keberagaman indonesia

Teman SUPERjuangan, adanya perbedaan agama, ras, suku, budaya, adat istiadat, sampai dengan golongan menjadi keberagaman masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, keberagaman adalah ciri khas kita yang sangat sulit untuk dipisahkan.

Sejak dulu, kita sudah hidup berdampingan dengan adanya keberagaman dalam masyarakat Indonesia tersebut. Masih ingat dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika? Semboyan Bhinneka Tunggal Ika artinya berbeda-beda, tetapi tetap satu.

Namun, sangat disayangkan ternyata masih banyak loh di antara kita yang belum memahami apa yang dimaksud keberagaman. Hal ini justru menimbulkan konflik antar masyarakat yang tidak menyadari keberagaman dalam masyarakat Indonesia.

Nah, sudah sepatutnya kita mengenal keberagaman masyarakat Indonesia lebih jauh supaya kita bisa bersatu melestarikannya! Keep scrolling, yuk!

Keberagaman Masyarakat Indonesia

Pengertian Keberagaman

Apa yang anda ketahui tentang keberagaman? Keberagaman adalah istilah yang merujuk pada suatu kondisi masyarakat yang memiliki banyak perbedaan dalam berbagai bidang.

Untuk mengetahui sejauh apa yang dimaksud keberagaman, The City University of New York berpendapat bahwa keberagaman bukan sekadar apa yang anda ketahui tentang keberagaman saja. Keberagaman adalah praktik sadar kita yang turut melibatkan hal-hal berikut ini.

  • Keberagaman masyarakat Indonesia turut memahami dan menghargai saling ketergantungan antara manusia, budaya, dan lingkungan alam.
  • Keberagaman masyarakat Indonesia turut melatih untuk saling menghormati kualitas dan pengalaman yang berbeda dari diri sendiri.
  • Keberagaman masyarakat Indonesia turut memahami bahwa keberagaman bukan hanya mencakup cara-cara menjadi, tetapi juga cara-cara mengetahui.
  • Keberagaman masyarakat Indonesia turut mengakui bahwa diskriminasi pribadi, budaya, atau yang dilembagakan menciptakan dan mempertahankan kerugian bagi orang lain.
  • Keberagaman masyarakat Indonesia turut membangun aliansi-aliansi lintas perbedaan sehingga dapat bekerja sama untuk memberantas segala bentuk diskriminasi yang ada.

Baca juga: Stop Diskriminasi, Ini Cara Merayakan Hari Perempuan Internasional!

Bentuk Keberagaman Masyarakat Indonesia

Bentuk Keberagaman Masyarakat Indonesia

Negara kita telah dikenal sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Wah, menurut data terakhir saja, Indonesia memiliki 17.508 pulau loh! Hal inilah yang membuat kita kaya akan keberagaman. 

Nggak usah heran lagi kalau dunia juga mengakui dan belajar dari kita, menciptakan apa hubungan persatuan dan keberagaman masyarakat Indonesia. Banyak juga dari mereka yang akhirnya berkunjung dan menikmati keberagaman masyarakat Indonesia. SuperMin sendiri sangat bangga menjadi orang Indonesia lho! Tentu kamu juga bukan?

Nah, ada banyak sekali bentuk keberagaman dalam masyarakat Indonesia. Berikut ini bentuk keberagaman masyarakat Indonesia yang harus kamu tahu, apa saja itu?

  • Keberagaman agama

Keberagaman agama adalah ragam agama yang dianut oleh masyarakat di suatu wilayah atau negara. Itu artinya, masyarakat di negara tersebut tidak hanya menganut satu agama yang sama, melainkan juga beberapa agama.

Seperti di Indonesia, setidaknya terdapat enam keberagaman agama. Keenam keberagaman agama yang sah tersebut adalah Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Keberagaman agama pun menambah bentuk keberagaman masyarakat Indonesia.

  • Keberagaman suku

Keberagaman suku di Indonesia sangat banyak, yakni 300 kelompok etnik atau suku bangsa sebagai bentuk keberagaman masyarakat Indonesia. Bahkan masing-masing kelompok etnik tersebut memiliki suku lagi di dalamnya. Jika diperluas, tercatat sekitar 1.340 suku. Keren bukan, guys?

Mungkin kita akan kesulitan menghafalkan keberagaman suku tersebut. Pulau Sumatera sendiri punya suku Gayo, suku Batak, sampai dengan suku Lampung. Lain hal dengan pulau Jawa, ada suku Jawa, suku Sunda, sampai dengan suku Madura. Dan masih banyak lagi dari pulau-pulau lainnya!

  • Keberagaman bahasa

Fakta uniknya lagi, Indonesia menempati posisi kedua sebagai negara yang memiliki bahasa daerah terbanyak di dunia. Totalnya ada 718 bahasa sebagai bentuk keberagaman masyarakat Indonesia.

Berdasarkan persebaran menurut pulau di Indonesia yang tercatat oleh Badan Bahasa, yakni Sumatera: 26 bahasa, Jawa dan Bali: 10 bahasa, Kalimantan: 58 bahasa, Sulawesi: 62 bahasa, Nusa Tenggara: 83 bahasa, Maluku: 80 bahasa, serta Papua: 428 bahasa.

  • Keberagaman budaya

Keberagaman budaya tercipta dari adanya perbedaan suku atau ras. Selain jumlah pulau, negara kita memiliki 34 provinsi dengan keberagaman dalam masyarakat Indonesia yang tentu berbeda-beda. Perbedaan suku, perbedaan ras, bahkan perbedaan agama menciptakan keberagaman budaya.

Keberagaman budaya yang terbentuk juga cukup kompleks, di antaranya upacara adat, rumah adat, pakaian adat, tarian adat tradisional, alat musik dan lagu tradisional, senjata adat tradisional, sampai dengan beragam makanan khas tradisional. Kita patut melestarikan banyaknya kebudayaan masyarakat Indonesia satu ini!

  • Keberagaman ras

Keberagaman ras berkaitan dengan perbedaan ciri-ciri fisik yang dimiliki setiap orang. Keberagaman ras mencakup warna kulit, warna dan bentuk rambut, ukuran dan bentuk badan, bahkan warna dan bentuk bola mata kita.

Terdapat empat jenis ras dan penyebarannya sebagai bentuk keberagaman masyarakat Indonesia, antara lain ras Malayan-Mongoloid, ras Melanesoid, ras Asiatic Mongoloid, serta ras Kaukasoid.

Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

5 Bentuk Keberagaman Masyarakat Indonesia yang Patut Kita Banggakan!

Keberagaman dalam masyarakat Indonesia terbentuk karena adanya faktor-faktor pendukung lainnya. Secara umum, faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia adalah lingkungan dan masyarakat itu sendiri. Yuk, ketahui bersama apa saja faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia di bawah ini!

  • Letak geografis Indonesia

Indonesia terletak di antara dua samudra dan dua benua. Secara letak geografis tersebut, Indonesia terlibat dalam jalur perdagangan internasional lho. Negara-negara lain yang juga terlibat dalam urusan perdagangan, apalagi menetap di Indonesia, secara tidak langsung membawa kebiasaan yang berbeda.

Alhasil, letak geografis ini menjadi faktor penyebab adanya keberagaman dalam masyarakat Indonesia. Terutama dalam perbedaan ras yang juga menimbulkan keberagaman budaya di Indonesia.

  • Kondisi alam Indonesia yang berbeda

Negara Indonesia berupa negara kepulauan dan berada di garis khatulistiwa dengan iklim tropis. Hal ini membuat kondisi alam setiap daerah berbeda. Seperti, wilayah bagian barat memiliki musim hujan yang lebih teratur, sedangkan wilayah bagian timur memiliki musim kemarau yang lebih panjang.

Alhasil, masyarakat di kedua bagian tersebut harus menyesuaikan diri berdasarkan iklim dan bentang alamnya. Misalnya, bentuk rumah dan pakaian adat yang berbeda-beda pada setiap daerah sehingga membentuk keberagaman budaya sebagai salah satu bentuk keberagaman masyarakat Indonesia.

  • Sarana transportasi dan komunikasi

Perbedaan sarana transportasi dan komunikasi juga ikut mempengaruhi keberagaman masyarakat Indonesia. Sarana transportasi dan komunikasi yang mudah memungkinkan masyarakat memiliki interaksi sosial dengan wilayah luar daerah sehingga terjadi perpaduan budaya di dalamnya. 

  • Sejarah

Terbentuknya keberagaman dalam masyarakat Indonesia tidak terlepas dari peran penting sejarah di masa dahulu. Suatu daerah memiliki sejarah yang mungkin saja berbeda dengan daerah yang lain. Di Indonesia sendiri, cenderung kepada sejarah peradaban masyarakat dan kepercayaan.

Contohnya, di daerah Aceh lebih banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Islam. Sedangkan, di daerah Sulawesi, terutama Manado lebih banyak dipengaruhi oleh kebudayaan umat Kristen. Hal ini menimbulkan adanya keberagaman masyarakat Indonesia, bahkan di setiap daerahnya.

Baca juga: Ini 5 Fakta Sejarah Sumpah Pemuda yang Jarang Diketahui Orang!

  • Sikap terbuka terhadap perubahan

Sikap terbuka terhadap perubahan yang ada membuat perbedaan nilai atau budaya diterima baik, diasimilasi, bahkan diakulturasi. Sikap-sikap inilah yang akan membentuk nilai atau budaya baru sehingga menambah keberagaman dalam masyarakat Indonesia.

Apa Hubungan Persatuan dan Keberagaman?

Loh memangnya apa hubungan persatuan dan keberagaman? Bentuk keberagaman dalam masyarakat Indonesia, nggak mungkin nggak akan memicu perbedaan pandangan atau pendapat, guys. Oleh karena itu, diperlukan rasa persatuan di tengah-tengah kita sebagai masyarakat Indonesia.

Perlu kita ketahui bahwa semboyan Bhinneka Tunggal Ika tidak dicetuskan asal-asalan begitu saja. Tujuannya adalah untuk menjaga persatuan di dalam keberagaman masyarakat Indonesia sehingga tidak terjadi konflik.

Selain itu, adanya keberagaman masyarakat Indonesia harus berpotensi untuk membangun rasa persatuan. Dengan adanya rasa persatuan tersebut, perbedaan apa pun tidak menjadikan kita terpecah belah.

Sebagai contoh nyata apa hubungan persatuan dan keberagaman adalah kita menolong sesama yang sedang dilanda bencana tanpa mengenal agama, ras, maupun sukunya.

Kita boleh berbeda agama, suku, ras, kebudayaan, bahkan bahasa, tapi yang perlu diingat adalah kita satu Indonesia!

Guys, itu dia hal-hal yang harus kita ketahui tentang keberagaman masyarakat Indonesia. Dengan demikian, kehidupan dalam keberagaman masyarakat Indonesia dapat berjalan selaras. 

Nah, selain menjaga apa hubungan persatuan dan keberagaman, sudah saatnya lho kita menjaga hubungan kesehatan tubuh kita yang baik dan keluarga. Kita pun dapat mencegah risiko yang disebabkan oleh penyakit melalui asuransi kesehatan

Buat kamu yang ingin memberikan perlindungan penuh bagi keluarga, Super You  memiliki Super Easy Health dengan manfaatnya yang pasti dan bayarnya cuma setara Rp4.500 per hari! Yuk, cek sekarang!

Artikel Terkait