lomba 17 Agustus

17 Agustus adalah hari yang membanggakan bagi rakyat Indonesia, hari kemerdekaan Indonesia yang disambut dengan bendera merah putih di seluruh rumah warga dan lomba 17 Agustus. Kegiatan lomba agustusan merupakan acara yang dinantikan di hari perayaan kemerdekaan Indonesia. Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai sejarah dan macam – macam lomba agustusan yang ikonik.

Table of Contents

Sejarah Lomba 17 Agustus

sejarah 17 agustus

Kegiatan lomba 17 Agustus merupakan aktivitas hari kemerdekaan yang ada sejak dulu. Menurut sejarawan JJ Rizal, tradisi keseruan lomba 17 Agustus pertama kali dilakukan 5 tahun setelah kemerdekaan Indonesia di tahun 1950. Tradisi lomba 17 Agustus juga pertama kali disusun oleh seksi pemuda atau wanita dengan bantuan koordinasi oleh ketua RT.

Baca Juga : 8 Fakta Menarik Hari Proklamasi Indonesia

7 Jenis Ikon Lomba 17 Agustus

  • Tarik Tambang

Tarik tambang adalah permainan yang menjadi ajang adu kekuatan dan hiburan hingga dijadikan lomba agustusan. Tarik tambang adalah lomba 17 Agustus yang hemat biaya karena hanya membutuhkan tali.

Lomba 17 Agustus yang satu ini tidak berasal dari Indonesia, tetapi dimainkan oleh bangsa Indonesia untuk mencoba mengerti perjuangan pahlawan saat mereka dipaksa bekerja. 

  • Panjat Pinang

Salah satu lomba 17 Agustus yang ada sejak dulu adalah panjat pinang yang merupakan macam – macam lomba 17 agustus yang lucu.

Lomba panjat pinang yang menjadi salah satu ikon lomba 17 Agustus juga memiliki sejarah, lho. 

Saat masa penjajahan, salah satu kesenangan masyarakat kolonial adalah melihat masyarakat pribumi memperebutkan ‘barang mewah’ contohnya kebutuhan pokok. 

Barang – barang tersebut akan digantung di atas pinang yang masyarakat pribumi harus memanjat untuk mendapatkan barang tersebut. 

Sekarang, lomba panjat pinang sebagai lomba 17 Agustus dirayakan sebagai simbol dari perjuangan masyarakat Indonesia yang berhasil mencapai kemerdekaan Indonesia.

  • Lomba Makan Kerupuk

Lomba makan kerupuk adalah salah satu lomba 17 Agustus yang menjadi tradisi acara. Tidak hanya enak, tetapi lomba makan kerupuk juga merupakan lomba 17 Agustus yang hemat biaya.

Sejarah terjadinya lomba makan kerupuk adalah bahwa di era 30 – 40an Indonesia kerupuk menjadi makanan pelengkap masyarakat karena kondisi Indonesia yang ditengah mengalami krisis ekonomi sehingga kebutuhan pokok dan kebutuhan bahan pangan tidak mampu dibeli. Hal ini menyebabkan kerupuk dengan harganya yang terjangkau bisa menjadi salah satu makanan pelengkap.

Namun, kerupuk mulai digunakan dalam perlombaan adalah karena di tahun 1950 – an lomba sering diadakan untuk memperingati kemerdekaan Indonesia dan cara menghibur rakyat setelah masa peperangan melawan penjajah berakhir.

  • Balap Kelereng

Lomba balap kelereng adalah lomba Agustusan yang kreatif dan menguji konsentrasi pemain.

Pemain harus memikirkan cara kreatif untuk mempertahankan keseimbangan dan berkonsentrasi agar tetap fokus dan tidak menjatuhkan kelereng yang dibawa karena jika jatuh maka harus mengulang lagi dari garis start.

  • Lomba Balap Bakiak

Lomba balap bakiak merupakan permainan tradisional yang berasal dari Sumatera Barat, tetapi menjadi salah satu ikon dari lomba 17 Agustus. Hal ini karena hanya bermodal kayu panjang yang bertali karet sehingga cocok untuk lomba 17 Agustus yang hemat biaya.

Tentu saja alasan dilakukannya lomba balap bakiak tidak hanya dari segi biaya, tetapi juga makna dibalik permainan ini. Lomba balap bakiak memerlukan kooperasi 3 – 5 orang, karena itu untuk berhasil memainkan permainan ini harus bisa bekerja sama dan memiliki tujuan yang sama. Sama halnya dengan para pejuang yang bekerja sama dan memiliki tujuan yang sama, yaitu memerdekakan Indonesia.

Baca Juga : Hari Pramuka, 14 Agustus Ini Dia Sejarahnya

  • Lomba Balap Karung

Lomba balap karung adalah lomba agustusan yang kreatif dan juga lomba 17 Agustus yang hemat biaya.

Tradisi lomba balap karung sudah ada sejak zaman Belanda sebelum menjadi salah satu ikon lomba 17 Agustus. Lomba balap karung sering dimainkan oleh sekolah dasar dan di kampung, tetapi berdasarkan Dinas Kebudayaan Indonesia, lomba balap karung pertama kali dikenal di daerah Kebayoran Baru dan tidak ada arsip siapa pencipta permainan ini.

Karena pertama kali ditemukan di Jakarta, dimana penduduk aslinya merupakan orang Betawi lah mengapa lomba balap karung ini banyak dimainkan orang Betawi.

Lomba balap karung tidak hanya lomba agustusan yang kreatif, tetapi juga merupakan lomba 17 Agustus yang hemat biaya.

  • Memasukan Paku kedalam Botol

Lomba memasukan paku kedalam botol juga merupakan lomba Agustusan yang kreatif serta merupakan lomba 17 Agustus yang hemat biaya.

Pemain akan memerlukan kreativitasnya dan juga konsentrasi yang tinggi untuk memasukkan paku yang dililit oleh tali di pinggang peserta dan tanpa bantuan tangan harus bisa memasukkan paku tersebut ke dalam botol.

Rayakan hari merdeka dengan aktivitas lomba 17 Agustus untuk mengenang jasa pahlawan sehingga masyarakat Indonesia bisa bermain dengan senang di hari kemerdekaan Indonesia. Merayakan hari kemerdekaan Indonesia tidak hanya dengan lomba 17 Agustus, lho, Super You mengadakan promo Merdeka Berasuransi untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 77!

Merdeka Berasuransi

Ada special reward untuk kamu yang ingin memerdekakan kesehatan diri dengan proteksi kesehatan di bulan kemerdekaan ini! Akan ada reward Rp300.000 yang akan dikirim ke e – wallet kamu untuk setiap pembelian produk Super Easy Health. Yuk, ketahui syarat dan ketentuannya di bawah ini!

  • Hanya berlaku untuk pembelian produk Asuransi Kesehatan Super Easy Health
  • Minimal pembelian 2 polis dengan 1 pemegang polis yang sama
  • Berlaku untuk metode pembayaran bulanan dan tahunan 
  • Periode promo mulai dari 1 – 31 Agustus 2022
  • Hadiah berupa e – wallet OVO / Gopay senilai Rp300.000 
  • Hadiah akan diberikan setelah melewati 30 hari kalender masa tunggu 
  • Untuk mendapatkan promo wajib memasukan kode promo MERDEKABERASURANSI 
  • Hanya berlaku untuk pembelian melalui website superyou.co.id

Menarik kan? Yuk, merdekakan kesehatan diri dengan memberikan tubuh proteksi kesehatan menyeluruh dengan Super Easy Health. Jangan sampai ketinggalan promonya, untuk informasi lebih lanjut ketahui disini.

Artikel Terkait