liburan-keluarga

Di era digital ini, sulit untuk menjauhkan anak dari teknologi sebagai sumber entertainment mereka. Pada dasarnya, penggunaan gadget untuk anak diperbolehkan dengan limitasi dan dalam wawasan orang tua. Penting untuk anak belajar bermain tanpa menggunakan gadget dengan membuat mereka melakukan aktivitas lainnya yang menggunakan fisik seperti membawa sang anak ke taman bermain, mengajarkan olahraga, melihat binatang, pergi ke museum dan banyak kegiatan lainnya yang bisa dilakukan tanpa menggunakan gadget.

 

Libur sekolah adalah waktu yang penting diperhatikan oleh orang tua karena dengan waktu luang tersebut anak bisa mulai menggunakan gadget lebih lama dari sebelumnya dan meningkatkan potensi kecanduan gadget. Hal ini dapat dipungkiri dengan memberikan dan mendorong anak untuk melakukan aktivitas yang tidak memerlukan gadget atau membawa mereka ke tempat yang seru. Berikut ini adalah tempat yang bisa dikunjungi dengan anak untuk liburan keluarga agar mencegah kecanduan gadget.

 

Baca Juga: Apa itu Staycation yang Menjadi Opsi Liburan Kekinian

 

Kidzooona 

Kidzooona adalah indoor playground yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang sesuai untuk anak – anak dan keluarganya. Kidzooona tidak hanya menyediakan tempat bermain untuk anak sesuai dengan umur mereka, tetapi juga sebagai pusat edutainment yang juga mendidik mereka dengan melatih motorik kasar dan halus, serta meningkatkan kemampuan sosial sang anak dengan melakukan interaksi bersama orang yang bukan keluarganya.

 

Wahana di Kidzooona

Kidzooona memiliki banyak wahana menarik yang bisa dilakukan oleh anak – anak yang tentunya aman dan sesuai dengan kebutuhan umur sang anak.

  • Mandi Bola

Mandi bola adalah salah satu wahana yang sangat digemari oleh anak – anak. Wahana ini tidak hanya seru, tetapi juga bisa membantu latihan motorik halus sang anak dengan menggenggam bola yang ada.

  • Block Area

Area ini cocok untuk anak berusia 3 tahun keatas. Permainan Menyusun balok ini bagus untuk mengasah kemampuan berpikir sang anak, tidak hanya itu Menyusun balok juga bisa meningkatkan kreativitas anak dengan merangkai balok ke bentuk yang diinginkan.

  • Rumah Kurcaci

Area ini melatih motorik kasar sang anak karena diperlukan untuk merangkak ke dalam rumah. Tetapi di dalam rumah kurcaci juga memiliki banyak aktivitas lainnya yang juga bisa melatih motorik halus sang anak seperti boneka, soft book, tabung warna – warni dan mobil – mobilan kertas.

  • Papan Sensorik

Salah satu mainan yang ada di Kidzooona adalah papan sensorik yang bisa dimainkan oleh semua anak – anak, bahkan bayi. Bermain dengan papan sensorik ini dapat membantu meningkatkan kemampuan sensorik dan motorik mereka.

  • Wire Game

Wire game adalah kumpulan cincin kayu warna – warni dengan kawat yang meliuk – liuk. Tujuan dari permainan ini adalah untuk menuntun kayu – kayu tersebut ke ujung kawat. Aktivitas ini melatih motorik halus sang anak dan juga mengasah kemampuan berpikir mereka.

  • Pretend Play

Dikenal sebagai salah satu area paling populer di Kidzooona, area pretend play adalah area yang memperkenalkan anak – anak kepada jenis – jenis  profesi yang ada. Area ini memiliki beberapa booth kecil yang dilengkapi dengan seragam dan peralatan yang diperlukan untuk tiap profesi.

  • Ayunan dan Panjat – Panjat 

Kidzooona juga memiliki area ayunan dan panjat – panjat. Ayunan bisa meningkatkan sistem sensorik anak dengan mengembangkan kemampuan sang anak beradaptasi dengan sensasi yang berbeda saat berayun. Panjat – panjat dapat membantu anak mengasah kemampuan atletik mereka dengan melatih keseimbangan mereka, meningkatkan koordinasi tangan dan kaki, melincahkan pergerakan sang anak dan juga bermanfaat untuk melatih otot dan tulang mereka.

  • Perosotan

Perosotan adalah salah satu wahana yang gampang untuk ditemukan dimana – mana, Kidzooona juga memiliki perosotan dan ini adalah hal yang bagus karena perosotan bagus untuk dimainkan oleh anak – anak. Perosotan bermanfaat untuk melatih keseimbangan, koordinasi dan kesadaran spasial anak. bermain perosotan juga bisa meningkatkan kemampuan motorik, merangsang sensori penglihatan, proprioseptif and vestibular anak.

  • Puzzle

Meskipun bermain puzzle meningkatkan kemampuan berpikir anak, manfaatnya tidak hanya sampai disitu. Bermain puzzle juga melatih gerakan motorik halus anak dengan mengatur gerakan mata dan tangannya. Ini juga bisa membantu keterampilan anak dalam hal lainnya seperti menulis.

 

Baca Juga: Ingin Liburan Murah? Lakukan 5 Tips Ini dari Awal Tahun

Jakarta Aquarium 

Selain membawa anak ke taman bermain, membawa mereka melihat dan belajar mengenai binatang juga bisa menjadi hal yang edukatif dan momen berharga dengan keluarga. Mengunjungi kebun binatang atau aquarium tidak hanya seru, tetapi sangat edukatif bagi pertumbuhan anak karena mereka bisa mempelajari kata – kata baru. 

Melihat binatang – binatang tersebut secara langsung dan bukan dari buku atau TV juga bisa memperluas imajinasi mereka. Area dimana anak bisa menyentuh binatang – binatang tersebut juga memberikan mereka stimulasi visual dan meningkatkan kemampuan sensorik mereka. Dengan membawa anak – anak ke melihat binatang tersebut secara langsung bisa meningkatkan rasa kepentingan dari kehidupan hewan – hewan tersebut.

Wahana di Jakarta Aquarium

  • Pertunjukan Hewan 

Jakarta Aquarium juga memiliki area pertunjukan hewan yang menunjukan kemampuan atraksi dari hewan – hewan disana. Beberapa hewannya adalah binturong, berang – berang dan penguin. Terdapat jam – jam tertentu untuk menonton atraksi, jadi pastikan untuk bertanya jadwalnya agar tidak terlewat.

  • Interaksi dengan Hewan 

Para pengunjung bisa melakukan interaksi langsung dengan hewan – hewan yang ada di area Touch and Find Zone dan berkenalan dengan hewan yang ada seperti dengan hiu, bintang laut, siput dan tidak dibatasi hanya hewan laut, disana juga ada hewan dari alam lainnya, lho! Ada berang – berang, meerkat bahkan burung. 

  • Pearl of The South Sea Show

Pertunjukan yang satu ini sangat menarik karena menggabungkan aksi panggung, trik ilusi, tarian di bawah air juga penampilan dari putri duyung yang akan menari dengan ikan – ikan. 

  • Sea Explorer

Wahana Sea Explorer memberikan kesan bahwa penumpang berada di dalam kapal selam dan menjelajahi dunia bawah laut. Hal ini bisa meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak – anak.

  • Underwater Funtasy Diving 

Di wahana yang satu ini memperbolehkan pengunjung untuk bertemu dengan para ikan dan ribuan spesies laut lainnya dengan menyelam secara langsung. Untuk wahana yang satu ini, tetapi harus memesan tiket atraksi 2 hari sebelumnya.

  • Aquatrekking

Selain diving, bisa juga melakukan melakukan aquatrekking untuk bertemu langsung dengan binatang – binatang laut lainnya.

Itulah 2 destinasi yang cocok untuk membawa si kecil saat liburan sekolah agar tidak menggunakan gadget berlebihan. Sebelum pergi liburan pastikan semua anggota keluarga dalam kondisi sehat, miliki asuransi kesehatan dari Super You, mulai hanya dari Rp.135.000 per bulan saja, lho! Menarik bukan?

Artikel Terkait