jadwal FYP TikTok

Setiap content creator di Tik Tok pastinya ingin dilihat dong, bagaimana jika kita kasih tahu bahwa ada jadwal FYP TikTok yang bisa membantu konten kamu semakin dilihat banyak penonton? Tertarik? Berikut penjelasannya!

Table of Contents

Tiktok sekarang dengan cepat menjadi salah satu sosial media paling populer di kalangan para pemain digital. Berdasarkan artikel yang ditulis oleh Alfred Lua di Buffer, TikTok merupakan sosial media ke – 6 dengan pengguna terbanyak, yakni 1 miliar pengguna. Pantas saja sekarang banyak content creator yang mulai beralih ke TikTok. 

Meningkatnya popularitas TikTok terjadi dengan sangat cepat, hal ini terbantu oleh pandemi Covid-19. Sebelum mengetahui cara agar FYP di TikTok perlu mengerti dulu dengan platform seperti apa itu TikTok sebenarnya dan fitur-fitur apa saja yang berada di dalamnya.

Apa Itu TikTok?

TikTok yang menjadi salah satu sosial media terpopuler sekarang adalah sebuah platform video. Namun berbeda dengan YouTube yang juga sebuah sosial media untuk video, dengan TikTok durasi videonya lebih pendek, sehingga para penggunanya bisa bebas mengekspresikan ide mereka dalam bentuk video pendek dan dibagikan untuk seluruh pengguna TikTok. 

Sekarang TikTok tidak hanya berguna sebagai media hiburan, tetapi juga banyak digunakan untuk bisnis, seperti melakukan bisnis dengan melakukan jualan online lewat endorsement, jualan live atau dengan beriklan. Sekarang TikTok juga sudah memiliki fitur TikTok shop dimana brand atau pengguna TikTok bisa jualan langsung dan melakukan transaksi lewat aplikasi TikTok. 

Apa Saja Fitur di TikTok?

Sebagai sosial media yang berperan untuk media entertainment dalam bentuk video, TikTok memiliki beberapa fitur yang membuatnya menarik. Apa saja fitur tersebut? Bisa diketahui di sini!

Baca Juga: 8 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok, Kamu Berani Coba?

  • Menambahkan Musik 

Banyak musik yang menjadi populer setelah masuk ke video viral di TikTok. Ini karena TikTok memiliki fitur untuk menambahkan musik langsung ke dalam video yang diupload. 

Musik sendiri menjadi salah satu fitur utama dari aplikasi ini, karena itu bagi para content creator di TikTok tidak perlu khawatir terkena copyright untuk menggunakan sebuah lagu karena bisa digunakan secara bebas dengan semua musik tersedia di aplikasi telah mendapatkan izin dari pemiliknya.

  • Menambahkan Filter Pada Video 

Selain musik, filter juga menjadi salah satu fitur populer di TikTok, baik bagi content creator atau pengguna biasa. Dengan fitur filter, video bisa diubah dalam tone warna serta rona sesuai dengan objek video.

  • Menambahkan Filter Stiker dan Efek Video 

Selain filter video untuk tone, bisa juga menambahkan filter stiker dan efek pada video. Efek yang bisa dicoba ada beberapa kategori, yakni: efek visual, efek stiker, efek transition, efek split dan juga mengatur waktu. Tujuan dari menambahkan filter adalah untuk membuat video terkesan lebih ekspresif dan juga kreatif.

  • Menambahkan Filter Voice Changer

Suara juga bisa diubah loh di TikTok, hanya perlu menggunakan filter voice change. Seperti dengan kegunaan filter lainnya, guna dari filter voice changer adalah untuk menambahkan kreatifitas dalam video. Caranya juga cukup mudah, yaitu setelah merekam atau memilih video yang ingin di upload untuk memilih opsi voice effect.

  • Menambahkan Filter Beautify

Filter beauty juga tersedia di TikTok untuk membantu para content creator menjadi lebih percaya diri. Namun, filter beauty tidak hanya itu loh, bisa juga untuk terlihat keren dan juga unik. Dengan fitur ini bisa membentuk wajah, mengubah warna mata, serta membantu memperhalus wajah.

super merdeka asuransi kesehatan

  • Menambahkan Filter Auto Captions

Selain fitur untuk entertainment, ada juga filter yang bisa membantu para penonton loh, yaitu filter auto caption yang membantu penonton untuk mencerna informasi lebih baik lagi. 

Caption TikTok agar muncul di FYP sangat penting loh. Caption ini pun gampang sekali untuk ditambahkan, jadi content creator nggak perlu ribet, karena bisa secara otomatis loh. Caranya hanya dengan klik ‘caption’ saat proses editing video dan sebelum upload video tersebut.

  • Fitur untuk Menghapus Komen dan Memblokir Pengguna Secara Massal

Tahukah kamu bahwa TikTok memiliki fitur yang bisa melindungi para content creator dari risiko cyberbullying? TikTok telah memperkenalkan fitur yang bisa menghapus komen serta memblokir pengguna secara massal. 

Dengan fitur ini, content creator bisa memilih hingga 100 komentar atau akun untuk diblokir atau dihapus daripada melakukannya satu per satu.

  • Fitur Live

Satu fitur TikTok lainnya adalah untuk content creator melakukan TikTok Live atau video secara langsung. Namun, perlu diketahui bahwa kemampuan untuk menggunakan fitur ini bukan untuk semua pengguna karena hanya mereka yang memiliki setidaknya 1000 followers bisa melakukan TikTok Live. 

Nah, kamu sudah mengetahui apa saja fitur yang ada di dalam TikTok, sekarang bagaimana membuat video tersebut masuk FYP? Mari pelajari cara agar FYP di TikTok dengan membaca di bawah ini.

Apa Itu FYP?

Mari dimulai dengan mengetahui apa sih FYP itu? Kenapa sangat penting bagi para content creator di TikTok? 

Nah, FYP itu merupakan singkatan dari For You Page, halaman awal para pengguna TikTok dimana video yang ditampilkan biasanya merupakan dianggap oleh TikTok akan disukai oleh pengguna tersebut. Bagaimana cara TikTok akan memilih video tersebut? Biasanya berdasarkan dengan algoritma yang dimiliki oleh aplikasi TikTok.

Ketika sebuah video masuk FYP, kemungkinan pengguna akan mendapatkan banyak view, likes, komen dan berbagai interaksi akan meningkat. Cara agar FYP di TikTok tidak hanya dengan followers dan popularitas ya, melainkankan juga mempertimbangkan keaslian dan kualitas video.

Manfaat Dari FYP TikTok

Ketika masuk ke FYP akan ada berbagai manfaat tertentu loh. Apa saja manfaat yang akan di dapat? 

  • Ekspansi Jangkauan Audiens

Salah satu manfaat muncul di FYP adalah ekspansi jangkauan audiens karena berpotensi untuk terekspos pada lebih banyak pengguna.

  • Engagement Rate Meningkat

Dengan berada di FYP lebih banyak pengguna, engagement rate profil bisa mendapatkan lebih banyak like, komen, share, dan lainnya. Ini secara otomatis akan meningkatkan engagement rate yang dimiliki.

  • Kesempatan Kolaborasi

Jika konten video yang dibuat menjadi viral dan mencapai FYP maka potensi dilirik influencer atau brand untuk melakukan kolaborasi akan menjadi lebih besar. Tentunya melakukan hal ini bisa membantu meningkatkan reputasi yang dimiliki serta membantu popularitas yang dimiliki di TikTok.

  • Potensi Monetisasi

Jika akun TikTok dan personal branding yang dimiliki sudah kuat, maka akan lebih gampang untuk monetisasi akun dan menghasilkan pendapatan, seperti dengan sponsor, melakukan promosi produk serta TikTok Creator Fund.

  • Membangun Personal Brand

Dengan masuk FYP dan terekspos pada lebih banyak pengguna TikTok, akan lebih mudah untuk membangun personal branding dan membuat identitas yang kuat.

Cara Agar FYP Di TikTok

Ingin FYP di TikTok tapi kesusahan? Mungkin caranya masih belum benar. Untuk memaksimalkan kemungkinan mu, berikut ini ada beberapa cara agar FYP di TikTok!

Baca Juga: Ini 3 Cara Bijak Menggunakan Sosial Media, Wajib Tahu!  

Pelajari Algoritma TikTok 

Memahami algoritma TikTok sangat sebagai cara agar FYP di Tiktok karena itulah sistem yang mengatur video mana yang muncul di FYP. 

Dengan memahami algoritma TikTok, akan lebih mudah muncul di FYP meskipun tidak memiliki jumlah followers yang banyak. Content creator yang memiliki jumlah followers sedikit bisa mencapai FYP atau halaman trending dengan post secara konsisten, mengikuti challenge populer dan lainnya. 

Selain mempengaruhi FYP, algoritma juga mempengaruhi fungsi search dan memberikan suggestion pada suatu topik yang pengguna sukai atau sepertinya akan tertarik. 

Beberapa cara agar FYP di TikTok dengan algoritma TikTok adalah:

  • Memahami Target Audience

Ketahui untuk siapa konten tersebut dibuat. Cari tahu mereka itu orang seperti apa, dari usia, gender, minat serta lifestyle mereka.

Mengenali target audience bisa membantu membuat konten yang akan mereka sukai dan meningkatkan kemungkinan mereka akan melakukan interaksi dengan postingan tersebut.

  • Lebih Konsisten dalam Posting Konten

Posting konten secara konsisten bisa membangun komunitas followers yang loyal. Terus posting konten dengan kualitas dan waktu yang konsisten memberi tahu para followers bahwa content creator serius dan tulus untuk menciptakan konten yang bisa menghibur atau mengedukasi penonton.

  • Mengikuti Tren dan Challenge

Salah satu hal yang membuat TikTok terkenal adalah challenge dan trennya. Dengan stay-up-to-date dan membuat konten yang mengikuti tren dan challenge tersebut bisa membantu mencapai FYP. Jangan lupa memaksimalkan kemungkinan mu dengan post di jadwal FYP TikTok.

  • Menggunakan Hashtag Relevan

Jangan abaikan penggunaan hashtag karena sangat penting untuk membantu mencapai FYP. Gunakan hashtag yang relevan dengan konten tersebut, serta beberapa yang trending di TikTok. Lalu pastikan untuk memaksimalkan FYP dengan mengunggah video di jadwal FYP TikTok. 

  • Berinteraksi Dengan Pengguna Lain 

Menunjukkan aktif berinteraksi dengan pengguna lainnya di TikTok melalui likes, comments dan share bisa membangun hubungan baik satu sama lain. Hal ini juga bisa membantu menarik perhatian audience dan memperkuat loyalitas mereka.

Faktor Yang Mempengaruhi FYP TikTok

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi FYP TikTok, dengan begitu, penting bagi semua content creator mengetahui faktor tersebut. 

  • Engagement: Singkatnya jika postingan tersebut mendapatkan likes, comments dan share yang banyak maka kemungkinan muncul di FYP lebih besar.
  • Watch Time: Durasi lamanya konten ditonton oleh pengguna TikTok menjadi faktor penting untuk FYP.
  • Relevan: Relevansi konten dengan ketertarikan penonton merupakan sebuah faktor yang mempengaruhi FYP TikTok, karena itu pastikan bahwa konten yang diupload selaras dengan niat dan preferensi target ya.
  • Recency: Keterbaruan atau konten yang baru biasanya lebih diprioritaskan untuk masuk FYP. Pastikan untuk mengupload konten dengan konsisten dan mengikuti jadwal FYP TikTok.
  • Popularitas Pembuat Konten: Bagi content creator dengan followers sedikit, nggak usah takut karena memiliki followers sedikit tetap bisa viral kok! Yang sangat penting adalah popularitas dari konten. 

Jam FYP TikTok

Ada jam FYP TikTok tertentu yang bisa meningkatkan kemungkinan video content creator mencapai FYP. Hal ini tergantung dengan jam video tersebut di post. Jika video tersebut diunggah di pagi hari, maka akan lebih tinggi kemungkinan untuk muncul di FYP pada siang hari, sedangkan jika diunggah di malam hari akan lebih banyak dilihat di tengah malam. 

Jadwal FYP TikTok

FYP TikTok juga ada jadwalnya tersendiri loh. Jadwal FYP TikTok itu dipengaruhi berdasarkan jam dan hari. 

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Influencer Marketing Hub ada waktu terbaik untuk jadwal post TikTok. Konklusi dari riset ini diambil setelah menganalisa lebih dari 100.000 postingan guna menentukan kapan jadwal terbaik untuk bisa mencapai engagement terbesar. 

Namun, perlu diingat bahwa menentukan jadwal post TikTok yang ideal untuk mencapai engagement terbesar merupakan hal yang kompleks bagi setiap akun. Jangan menyamakan satu akun dengan akun yang lain karena hasilnya bisa berbeda. 

Meski begitu, para content creator bisa menggunakan jadwal post TikTok yang direkomendasikan untuk memulai. Berikut ini adalah jadwal FYP TikTok yang bisa diikuti berdasarkan jam FYP TikTok dan harinya. 

  • Jadwal FYP TikTok Hari Senin: 07:00/15:00/19:00 WIB
  • Jadwal FYP TikTok Hari Selasa: 07:00/11:00/13:00/18:00 WIB
  • Jadwal FYP TikTok Hari Rabu: 19:00/20:00 WIB
  • Jadwal FYP TikTok Hari Kamis: 08:00/18:00/21:00 WIB
  • Jadwal FYP TikTok Hari Jumat: 07:00/17:00/01:00 WIB 
  • Jadwal FYP TikTok Hari Sabtu: 11:00 WIB
  • Jadwal FYP TikTok Hari Minggu: 07:00/08:00/19:00/20:00/06:00 WIB

super easy health terbaru

Itulah cara bisa mencapai FYP TikTok! Pastikan untuk mengecek jadwal FYP TikTok agar bisa memaksimalkan kemungkinan masuk FYP ya! Sambil bikin konten, jangan lupa selalu proteksi kesehatan dengan asuransi kesehatan dari Super You. Bisa banget nih memproteksi kesehatan menyeluruh jadi selalu aman tanpa pusing. Harganya juga terjangkau loh, mulai dari Rp135.000 per bulan saja!

Artikel Terkait