ide-liburan-keluarga

Akhir bulan Mei sudah mendekati waktu libur sekolah anak, sudah merencanakan akan pergi kemana belum? Liburan keluarga tidak perlu ribet, lho! Bisa dilakukan dengan mudah bagi orang tua dan seru bagi sang anak! Berikut adalah beberapa ide destinasi liburan anti – ribet yang bisa dilakukan saat waktu libur sekolah anak tahun ini!

 

1. Staycation

Sejak pandemi, liburan bertema staycation semakin populer agar tetap healing dan tetap melakukan prokes. Meskipun situasi pandemic sudah membaik, liburan bertema staycation bisa menjadi hal yang tepat bagi keluarga yang aktif. Berikut ini adalah beberapa destinasi staycation yang ramah anak – anak!

  • Amaryllis Boutique Resort

Resort ini memiliki berbagai fasilitas yang cocok untuk liburan keluarga tanpa harus keluar dari rumah. Untuk anak – anak, beberapa fasilitasnya adalah area bermain anak, kolam renang, area piknik yang cocok untuk kumpul keluarga hingga fasilitas yang cocok oleh orang dewasa seperti fasilitas olahraga, jacuzzi, karaoke dan perpustakaan. 

  • JHL Solitaire Gading Serpong

Hotel ini tidak hanya memiliki kolam renang, tetapi anak juga bisa bermain di area bermain anak di dalam hotel. Selain itu hotel ini juga memiliki ‘Adventure Family Package’ untuk staycation bersama si kecil.

  • Shangri – La Hotel 

Shangri – La adalah salah satu hotel yang ramah lingkungan di area Jakarta dengan fasilitas bermain anak yang indoor dan outdoor, hingga kolam renang yang dilengkapi dengan waterpark. Tidak hanya anak – anak, orang dewasa juga bisa bersenang – senang disini dengan fasilitas seperti kursi berjemur, spa, bilyard, gym dan fasilitas lainnya.

 

Baca Juga: 

Jelajah Kota Pelajar, Ini Itinerary Liburan 3 Hari di Jogja

Alasan Sewa Campervan Lebih Seru Saat Liburan di Tengah Pandemi 

 

2. Mengunjungi Museum 

Museum adalah destinasi yang bagus untuk liburan dengan anak – anak. Tidak hanya edukatif tetapi juga seru untuk diketahui. Berikut adalah beberapa museum yang menarik untuk dikunjungi sang anak.

  • Museum Macan

Museum Macan banyak diminati sebagai destinasi museum. Museum Macan adalah museum modern yang sering mengganti karya yang dipamerkan berdasarkan tema – temanya. Kali ini tema museum macan adalah Kembara Biru, instalasi karya Theresia Agustina Sitompul untuk seri Komisi Ruang Seni Anak yang mencerminkan pengalaman Theresia selama karantina. 

  • Museum Angkut 

Museum Angkut yang berada di Malang juga merupakan museum modern. Museum ini menunjukan berbagai macam alat transportasi dari era ke era mulai dari mobil, motor hingga pesawat terbang. Museum angkut saat ini merupakan museum transportasi terbesar di Asia.

  • Museum Benteng Vredeburg 

Museum Benteng Vredeburg yang terletak di Yogyakarta adalah salah satu tempat bersejarah di Indonesia. Awalnya museum ini digunakan sebagai benteng tempat perlindungan Belanda sebelum dijadikan museum, karena itu masih banyak barang dan momen bersejarah yang bisa dilihat saat mengunjungi tempat ini.

 

3. Wisata Kuliner

Ada pepatah Irlandia yang berkata bahwa ‘Tertawa yang paling riang di tempat dimana ada makanannya’. Makanan adalah salah satu cara tercepat untuk menyatukan orang – orang, karena itu wisata kuliner cocok untuk dijadikan liburan keluarga untuk liburan penuh tawa. Berikut ini adalah beberapa ide wisata kuliner yang bisa dikunjungi dengan keluarga!

  • PIK, Jakarta

Pantai Indah Kapuk yang dulu dikenal sebagai pusat makanan Cina dan destinasi kuliner non – halal sekarang sudah semakin berkembang dengan menambahkan beragam makanan dari yang non – halal hingga halal, makanan berat hingga makanan ringan, tempat ngopi dan seafood

  • Jalan Cibadak, Bandung

Jalan Cibadak Bandung memiliki banyak makanan dan minuman menggiurkan yang wajib dicoba. Salah satunya adalah ronde jahe alkateri yang sudah disana sejak tahun 1980-an, soto khas Bandung kedai soto Ojo Lali, bakso tahu dan siomay hingga bakso ikan goreng!

  • Alun – Alun Yogyakarta

Yogyakarta memiliki banyak destinasi untuk wisata kuliner. Salah satunya adalah alun – alun Yogyakarta yang memiliki banyak cemilan populer seperti Cilok Gajahan yang dibuat dari daging sapi lembut dan makanan seperti Soto Lenthok Pak Man dengan perkedel ketelanya.

4. Pergi ke Taman Hiburan

Taman hiburan adalah tempat yang bagus sebagai destinasi liburan bersama keluarga. Tidak hanya seru, tapi banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama, Berikut ini adalah beberapa ide destinasi untuk taman hiburan.

  • Dufan 

Terkenal dengan berbagai wahana yang seru dan maskot Bekantan yang lucu, Dufan adalah salah satu destinasi taman bermain yang wajib dikunjungi bersama keluarga saat liburan.

  • Taman Mini Indonesia Indah 

Taman Mini Indonesia Indah adalah salah satu destinasi yang wajib untuk dikunjungi bersama keluarga. Dengan berbagai macam wahana unik, taman yang cocok untuk foto – foto hingga tempat kuliner yang enak, semua ada!

  • Outbondholic Ancol

Cocok untuk membawa anak yang aktif, kunjungi Outbondholic Ancol tempat dimana anak bisa mengunjungi rintangan outbond dengan aktivitas mulai dari flying fox hingga hiking bridge, monkey track dan climbing wall.

 

Baca Juga: Ingin Liburan Murah? Lakukan 5 Tips Ini dari Awal Tahun

 

5. Belajar Mengenai Binatang Laut di Tempat Wisata Aquarium

Perluas pengetahuan si kecil dengan memperkenalkannya pada binatang binatang laut dengan berwisata ke Aquarium dan melihat binatang laut dalam bentuk aslinya. Berikut adalah destinasi Aquarium yang bisa dikunjungi dengan keluarga.

  • Sea World

Bawa si kecil ke Sea World untuk melihat dan pelajari berbagai hewan dan ekosistem laut didampingi oleh edutainment guide yang ada di sekitar akuarium. Selain melihat binatang, para pengunjung juga bisa mencoba menyelam di Sea World dengan program Fun Diving.

  • Jakarta Aquarium

Bagi yang ingin mengunjungi akuarium tapi tidak memiliki waktu untuk ke Sea World, ada aquarium yang bagus di daerah Jakarta, lho! Jakarta Aquarium juga tidak kalah dari Sea World dengan 3.500 spesies hewan akuatik hingga non – akuatik. Selain melihat binatang, banyak aktivitas seru yang dapat dilakukan di Jakarta Aquarium dari menyaksikan Pearl of The South Sea, mencoba wahana 5D menaiki kapal selam untuk menyaksikan edukasi satwa laut, hingga mengunjungi dan menyentuh binatang – binatang di zona touch pool.

 

Baca Juga: Apa sajakah 5 manfaat asuransi perjalanan online?

 

6. Bermain di Indoor Playground 

  • Kidzania

Dengan konsep edutainment yang mengajarkan anak mengenai profesi yang ada di dunia, kidzania banyak menjadi destinasi pilihan para orang tua untuk membawa si kecil. 

  • Kidzoona

Kidzoona bisa menjadi destinasi wisata yang cocok dikunjungi saat akhir pekan bersama keluarga. Indoor Playground yang membiarkan anak menikmati beragam aktivitas seru yang melatih motorik kasar dan halus hingga kemampuan sosial sang anak. Tidak hanya itu, karena terletak di dalam mall jadi gampang untuk mencari makanan saat lapar.

  • Playtopia

Playtopia dengan taglineNever Ending Happiness‘ menciptakan tempat bermain yang asyik untuk anak sambil membantu kemampuan motorik dan kreatif untuk si kecil. kegiatan yang bisa dilakukan di Playtopia beragam, dan dewasa boleh masuk jadi tetap dapat mengawasi yang dilakukan di buah hati.

 

Itulah 16 destinasi menarik anti – ribet yang bisa dijadikan ide untuk wisata keluarga saat liburan sekolah. Lindungi keluarga dengan produk asuransi kesehatan Super Easy Health untuk Family Package dan dapatkan hadiah tiket berlibur dengan keluarga mengunjungi Playtopia dengan promo SUPERFUN. Periode SUPERFUN hanya berlaku dari tanggal 1 Juni – 31 Juli 2022 saja, lho! Yuk, jangan sampai ketinggalan!

Artikel Terkait