makna sumpah pemuda

Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada setiap tanggal 28 Oktober tentunya merupakan hari yang penting bagi kemerdekaan Indonesia. Memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-92 pada 28 Oktober 2020, apa sih isi dan makna dibalik Sumpah Pemuda? 

Lantas bagaimana cara kita bisa mengaplikasikannya ke dalam kehidupan zaman modern sebagai pemuda-pemudi Indonesia? Yuk simak aja artikelnya!

Isi teks sumpah pemuda

Teks sumpah pemuda merupakan hasil dari keputusan Kongres Pemuda kedua di tahun 1928, dimana dituliskan sebuah cita-cita dan sumpah para pemuda-pemudi Indonesia di zaman itu. 

Berikut bunyi sumpah pemuda:

Pertama: Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia. (Pertama: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.)

Kedoea: Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia. (Kedua: Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.)

Ketiga: Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia. (Ketiga: Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.)

Penulisannya memang menggunakan ejaan lama, yaitu ejaan van Ophuijsen. Rasa persatuan inilah yang membangkitkan semangat rakyat Indonesia untuk merdeka.

Apa artinya untuk kita?

Walau sudah mendapatkan kemerdekaan, Sumpah Pemuda tetap menjadi suatu nilai yang relevan di zaman modern ini. Pada dasarnya makna sumpah pemuda adalah kesatuan, persatuan, dan kesetaraan, terlepas dari beragamnya budaya yang ada di Indonesia. 

Kemerdekaan bukan berarti bebas dari masalah sepenuhnya. Bahkan Soekarno pun pernah berkata, “Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah, namun perjuangan kalian akan lebih sulit karena melawan bangsa sendiri.”

Di tengah banyaknya masalah di 2020, seperti pandemi COVID-19, ketidakstabilan ekonomi, kesenjangan sosial dan ekonomi, dan lainnya, kita sebagai pemuda-pemudi Indonesia wajib mengerti makna dari sumpah pemuda. 

Berikut makna dari sumpah pemuda yang bisa kita ambil: 

  • Keinginan untuk menyatukan perjuangan rakyat Indonesia. Walaupun di tengah pandemi, kita tetap bisa menunjukkan sikap gotong-royong dengan membantu sesama.
  • Menunjukkan rasa cinta terhadap Indonesia. 
  • Mempunyai semangat untuk berjuang mencapai suatu hasil bagi Indonesia.
  • Tetap menjaga persatuan dan keutuhan bangsa, bahkan di masa sulit.
  • Memperjuangkan kesetaraan dan keadilan bagi seluruh kalangan masyarakat, terlepas dari budaya yang beragam dan berbeda. 

Bagaimana dengan kamu?

Sebagai pemuda-pemudi Indonesia, kamu bisa memulai dengan mindset yang baik. Terus perjuangkan kemerdekaan dengan menanamkan nilai-nilai Sumpah Pemuda, yaitu rasa persatuan, gotong royong, saling membantu, dan kesetaraan di kehidupan sehari-hari.

Contohnya, Super You sendiri mempunyai visi untuk merakyatkan produk asuransi dengan menyediakan akses perlindungan finansial bagi mereka yang membutuhkan. Karena harganya yang terjangkau dan mudah diakses, produk asuransi online pun menjadi lebih mudah bagi seluruh kalangan masyarakat.

Bagaimana dengan kamu? Kamu bisa memulainya dari kecil, dan kamu bisa memulainya sekarang. Selamat Hari Sumpah Pemuda, Teman SUPERjuangan! asuransi jiwa dengan proteksi risiko COVID-19

SHARE

Artikel Terkait Lainnya