makeup natural

Penampilan sangat berpengaruh pada rasa percaya diri seseorang, bila seseorang berpenampilan bagus maka mereka akan merasa lebih percaya diri dari pada saat mereka percaya penampilan mereka sedang tidak bagus. Dengan media sosial, sekarang sangat mudah untuk mengakses video tutorial makeup dan cara berpenampilan yang membuat para penonton ingin melakukan hal tersebut, termasuk remaja.

Masa remaja adalah masa orang mulai memperhatikan image dan penampilan mereka hingga hal itu menjadi hal terpenting untuk mereka. Perempuan akan mulai menggunakan makeup pada saat menjadi remaja, sekitar 15 – 16 tahun dan paling muda umur 13 tahun. Namun, untuk remaja, daripada makeup tebal akan lebih bagus untuk melakukan makeup natural.

 

8 Produk Makeup yang dibutuhkan Oleh Remaja 

Dengan kemampuan untuk mengakses video tutorial dan cara berpenampilan, para remaja bisa mengikuti tata caranya. Namun, aslinya remaja tidak memerlukan banyak produk makeup karena kulit mereka masih sangat bagus. Berikut ini adalah 8 produk makeup yang dibutuhkan membuat makeup natural untuk remaja!

1. Pelembab

Pelembab bekerja sebagai lapisan penghalang antara kulit dan makeup serta memberikan kulit tekstur yang mulus agar bisa mengaplikasikan makeup secara rata. Menggunakan pelembab juga membantu ketahanan makeup, lho!

2. Base Makeup

Banyak tipe base makeup yang bisa dipilih. Dari foundation, bb cream, cc cream hingga sekarang ada tinted moisturizer dan tinted sunscreen. Yang membedakan produk – produk ini adalah coverage yang diberikan oleh tiap produk. Untuk anak remaja lebih baik untuk menggunakan produk dengan coverage yang tipis seperti tinted moisturizer atau tinted sunscreen. Apabila membutuhkan coverage yang lebih maka bb cream atau cc cream bisa digunakan. Penggunaan pelembab bisa dilewati bila menggunakan tinted moisturizer sebagai base makeup.

3. Concealer

Concealer bisa digunakan untuk menyamarkan penampilan jerawat atau bekas jerawat. Lakukan spot concealing dengan memfokuskan concealer pada bagian yang ada jerawat atau bekas jerawat. Jangan menggunakan terlalu banyak concealer dan hanya gunakan secukupnya. Selain itu concealer juga bisa digunakan untuk menyamarkan kantong mata agar penampilan terlihat lebih segar dan sehat. 

 

Baca Juga: Base Makeup dengan SPF VS Sunscreen Murni

4. Bedak Tabur/Bedak Padat

Kunci base makeup dengan bedak. Gunakan bedak tabur untuk hasil yang natural, pilih warna yang sesuai dengan kulit atau tanpa warna. Gunakan kuas makeup khusus bedak saat mengaplikasikannya, pastikan untuk membuang bedak berlebih dengan mengetuk kuas yang ada bedak sebelum mengaplikasikan bedak ke muka. 

Penggunaan bedak padat juga bisa untuk mengunci makeup, pastikan bedak padat tersebut tidak mengandung foundation agar hasilnya ringan dan natural serta cocokkan warna bedak dengan warna kulit.

5. Blush 

Penggunaan blush digunakan untuk penampilan yang lebih sehat dengan memberikan warna pada wajah. Pemilihan warna blush yang salah bisa menyebabkan penampilan untuk terlihat menor atau bahkan pucat, karena itu harus memilih warna yang sesuai dengan kulit kita saat merona. 

Apabila tidak tahu caranya bisa dilakukan dengan mencubit – cubit pipi dengan lembut hingga pipi memerah dan itulah warna blush yang sesuai dengan kulitmu. Saat mengaplikasikan blush jangan gunakan terlalu tebal. Lebih baik untuk melapis blush sedikit demi sedikit hingga mendapatkan intensitas warna yang diinginkan.

 

Baca Juga: Makeup Bikin Jerawatan? Yuk Cek Kebersihan Alat Makeup mu

 

6. Mascara

Aslinya bagi remaja, penggunaan maskara tidak dibutuhkan karena bisa membuat makeup terlihat terlalu berlebihan atau tebal, tetapi apabila ingin bulu mata yang lentik bisa menggunakan maskara dengan warna yang lebih terang seperti warna coklat dibanding warna hitam sehingga terlihat natural. Namun, akan lebih baik lagi untuk menggunakan clear mascara atau maskara tanpa warna untuk makeup yang natural

7. Pensil Alis/Brow Gel

Baik makeup natural atau glam makeup, membentuk alis sangat penting karena alis membantu membentuk muka dan menyeimbangkan penampilan. Membentuk alis bisa menggunakan pensil alis, brow pomade, brow powder atau brow gel, tetapi penggunaan brow pomade akan membuat alis terlihat sangat tebal dan lebih susah untuk dikontrol terutama bagi pemula. Pensil alis meskipun banyak diusulkan, terkadang bisa susah juga untuk dikontrol bagi pemula. 

Bagi pemula yang ingin membentuk alis natural bisa hanya dengan menggunakan brow gel yang tidak berwarna atau yang berwarna untuk memberikan intensitas pada rambut alis. Apabila tidak memiliki banyak rambut alis, bisa membentuk dan mengisi alis dengan brow powder yang memberikan penampilan lebih lembut dibandingkan brow pomade atau pensil alis.

8. Lip Balm atau Lip Tint

Selain warna pipi, warna bibir juga bisa menyebabkan seseorang untuk terlihat pucat, karena itu penting untuk menggunakan lipstik saat berdandan. Namun, lipstik juga bisa menyebabkan penampilan dandanan terlihat tebal terutama apabila memilih warna yang tidak natural seperti merah. Untuk anak remaja atau apabila ingin melakukan makeup natural, bisa menggunakan lip balm yang berwarna atau menggunakan lip tint yang lebih ringan daripada lipstik karena intensitas warnanya jauh dibawah lipstik jadi akan terlihat natural.

 

Makeup memang bisa digunakan untuk berekspresi, tetapi penggunaan makeup terlalu banyak dan tidak bersih saat melepas makeupnya bisa menyebabkan kerusakan pada kulit karena itu  lebih baik bagi remaja untuk menggunakan makeup yang tipis agar tidak terjadi kerusakan kulit. Selain itu penting untuk rajin melakukan perawatan kulit. Proteksi juga kesehatan dengan asuransi kesehatan menyeluruh dari Super You! 

Artikel Terkait