Imlek 2024 Tanggal Berapa

Sudah tahu belum tahun baru Imlek 2024 tanggal berapa nih? Beberapa Teman SUPERjuangan pun mungkin menyadarinya, Imlek jatuh pada tanggal yang berbeda setiap tahun. Nah, berbanding terbalik sama tahun baru Masehi yang selalu tanggal pertama bulan pertama, sementara itu hari raya umat Islam terus bergerak maju.

Saat bulan baru tiba, setiap tahunnya, dalam budaya Tionghoa rayakan salah satu perayaan terbesar dan terpenting. Hari raya Imlek, melambangkan awal tahun baru. Kemudian, akan berakhir dengan Cap Go Meh pada tanggal ke-15 sesuai kalender lunar bulan pertama penanggalan Tionghoa.

Ah, kamu pasti udah nggak asing jika Imlek identik sama barongsai, warna merah, dan pemberian angpao. Selain itu, tahun baru Imlek diwakili oleh satu dari 12 zodiak hewan dengan elemen yang mengikutinya. Bukan cuma sekedar mitologi aja, yang disebut shio tersebut diyakini memiliki pesan tersirat loh.

Table of Contents

Nah, buat menjawab Imlek 2024 tanggal berapa, shio tahun 2024, hingga persiapan Imlek 2024 yang nggak boleh ketinggalan, semuanya udah ada dalam artikel kali ini. So, keep reading!

Prolog, Begini Sejarah Awal Imlek

Jauh sebelum adanya jadwal Imlek 2024, konon dahulu Imlek merupakan perayaan bagi para petani kala itu menyambut musim semi dengan penuh bahagia. Sebab itu, Imlek juga sering disebut Festival Musim Semi. Dan seperti yang kita tahu, negeri China punya musim dingin yang membuat para petani tidak bisa bekerja.

Tapi, ada beberapa orang juga percaya bahwa perayaan Imlek dimulai dari Dinasti Shang sekitar 1600-1046 SM. Saat itu, etnis Tionghoa mengadakan upacara bentuk persembahan untuk para dewa dan leluhurnya setiap awal tahun menurut kalender Tionghoa kuno.

Kita pun akhirnya mengenal istilah lain Imlek yang diambil dari bahasa Mandarin, Xin Jia atau dibaca Sin Cia, artinya bulan pertama. Kita juga selalu ucap selamat tahun baru Imlek kan. Ternyata kata Imlek memang berasal dari bahasa Mandarin loh, terdiri atas ‘im’ berarti bulan dan ‘lek’ berarti penanggalan.

Nah, dari situlah perayaan Imlek mulai berkembang, menikmati sejarah 3.500 tahun lamanya. Bahkan, sekarang kian populer di luar negara China itu sendiri, termasuk Indonesia. Dari upacara persembahan, bertambah lagi menjadi kebiasaan kumpul bersama keluarga, membersihkan dan menghias rumah, hingga pertunjukkan.

Kapan Imlek 2024?

Teman SUPERjuangan, siapa nih yang merayakan libur Imlek 2024, pasti udah tau kapan Imlek 2024. Tapi, buat kamu yang belum tau tahun baru Imlek 2024 tanggal berapa, adalah 10 Februari 2024. 

Keputusan jadwal Imlek 2024 ini berdasarkan penanggalan kalender lunar Tiongkok. Sebenarnya, hampir sama dengan perhitungan kalender Masehi loh. Kapan Imlek 2024 juga ditentukan oleh siklus bulan mengitari bumi, kemudian dicocokkan dengan peredaran musim yang dipengaruhi oleh letak matahari.

Nah, setiap kali perayaan Imlek bakal ditetapkan sebagai libur nasional alias tanggal merah. Biasanya kita sebut Hari Raya Imlek. Ini sudah dilakukan sejak tahun 2000 dalam masa kepemimpinan Presiden Abdurrahman Wahid. Namun, karena jadwal Imlek 2024 jatuh pada hari sabtu, pemerintah sepakat menambah cuti bersama.

Catat,

  • Cuti Bersama Imlek 2024: Jumat, 09 Februari 2024
  • Hari Raya Imlek 2024: Sabtu, 10 Februari 2024

Shio Tahun 2024

Shio Tahun 2024
Sumber: https://www.freepik.com

Setelah tau jadwal Imlek 2024 tanggal berapa, Teman SUPERjuangan pun wajib tau shio tahun 2024. Bagi etnis Tionghoa, shio bukan cuma zodiak hewan belaka aja, masing-masing memiliki arti. Dan shio tahun 2024 ini katanya penuh keberuntungan loh. Sampai-sampai nggak sedikit yang berlomba untuk punya keturunan.

Shio tahun 2024 adalah naga kayu. Naga diyakini sebagai makhluk yang memiliki kekuatan dan kebijaksanaan, dikaitkan juga dengan keberanian, kepemimpinan, dan keberuntungan. Sedangkan astrologi Tionghoa, kayu melambangkan kehidupan dan pertumbuhan, sering dikaitkan juga dengan sifat vitalitas dan kreativitas.

Nah, keduanya menjadi kombinasi langka yang sangatlah bagus, bahkan shio tahun 2024 dianggap sebagai tahun yang penting. Ketika naga dipasangkan dengan kayu, bakal tercipta kekuatan serta kemampuan beradaptasi yang menakjubkan. Energi yang dapat mengubah dunia. Wah!

Adapun dilansir dari The Chinese Zodiac, buat mereka yang lahir pada shio tahun 2024 akan mempunyai karakter kepemimpinan, diplomasi, jiwa petualang, percaya diri, dan tekad. Selain itu, ada kreativitas, keterampilan sosial, kehangatan, dan rasa peduli yang tinggi.

Persiapan Imlek 2024

Saat libur imlek 2024, ada banyak tradisi menarik yang nggak boleh kamu lewatkan. Apalagi tinggal menghitung hari aja nih untuk persiapan Imlek 2024, sebelumnya kita udah tau imlek 2024 tanggal berapa, bukan?

Teman SUPERjuangan, mengingat Imlek adalah perayaan penting, datang cuma satu tahun sekali, amat disayangkan kalau kamu tidak mengikuti tips Imlek 2024 dari Supermin di bawah ini. Yuk, cek lagi sejauh mana persiapan Imlek 2024 kamu!

  • Gunting rambut

Menggunting rambut sebelum Imlek dipercaya bentuk membuang nasib buruk dari tahun sebelumnya. Tapi, persiapan Imlek 2024 ini harus dilakukan paling lambat satu hari sebelum Imlek. Dan sebaliknya, kalau kamu gunting rambut tepat pada hari raya Imlek, justru memotong rejeki yang akan datang.

  • Membersihkan rumah

Hampir sama kayak aturan gunting rambut, dalam hal membersihkan rumah nggak boleh satu hari setelah Imlek, apalagi pas hari rayanya. Sebab kalau tepat di hari raya bisa menyapu keberuntungan kita loh. Sebaiknya, bersihkan rumah jauh-jauh hari dalam persiapan Imlek 2024, ya.

  • Pakai baju baru

Persiapan Imlek 2024
Sumber: https://www.freepik.com

Bukan berarti sekedar gaya, bagi etnis Tionghoa baju baru diartikan awal baru untuk penghapusan kesalahan yang lalu-lalu. Selain itu, persiapan Imlek 2024 yang satu ini, hanya boleh menggunakan baju berwarna merah, biru, kuning, dan hijau yang punya arti membawa hoki di tahun yang baru. 

  • Menghias rumah

Setelah membersihkan rumah, persiapan Imlek 2024 yang nggak boleh kamu lupakan adalah menghias rumah dengan ornamen Imlek. Kamu bisa pakai yang bernuansa merah karena diyakini memiliki makna kemakmuran. Tapi, supaya nggak monoton banget, kamu boleh menambahkan nuansa emas kok.

  • Beli makanan khas Imlek

Tradisi libur Imlek tentu berkumpul sama keluarga, terutama anggota tertua dalam keluarga besar. Nah, untuk persiapan Imlek 2024, jangan lupa membeli makanan khas Imlek, seperti kue keranjang, lapis legit, atau jeruk. Semua makanan khas tersebut mengartikan kelimpahan dan kebahagiaan.

  • Isi angpao

Buat mereka yang sudah menikah, wajib banget persiapan Imlek 2024 yang berikut, isi angpao dong. Angpao berisi uang ini akan dibagi-bagikan kepada keluarga besar yang belum menikah. Karena itu, kalau yang belum menikah, tidak boleh memberikan angpao. Wah, cuan sih!

  • Sembahyangan

Menjelang hari raya Imlek, Teman SUPERjuangan etnis Tionghoa pasti nggak boleh ketinggalan dengan persiapan Imlek 2024 satu ini. Biasanya perlu pakai dupa, lilin, dan menyajikan beberapa makanan untuk persembahan di piring khusus sembahyang. Hal ini ditujukan untuk menghormati dewa dan leluhur.

Tips Tetap Sehat Rayakan Imlek 2024

Jika dihitung berdasarkan kalender Gregorian yang kita pakai saat ini, Imlek selalu jatuh antara 21 Januari sampai dengan 20 Februari. Seperti jadwal Imlek 2024. Nah, kayak yang kita tau pula, bulan-bulan tersebut masuk musim hujan. Pantas Imlek identik dengan hujan, ya.

Persiapan Imlek 2024 yang sudah matang, bakal sia-sia kalau nggak dibarengi sama kondisi kesehatan tubuh yang fit, Teman SUPERjuangan. Ada baiknya untuk selalu jaga kesehatan supaya kebahagiaan menyambut Imlek bisa kita rasakan.

Sudah pasti nih beberapa tips Imlek 2024 agar tetap sehat yang bisa kita lakukan adalah memenuhi kebutuhan nutrisi setiap harinya melalui makanan bergizi, minum air putih yang cukup, dan tidur malam minimal delapan jam per harinya. 

Apalagi mengingat pada musim hujan, ada banyak sekali bakteri dan virus yang bisa menyerang sistem pertahanan tubuh kita. Langkah kecil yang bisa kita lakukan lewat menjaga kebersihan diri, jangan lupa buat cuci tangan yang benar. Sudahkah kamu lakukan itu semua sebagai tips tetap sehat rayakan Imlek 2024?

Dan tips Imlek 2024 tetap sehat yang terakhir, lengkapi juga kebutuhan kesehatan kamu dengan asuransi. Hari gini masa belum punya asuransi kesehatan, yang bener aja, rugi dong. Tenang, Supermin punya rekomendasinya!

Teman SUPERjuangan, itu dia jawaban dari Imlek 2024 tanggal berapa! Sekarang cuma mulai Rp135.000 aja per bulan, kamu udah bisa punya asuransi kesehatan sebagai tips tetap sehat rayakan Imlek 2024 loh. Super Easy Health dari Super You by Sequis, semua jenis penyakit bisa ditanggung, biaya rumah sakit dibayar sesuai tagihan. Jadi, tunggu apalagi?

Artikel Terkait