Kereta Cepat Jakarta Bandung Siap Beroperasi

Akhirnya pemerintah mewujudkan kereta cepat Jakarta Bandung atau disingkat KCJB. Kira-kira akan mulai beroperasi pada bulan Agustus mendatang nih, Teman SUPERjuangan! Mengingat Jakarta menjadi salah satu kota yang paling banyak dikunjungi oleh warga Bandung loh, begitu pun sebaliknya

Jarak antara Jakarta dengan Bandung sekitar 150 kilometer. Tapi, waktu tempuh dari Jakarta menuju Bandung dengan kereta cepat Indonesia alias KCJB cuma kurang dari satu jam aja. Wah, bakal secepat apa sih laju kereta cepat Jakarta Bandung atau KCJB ini?

Kamu pasti jadi penasaran kan. Nah, kali ini SuperMin akan kasih tau kamu sensasi yang bisa dirasakan saat naik kereta cepat Jakarta Bandung. Selain itu, fakta-fakta tentang kereta cepat Jakarta Bandung yang menarik banget.

Mulai dari rute stasiun kereta cepat Jakarta Bandung, rencana kereta cepat Jakarta Bandung gratis, harga tiket kereta cepat Jakarta Bandung, dan masih banyak lagi. Yuk, kita bahas semuanya. So, keep scrolling!

Table of Contents

15 Fakta Menarik Kereta Cepat Jakarta Bandung

15 Fakta Kereta Cepat Jakarta Bandung

Siapa nih yang nggak sabar bisa naik kereta cepat Jakarta Bandung? Sebentar lagi, karena diperkirakan akan beroperasi mulai tanggal 18 Agustus 2023 loh. Bahkan, kamu bisa dapatkan tiket kereta cepat Bandung gratis. Iya, secara cuma-cuma!

Tertarik dong? Kapan lagi dari Jakarta ke Bandung tanpa buang-buang uang. Tapi sebelum itu, intip dulu fakta tentang KCJB alias kereta cepat Jakarta Bandung yang nggak kalah menarik. Simak selengkapnya dalam 15 fakta kereta cepat Jakarta Bandung di bawah ini!

  • Pertama di Indonesia dan Asia Tenggara

Selain kereta cepat Indonesia pertama, kereta cepat Jakarta Bandung juga yang pertama kali ada di Asia Tenggara loh. Bahkan, KCJB telah diperkenalkan dalam ajang 25th Asia Pacific Rail di Bangkok, Thailand beberapa waktu lalu. Kereta cepat Jakarta Bandung sekarang sudah tersedia sebanyak 11 rangkaian. Wah, merupakan suatu kebanggaan untuk kita!

  • Sebagai hadiah HUT RI ke-78

Sempat sebelumnya dikabarkan akan resmi pada bulan Juli, ternyata mundur dari rencana awal nih. Kereta cepat Jakarta Bandung akan diresmikan pada 18 Agustus 2023. Tepat sehari setelah peringatan Hari Kemerdekaan. Hal ini ternyata dilakukan sebagai kado ulang tahun Republik Indonesia ke-78. Artinya, sebentar lagi kita bisa menikmati kereta cepat Jakarta Bandung, guys!

  • Gratis selama tiga bulan

Kamu bisa naik kereta cepat Jakarta Bandung gratis loh dari tanggal peresmiannya hingga bulan Oktober mendatang. Ditambah lagi, akan disediakan sebanyak 600 tiket kereta cepat Jakarta Bandung gratis. Eits, kamu harus ikut war ticket pada 1 Agustus 2023, ya. Namun, akan diprioritaskan juga seperti influencer, pengamat, komunitas, rekan media, serta mereka yang tinggal dekat rel KCJB.

  • Melaju Secepat kilat

Kebayang nggak sih seberapa cepat KCJB nantinya? Kereta cepat Jakarta Bandung melaju dengan kecepatan hingga 350 km/jam loh. Karena itu, track sepanjang 142,3 km mampu ditempuh dalam waktu 36-44 menit aja sekali jalan. Padahal kalau pakai mobil pribadi, bus, atau kereta biasanya, akan memakan waktu hingga 3 jam. Nah, kereta cepat Jakarta Bandung ini juga akan beroperasi 68 kali per harinya.

Berencana Liburan ke Jogja? Wajib Banget Kunjungi Tempat Ini!

  • Dijuluki Red Komodo

Walaupun belum resmi, kereta cepat Jakarta Bandung udah punya panggilan nih. Karena rangkaiannya yang berwarna merah, memiliki moncong panjang, hingga bentuknya seperti komodo, KCJB dijuluki red komodo atau komodo merah. Bahkan, corak segitiga pada pintu-pintunya terinspirasi dari sisik hewan khas Indonesia yang sudah ada sejak purbakala tersebut.

  • Bebas emisi

Kereta cepat Jakarta Bandung juga ramah lingkungan. Pada operasionalnya, KCJB menggunakan sumber daya listrik, tentu bebas emisi. Penggunaan bahan bakar dari energi yang lebih bersih ini turut serta menekan pencemaran udara. Pasalnya polusi yang dihasilkan sama sekali tidak ada dibandingkan kereta api bertenaga diesel. Nggak usah takut mencemari lingkungan lagi deh!

  • Mengusung teknologi dan desain modern

Masih ada fakta lain yang nggak kalah, kereta cepat Jakarta Bandung mengusung teknologi dan desain modern. KCJB sangat luas dan berkapasitas 600 penumpang, juga sudah dilengkapi ruangan khusus untuk difabel. Selain itu, terdapat fitur cabin noise yang bisa meredam getaran dan bising lebih maksimal meski berkecepatan tinggi. Pastinya bikin perjalanan kamu dengan kereta cepat Indonesia tetap nyaman.

  • Harga tiket kereta cepat Jakarta Bandung

Nah, ini yang paling sering ditanyakan. Berapa sih harga tiket kereta cepat Jakarta Bandung? Sayangnya, pemerintah belum mau buka suara terkait harga tiket kereta cepat Jakarta Bandung, guys. Tapi, bocoran yang beredar, harga tiket kereta cepat Jakarta Bandung diperkirakan bakal sekitar Rp250.000 hingga Rp350.000. Menurut kamu apakah worth it untuk tarif segitu?

  • Rute stasiun kereta cepat Jakarta Bandung

Buat kamu yang ingin mencoba KCJB, catat ya rute stasiun kereta cepat Jakarta Bandung ini. Rute stasiun kereta cepat Jakarta Bandung akan bermula dari stasiun kereta cepat Halim Jakarta, melewati Stasiun Karawang dan Stasiun Padalarang, lalu berakhir di stasiun kereta cepat Tegalluar Bandung. Begitu juga jika sebaliknya, stasiun kereta cepat Jakarta Bandung sekaligus menjadi depo.

  • Integrasi dengan transportasi umum lainnya

Seluruh rute stasiun kereta cepat Jakarta Bandung akan terintegrasi dengan moda transportasi umum lainnya. Seperti pada stasiun kereta cepat Halim yang terhubung dengan Light Rail Transit (LRT), stasiun kereta cepat Karawang dan Padalarang yang terhubung dengan kereta api lokal, serta stasiun kereta cepat Tegalluar yang terhubung dengan Bus Rapid Transit. Keren, bukan?

  • Jalani uji kelayakan

Berkaitan dengan fakta sebelumnya, sempat ada yang ragu dengan tiket kereta cepat Jakarta Bandung gratis. Padahal kenyataannya sebelum beroperasi penuh, KCJB telah menjalani serangkaian tes untuk mendapatkan berbagai sertifikat fungsi kelayakan. Bukan hanya sekali atau dua kali aja kok. Bahkan, turut menguji rel kereta, sumber cadangan listrik, dan seluruh komponennya.

  • Kerja sama dengan China

Kereta cepat Jakarta Bandung merupakan hasil kerja sama antara Indonesia dan China. Itu sebabnya, KCJB dinaungi oleh perusahaan kereta cepat Indonesia China. Kalau ada yang bilang bantuan dari negara lain, itu salah banget. Karena usut punya usut, ternyata China juga punya sejumlah investasi di negara kita. Jadi, KCJB bakal made in Indonesia atau made in China, ya?

  • Proyek dari 7 tahun yang lalu

Adapun fakta yang jarang diketahui adalah proyek kereta cepat Jakarta Bandung ini ternyata sudah direncanakan sejak 7 tahun yang lalu loh. Tepatnya pada Juli 2015 silam. Peletakan batu pertama oleh Presiden Joko Widodo pada 21 Januari 2016 di Kebun Teh Mandalasari, Jawa Barat. Sayangnya, proyek ini sempat tertunda karena banyak faktor, salah satunya pandemi COVID-19.

  • Biaya pembuatannya membengkak

Setelah hampir melewati uji coba terakhir, biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan kereta cepat Jakarta Bandung ini mengalami pembengkakan. Keretanya cepat, tapi biayanya ikutan cepet, guys. Berdasarkan catatan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, anggaran biaya kereta cepat Jakarta Bandung udah mencapai Rp117 triliun, melebihi perkiraan sebelumnya.

  • Kejadian baut hilang

Nggak disangka-sangka, proyek kereta cepat Jakarta Bandung ini juga menuai polemik, guys. Beberapa menilai kereta cepat Jakarta Bandung belum siap jalan sehingga disarankan tahun depan aja. Lalu, kamu masih ingat nggak dengan kejadian baut yang hilang, sampai-sampai merugikan negara Rp150 juta. Tapi, yuk sama-sama berharap agar KCJB ini selalu lancar, ya!

Keunggulan Kereta Cepat Jakarta Bandung

Keunggulan Kereta Cepat Jakarta Bandung

Pengalaman transportasi terbaru sebentar lagi bisa kita coba. Nah, SuperMin mau membagikan nih, kira-kira gimana sih gambaran yang bisa dihadirkan saat menaiki kereta cepat Jakarta Bandung nanti. Sekaligus alasan kamu harus menggunakan kereta cepat Jakarta Bandung ini. Ini dia keunggulan kereta cepat Jakarta Bandung!

  • Hemat waktu

Sudah pasti kamu akan menghemat waktu karena durasi perjalanan yang lebih singkat. Kereta cepat Jakarta Bandung akan memangkas waktu perjalanan secara signifikan loh. Selain itu, akan lebih cepat dan tepat waktu sampai ke tempat tujuan dibandingkan moda transportasi darat lainnya.

  • Tidak menguras energi

Durasi perjalanan yang lebih singkat juga membantu menjaga energi kamu selama perjalanan. Bahkan, ketika sampai di tempat tujuan, kamu tetap bisa melanjutkan aktivitas kamu tanpa khawatir kelelahan. Atau, memudahkan bepergian antar lokasi yang ingin kamu tuju.

  • Berdampak positif bagi lingkungan

Apakah kamu pernah terbayang, satu mobil diisi oleh satu orang aja. Lalu, ada lebih dari satu yang melakukan hal serupa. Bisa memperparah kemacetan bukan? Nah, dengan kereta cepat Jakarta Bandung, bisa mengakomodir orang agar mengurangi kepadatan lalu lintas dan polusi udara yang dihasilkan kendaraan bermotor.

  • Kenyamanan ekstra

Rasa nyaman yang diberikan oleh kereta cepat Jakarta Bandung secara nggak langsung bikin kamu terhindar dari stres. Nggak harus pusing dengan perjalanan yang lambat dan terjebak macet. Tinggal duduk manis di kursi yang empuk dan menikmati pemandangan sekitar.

  • Memberi sensasi berbeda

Tentu dengan adanya kereta cepat Jakarta Bandung memberi sensasi berbeda. Kamu bisa merasakan kecepatan KCJB tanpa khawatir, takjub dengan suara kereta yang hampir tidak terdengar, tetap merasa bebas di dalamnya, serta masih banyak lagi. Makin tertarik kan naik kereta cepat Jakarta Bandung?

Nah, itu dia seputar kereta cepat Jakarta Bandung! Teman SUPERjuangan, supaya tetap aman dan nyaman selama dalam perjalanan, bekali juga diri kamu dengan perlindungan kesehatan menyeluruh. Tenang aja, Super You selalu bisa diandalkan karena kini Super Easy Health mulai Rp4.500/hari, manfaat pertanggungannya hingga Rp1 Miliar. Yuk, cek premi kamu sekarang dan dapatkan proteksinya!

Artikel Terkait