakat Indonesia karena Pancasila lahir bersamaan dengan lahirnya bangsa Indonesia.

2. Pengingat Bahwa Pancasila Mencerminkan Kepribadian Bangsa Indonesia

Pancasila menjadi pembeda bangsa Indonesia dengan negara lain, yaitu sikap dan perilaku bangsa Indonesia yang tercerminkan dalam nilai-nilai Pancasila.

3. Pengingat Bahwa Pancasila adalah Dasar Negara Indonesia

Pancasila sebagai dasar untuk mengatur tatanan kehidupan bangsa Indonesia beserta semua pelaksanaan sistem ketatanegaraan bangsa Indonesia.

4. Pengingat Bahwa Pancasila adalah Sumber Hukum Negara Indonesia

Kehidupan negara Indonesia berlandaskan Pancasila, hal tersebut dikarenakan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila berasal dari tata nilai serta budaya bangsa Indonesia dan hukum yang berlaku.

5. Pengingat Bahwa Pancasila sebagai warisan Perjanjian Luhur Pendiri bangsa Indonesia

Pancasila merupakan bentuk perjanjian luhur yang disepakati oleh para pendiri bangsa Indonesia untuk menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia.

Memperingati Hari Kesaktian Pancasila juga tidak hanya dengan mengadakan kegiatan simbolis saja, yang terpenting adalah untuk mengenal sejarah Hari Kesaktian Pancasila, memahami makna Hari Kesaktian Pancasila, dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga : Sejarah Supersemar: Isi dan Fakta Menariknya

Makna yang Bisa Didapat dari Hari Kesaktian Pancasila

Mengenal sejarah Hari Kesaktian Pancasila saja belum cukup, kalian perlu memahami makna yang terkandung di dalamnya. Hari Kesaktian Pancasila memiliki makna yang luhur dan mendalam bagi bangsa Indonesia untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme bangsa Indonesia, berikut merupakan makna Hari Kesaktian Pancasila yang harus kamu tahu.

1. Memperteguh Nilai Pancasila sebagai Dasar Negara

Hari Kesaktian Pancasila diperingati sebagai pengingat bahwa bangsa Indonesia memiliki sejarah yang kelam untuk mempertahankan Pancasila.

2. Sebagai Wujud Bela Sungkawa

Dalam upacara Hari Kesaktian Pancasila bendera dikibarkan setengah tiang untuk mengenang para korban pada peristiwa G30S/PKI.

3. Sebagai Semangat untuk Membangun Jati Diri Bangsa

Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dikehidupan sehari-hari, baik dari sisi pertahanan, keamanan maupun politik merupakan jati diri bangsa Indonesia.

Baca Juga : Ketahui Slogan Kemerdekaan dari HUT RI ke – 77!

Ucapan Hari Kesaktian Pancasila 2022

Untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kamu dapat menggunakan ucapan-ucapan di bawah ini:

1. Selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022. Pancasila merupakan dasar penguatan karakter bangsa menuju Indonesia maju dan bahagia.

2. Mari kokohkan persatuan dan kesatuan kita untuk mewujudkan Indonesia yang berkarakter. Selamat Hari Kesaktian Pancasila 2022!

3. Selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022. Semoga kita semua menjadi warga negara yang mampu menjaga dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila.

4. Saatnya bangkit, terus maju, serta menjadi pemuda bangsa Indonesia yang tangguh. Selamat Hari Kesaktian Pancasila 2022.

5. Selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2022.  Mari jalin persatuan dan hormati perbedaan.

6. Jadilah pemuda tangguh dan selalu menebar manfaat. Selamat Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022.

7. Jadikan perbedaan sebagai kekuatan bangsa. Selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022.

8. Jadikan keanekaragaman untuk memperkuat bangsa. Selamat Hari Kesaktian Pancasila 1 oktober 2022.

9. Mari bersama-sama mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila. Selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022.

10. Mari berjuang bersama untuk Indonesia yang adil dan sejahtera. Selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022.

11. Pancasila lahir sebagai simbol negara untuk mempersatukan keberagaman yang ada. Selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022.

Kamu juga dapat menggunakan beberapa kutipan menarik yang berhubungan dengan Pancasila dari beberapa tokoh nasional:

  • “Saya menamai Pancasila dengan petunjuk seseorang teman ahli bahasa, namanya ialah pancasila. Sila artinya azas atau dasar dan di atas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi” (Ir. Soekarno).
  • Aku tidak mengatakan, bahwa aku menciptakan Pancasila. Apa yang kukerjakan hanyalah menggali jauh ke dalam bumi kami, tradisi-tradisi kami sendiri, dan aku menemukan lima butir mutiara yang indah.” (Ir. Soekarno).
  • “Kita tidak boleh berhenti bekerja untuk menghadirkan Pancasila” (Joko Widodo).
  • “Pancasila bukan agama, tidak bertentangan dengan agama dan tidak digunakan untuk menggantikan kedudukan agama” (KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur).
  • “Agama dan nasionalisme adalah dua kutub yang tidak berseberangan. Nasionalisme adalah bagian dari dari agama dan kedudukannya saling menguatkan” (K.H, Hasyim Asy’ari).

super easy health

Demikian merupakan sejarah singkat serta makna Hari Kesaktian Pancasila. Sebagai Falsafah hidup, Pancasila mengandung dasar-dasar nilai kehidupan. Nilai-nilai tersebut merupakan hal penting untuk mempertahankan kehidupan bangsa Indonesia di tengah gempuran pengaruh dari bangsa lain.

Artikel Terkait