Jangan Lupa 5 Hal Ini dalam Hidup

Buat kamu yang sudah lulus kuliah dan mulai bekerja atau mungkin baru menjadi orang tua, mungkin kamu merasa harus bertanggungjawab akan orang lain dan jadinya lupa mengurus diri kamu sendiri. Meskipun terlihat sepele, ingat bahwa kamu cuma bisa merawat orang lain ketika kamu sudah peduli sama diri!

Karena itu, siapapun kamu dan apapun yang kamu lakukan dalam hidup, jangan lupa lima hal ini:

Jangan Lupa Minum Air

Sama seperti tanaman yang layu jika tidak diberi air, kamu juga akan merasa “layu” jika kekurangan minum air putih. Memang kopi atau makanan ringan lebih menggoda untuk memuaskan dahaga. Tapi perlu diingat kalau air putih lebih memiliki banyak manfaat lho!
Air putih bisa menyeimbangkan fungsi tubuh kamu, seperti pencernaan dan sirkulasi, juga membantu kamu fokus menjalani hari. Air juga lebih mudah diserap oleh ginjal untuk memproses, membantu membersihkan kulitmu, dan pastinya air itu menyegarkan!

Jangan Lupa Bersyukur

Jika kamu belum terbiasa bersyukur, cobalah mulai hari ini. Mulai tulis di selembar kertas satu hal saja yang kamu syukuri hari ini. Tulis satu setiap hari, lalu kumpulkan di dalam toples.
“Toples syukur” ini pun akan tumbuh seiring waktu berjalan. Bila ada hari-hari kelam dimana rasanya gak ada yang benar dan gak ada yang bisa kamu syukuri, buka kembali “toples syukur” ini. Barangkali bisa membantu kamu mengingat semua yang baik dalam hidup kamu sekarang.

Fokus dengan yang di Depanmu

Rasanya sulit untuk fokus ketika ada begitu banyak gangguan di pikiranmu dan di sekitarmu. Entah itu pekerjaan, masalah keuangan, keluarga, hubungan, dan lain-lain. Berikut adalah beberapa tips untuk bisa lebih fokus yang dapat kamu terapkan hari ini:
  1. Tenangkan pikiran kamu di pagi hari dengan memperhatikan bagaimana perasaan kamu sekarang dan memperhatikan lingkunganmu;
  2. Dengarkan orang lain dengan rasa ingin tahu, daripada selalu berpikir bagaimana merespon apa yang mereka katakan; dan terakhir,
  3. Cari tahu gangguan utama kamu. Coba hilangkan agar kamu bisa lebih fokus dengan apa yang kamu lakukan. Contohnya, ubah pengaturan ponsel jadi silent.

Lindungi diri dari Corona dengan Super Strong

Tetapkan Tujuan Keuangan

Tujuan hanyalah mimpi jika tidak direncanakan dengan seksama, apalagi kalau bicara soal keuangan. Coba pikirkan bagaimana keinginan kamu untuk kondisi keuanganmu dalam 3 tahun, atau 5 tahun, bagaimana dengan 10 tahun kedepan? Selain secara sadar menyisihkan uang untuk tujuan kamu, kamu juga bisa mulai membangun dana darurat sesegera mungkin.
Biasanya dana darurat terdiri dari sekitar 3-6x biaya hidup kamu per bulan. Untuk yang sudah berkeluarga, baiknya 12 kali lipat biaya hidup bulanan. Dana darurat dapat berfungsi sebagai cadangan kalau kamu (amit-amit!) kehilangan pekerjaan atau mengalami kecelakaan.

Jangan Lupa Perlindungan

Meskipun kamu bisa merencanakan keuangan, menumpuk tabungan, dan berhati-hati, terkadang hal-hal yang tidak menguntungkan terjadi tepat ketika kita tidak siap. Entah itu kecelakaan atau diagnosa penyakit serius. Hal-hal tak mengenakkan dan tak terduga ini bisa menghabiskan tabungan atau membuat kamu berhenti mendapatkan penghasilan.

Survei mengatakan bahwa 35% orang di Indonesia membeli asuransi karena takut akan kecelakaan dan penyakit. 31% lainnya karena peristiwa kehidupan yang tak bisa kita duga. Karena itu, kita semua perlu mendapatkan perlindungan sesegera mungkin!

Bahkan jika kamu memiliki tabungan darurat, jumlahnya terbatas lho, nanti pada akhirnya akan habis. Kamu perlu menetapkan jaring pengaman untuk diri kamu dan keluargamu hari ini dengan memiliki rencana asuransi. Ini memastikan bahwa orang yang kamu cintai masih dapat memenuhi kewajiban keuangan harian mereka jika kamu jatuh sakit.

Mulailah sekarang dengan paket Super You yang sederhana dan terjangkau ini dan putuskan mana yang terbaik untukmu!
SHARE

Artikel Terkait Lainnya