istilah-komunitas-motor

Kegiatan berkelana setiap akhir pekan menjadi semakin populer bagi komunitas motor dengan istilah Sunmori yang berarti Sunday Morning Ride. Istilah ini menjadi semakin viral terutama dikalangan anak muda dengan bantuan media sosial Tik Tok. 

Dari artikel sebelumnya kita telah mengetahui apa itu sunmori dan manfaatnya, tetapi sunmori bukanlah satu – satunya istilah yang ada dikalangan komunitas lho! Ternyata masih banyak lag istilah lainnya. Yuk, pelajari istilah – istilah apa saja yang dipakai oleh komunitas motor!

 

Baca Juga: Touring Motor, Ikuti 5 Langkah Persiapan ala Isa Bajaj

 

Ketahui 8 Istilah yang Dipakai Anak Motor

1. Sunmori

Istilah yang satu ini kita sudah tahu kan dari penjelasan yang sebelumnya? Sunmori adalah kepanjangan dari Sunday Morning Ride yang berarti perjalanan minggu pagi. Ini adalah acara yang dilakukan komunitas kendaraan, terutama motor untuk jalan dengan komunitasnya pada minggu pagi.

 

2. Sutmori

Selain sunmori, ada juga sutmori yang merupakan kepanjangan dari Saturday Morning Ride. Ini merupakan aktivitas yang sama dengan sunmori hanya saja dilakukan pada hari Sabtu pagi.

 

3. Kopdar

Kopdar adalah salah satu istilah yang digunakan oleh komunitas motor, tetapi tidak terbatas untuk komunitas motor. Banyak komunitas lainnya yang juga menggunakan istilah kopdar yang berkepanjangan Kopi Darat. Arti dari istilah ini adalah acara dimana anggota komunitas saling bertemu untuk melakukan kegiatan sosial atau sekedar melakukan silaturahmi.

 

4. Rolling

Rolling adalah istilah yang digunakan saat menjelajahi daerah tertentu yang jaraknya tidak jauh dari daerah asal komunitasnya.

 

5. Tourjib

Kebalikan dari rolling, istilah Tourjib digunakan saat menjelajahi daerah yang jauh dari daerah asli komunitas tersebut. Biasanya istilah ini digunakan oleh komunitas motor saat menjelajahi luar daerah hingga luar pulau. 

 

6. Tourgab

Seperti Tourjib, Tourgab juga merupakan istilah yang berarti perjalanan yang dilakukan komunitas ke daerah jauh dari daerah asalnya. Namun, kenapa diperlukan dua istilah yang berbeda? Hal ini karena berbeda dengan Tourjib, Tourgab adalah kepanjangan dari Tour Gabungan yang tidak hanya dilakukan oleh satu komunitas motor melainkan beberapa komunitas motor.

 

7. Sowan

Meskipun biasanya terdapat komunitas motor sendiri – sendiri, tetapi tidak aneh untuk satu komunitas motor menyambangi komunitas lainnya dan istilah ini adalah Sowan. Hal ini dilakukan untuk membangun hubungan baik dengan komunitas motor lainnya. 

 

8. Anniv

Aslinya ini bukanlah istilah yang hanya digunakan oleh komunitas motor. Anniv atau kepanjangannya anniversary digunakan saat komunitas motor merayakan ulang tahun komunitasnya. 

 

Baca Juga: Manfaat Asuransi Kecelakaan dan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan

 

Tips Nyaman Melakukan Sunmori

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat melakukan kegiatan sunmori, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diikuti!

  1. Pastikan helm yang digunakan adalah helm SNI 
  2. Gunakan jaket atau baju lengan panjang 
  3. Satu set dengan baju, gunakan juga celana panjang 
  4. Pastikan menggunakan sepatu yang nyaman untuk perjalanan panjang 
  5. Gunakan sarung tangan bagi sang pengendara motor untuk pegangan yang aman dan tidak licin
  6. Untuk terhindar dari polusi pastikan untuk gunakan masker, balaclava atau buff
  7. Jangan lupa untuk mengetahui dan selalu mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan agar melindungi diri sendiri dan riders lainnya

 

Baca Juga: Pahami 5 Faktor Utama Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Agar Lebih Aman Berkendara!

 

Nah, dengan 8 istilah tersebut, sekarang sudah gak bingung lagi kan dengan istilah yang digunakan komunitas motor? Selain mengetahui istilah yang digunakan, ikuti juga 7 tips diatas untuk berkendara dengan nyaman saat melakukan sunmori! Pastikan juga untuk menjaga keamanan selama perjalanan dengan asuransi kecelakaan dari Super You.