Rahasia Membentuk Keluarga Bahagia

Membentuk keluarga bahagia merupakan keinginan dari semua orang. Jika ada pepatah yang mengatakan harta yang paling berharga adalah keluarga, ternyata itu bukan hanya sebuah kata-kata aja lho.

Ketika berkeluarga, kebahagiaan keluarga sama pentingnya dengan kebahagiaan diri sendiri. Family comes first. Bagi Teman SUPERjuangan, keluarga sudah menjadi prioritas utama.

Memang untuk membentuk keluarga bahagia nggak semudah mengucapkan kata tersebut, terkadang juga muncul perdebatan bukan? Tapi, setiap keluarga harus punya jurus jitu dalam mengatasi masalah dalam rumah tangga.

Nah, supaya tetap tercipta keluarga harmonis, SuperMin akan memberikanmu tips keluarga sehat dan bahagia yang bisa dilakukan. Mungkin rasanya nggak mudah, kita coba bareng-bareng, yuk!

Table of Contents

Pengertian Keluarga Harmonis

Kata keluarga berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu kulawarga yang berarti anggota kerabat. Nah, pengertian keluarga secara sederhana adalah unit sosial terkecil yang terdiri atas ayah, ibu, dan anak. Sementara itu, harmonis merupakan keadaan yang selaras dan rukun.

Membentuk keluarga bahagia tidak bisa hanya diusahakan oleh satu orang aja, melainkan seluruh anggota keluarga yang baik. Tapi, keluarga yang baik itu seperti apa sih? Apakah keluarga yang baik artinya bebas dari masalah?

Keluarga harmonis adalah terciptanya suasana selaras dan rukun karena adanya persetujuan dan kerja sama antara suami-istri serta orang tua-anak. Maka, baik saat senang maupun sedih, keluarga yang baik akan selalu mendukung, melindungi, dan mengusahakan kebahagiaan keluarga.

Jadi, keluarga yang baik itu seperti apa, bukan semata-mata terhindar dari masalah faktor finansial aja, Teman SUPERjuangan!

Baca juga: Kartu Indonesia Sehat, Solusi Layanan PMKS?

Ciri-Ciri Keluarga yang Sehat dan Bahagia

Keluarga idaman kamu seperti apa sih? Memang perlu diketahui bahwa tiap rumah tangga itu unik, yang membuat standar keluarga idaman akan berbeda-beda dalam menciptakan rumah tangga bahagia. Tapi, keluarga yang sehat dan bahagia memiliki ciri-ciri yang seragam lho.

Selain itu, ciri-ciri keluarga yang sehat dan bahagia sifatnya saling melengkapi, jadi nggak bisa cuma satu atau dua aja. Yuk, cek apakah ciri-ciri keluarga yang sehat dan bahagia di bawah ini sudah ada dalam keluarga kamu atau belum nih?

  • Komunikasi baik

Rumah tangga bahagia dimulai dari komunikasi dua arah yang terbuka. Nah, keluarga yang baik akan saling bertindak dan berkata jujur setiap saat, hingga soal keuangan sekalipun.

  • Kompak berbagi tugas

Banyak yang beranggapan tugas rumah adalah tanggung jawab istri aja. Salah banget dong! Keluarga idaman justru kompak membagi tugas rumah tangga atau mengerjakannya bersama.

  • Sehat finansial

Keluarga yang sehat secara finansial memiliki perencanaan keuangan yang baik, seperti sumber pemasukan, kebutuhan pokok, asuransi kesehatan, atau investasi. Hal ini menandai sudah terjaminnya kebahagiaan keluarga kamu.

  • Kebersamaan

Keluarga idaman juga dapat kita rasakan dari kebersamaan rumah tangga bahagia. Nggak muluk-muluk harus dengan menghabiskan waktu liburan aja, bisa juga terlihat dari pengambilan keputusan bersama, berbagi cerita, hingga saling memberikan kasih sayang.

  • Penerimaan

Keluarga yang baik itu seperti apa? Ciri keluarga yang sehat dan bahagia menganggap perbedaan merupakan hal yang biasa, justru yang ditunjukkan ialah saling menerima, menghargai, dan memaafkan.

  • Punya waktu sendiri

Meski terlihat sering bersama, keluarga yang sehat dan bahagia memberikan ruang satu sama lain karena saling mengerti kalau kamu Mom, Dad, hingga anak-anak juga sesekali memerlukan me-time alias waktu sendiri, seperti sekadar melepas penat ataupun melakukan hobi.

Masalah Keluarga yang Paling Sering Terjadi

Teman SUPERjuangan, percaya deh kalau nggak ada keluarga yang sempurna. Meski hal yang wajar dan merasa saling mengenal bertahun-tahun, masalah dalam keluarga justru menghambat dalam membentuk keluarga bahagia. Tetapi, masalah keluarga ini nggak bisa jadi patokan dialami oleh setiap keluarga ya.

Coba intip sedikit masalah keluarga yang paling sering terjadi, yuk!

  • Perbedaan pendapat

Perbedaan pendapat paling sering menjadi pemicu masalah keluarga, yang semakin diperburuk karena kurangnya penerimaan pada satu sama lain. Jika tidak diselesaikan dengan baik, masalah ini membuat kita jauh dari kata membentuk keluarga bahagia.

  • Terlalu banyak waktu terpisah

Kurangnya komunikasi yang sehat dan terbuka disebut akar dari banyak masalah keluarga. Padahal masih tinggal satu atap dan satu ranjang. Apalagi jika kondisi, seperti pekerjaan yang mengharuskan long distance relationship

  • Masalah keuangan

Masalah keuangan kadang membuat Dad and Moms merasa stres, terutama ketika sudah memiliki anak. Tadinya pengeluaran cuma untuk berdua, dan sekarang bertambah. Meskipun hal yang sensitif, tetap harus dibicarakan supaya dapat membentuk keluarga bahagia.

  • Perbedaan pola asuh

Dad and Moms, terkadang masing-masing punya pandangan dan rencana yang berbeda soal pola mengasuh anak. Perbedaan pola asuh malah bisa menimbulkan perdebatan dalam rumah tangga. Tapi, kamu tetap bisa lakukan diskusi untuk menengahi masalah ini sehingga membentuk keluarga bahagia.

  • Perubahan sikap anak

Masalah keluarga nggak selalu antara suami dan istri, bisa juga dialami oleh anak. Dad and Moms, tahukah kamu bahwa permasalahan orang tua yang sering dilihat oleh anak akan membentuk kesehatan mentalnya. Anak akan cenderung meniru kebiasaan buruk orang tuanya saat menghadapi masalah.

Baca juga: Proteksi Keluarga dari Kondisi Udara yang Berbahaya!

Tips Keluarga Sehat dan Bahagia

Tips Keluarga Sehat dan Bahagia

Membentuk keluarga bahagia, harmonis, serta setiap detik yang terlewat selalu ada momen menarik untuk dibagikan merupakan potret keluarga paling diimpikan banyak orang. Meski nggak akan luput dari namanya perdebatan. Tapi, apa sih rahasia membentuk keluarga bahagia? 

Rahasia membentuk keluarga bahagia minim konflik dimulai dari hal kecil, dimulai dari diri sendiri, dan dimulai dari sekarang. Terus gimana sih cara mewujudkannya? Ikuti tips membentuk keluarga bahagia berikut ini yuk, Dad and Moms!

  • Bersikap jujur dan terbuka

Nggak ada orang yang bisa membaca pikiran kita sehingga mengungkapkan segala hal yang dipikirkan atau dirasakan sangat penting untuk dilakukan. So, tips keluarga sehat dan bahagia pertama adalah mengedepankan saling jujur dan terbuka ya, Dad and Moms!

  • Saling menghargai dan mendukung

Tips keluarga sehat dan bahagia selanjutnya adalah saling menghargai dan mendukung. Moms, yuk dukung para suami semangat bekerja. Dads, yuk hargai para istri yang nggak kalah capek mengurus pekerjaan rumah, juga anak. Dan para orang tua, yuk hargai dan dukung mimpi anak-anak kita!

  • Menciptakan suasana yang menyenangkan

Membentuk keluarga bahagia, suasana yang menyenangkan menjadi suatu hal yang harus selalu ada. Ditambah lagi dengan hadirnya anak-anak. Dad and Moms, bisa membuat sesuatu yang baru untuk menjaga suasana yang menyenangkan di rumah.

  • Kendalikan sifat egois dan emosional

Ketika menghadapi masalah, kita harus bisa saling mengendalikan sifat egois dan emosional, serta nggak kalah penting, jangan melampiaskan masalah dari luar ke dalam rumah. Perasaan-perasaan tersebut justru menghambat usaha membentuk keluarga bahagia. Cobalah redam dan saling mengalah.

  • Memberi perhatian kepada anak

Tips keluarga sehat dan bahagia ini paling sering dilupakan oleh orang tua yang bekerja. Anak-anak kita juga memerlukan perhatian lho. Dengan memberi perhatian kepada anak, dipastikan suasana menjadi lebih hangat untuk membentuk keluarga bahagia.

  • Luangkan waktu berdua

Membentuk keluarga bahagia dimulai dari orang tua. Ketika sudah memiliki anak, suami-istri jarang punya waktu berdua. Nah, supaya tetap mesra, nggak ada salahnya Dad and Moms meluangkan waktu berdua aja, misalnya sekadar pillow talk sebelum tidur atau menyiapkan sarapan bersama.

  • Kurangi rasa gengsi

Hayo, siapa yang gengsi bilang terima kasih, maaf, apalagi kata sayang ke pasangan, bahkan anak-anak? Supaya nggak terjadi salah paham, coba deh tips keluarga sehat dan bahagia satu ini, ungkapin rasa sayang kamu, lewat kata, pelukan, ataupun ciuman.

  • Hindari media sosial saat berkumpul

Zaman sekarang emang nggak lepas dengan penggunaan handphone, entah itu pekerjaan, media sosial, hingga game. Tapi, sebaiknya hindari bermain HP berlebihan saat sedang berkumpul bersama keluarga. Membentuk keluarga bahagia dengan saling mencurahkan waktu bersama.

  • Biasakan gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat nggak cuma menghindari kita dari penyakit, tapi juga bantu membentuk keluarga bahagia. Selain itu, gaya hidup sehat penting untuk pengembangan diri dan kesejahteraan emosi, terutama ketika menghadapi masalah.

  • Membuat komitmen

Tips keluarga sehat dan bahagia satu ini jangan dilupakan, Dad and Moms. Komitmen dalam pernikahan bisa ditunjukkan berupa rasa percaya kepada pasangan dan menyatukan perbedaan. Dengan begitu, akan membentuk keluarga bahagia dan langgeng deh.

Family Time untuk Membentuk Keluarga Bahagia

Family Time untuk Membentuk Keluarga Bahagia

Tips keluarga sehat dan bahagia satu ini boleh banget kamu coba. Mengingat terkadang karena kesibukan, kita seringkali mengabaikan momen kebersamaan. Padahal family time itu sangat penting dilakukan untuk membentuk keluarga bahagia.

Siapa sih yang nggak mau keluarga harmonis? Itu sebabnya, beberapa alasan mengapa family time nggak boleh diabaikan, seperti meninggalkan memori indah, meningkatkan kebahagiaan keluarga, serta memperkuat ikatan keluarga yang baik.

Nah, apa rencana family time ala Dad and Moms? Kalau masih bingung, coba kegiatan seru ini saat family time, yuk!

  • Mengerjakan tugas anak bersama

Selain dapat memantau perkembangan pendidikan anak, kegiatan ini sekaligus mendekatkan diri dengan anak lho. Anak akan merasa sangat diperhatikan dan menjadi lebih terbuka untuk bercerita dengan kamu Dad and Moms.

  • Olahraga bersama

Ada banyak manfaat olahraga untuk kesehatan. Karena itu, keluarga yang sehat bisa dimulai lewat olahraga yang ringan-ringan kok, misalnya jogging atau bersepeda agar lebih menyenangkan juga buat anak-anak.

  • Menonton film bersama

Weekend menjadi waktu yang tepat nih untuk membentuk keluarga bahagia dengan menonton film bersama. Meskipun terbilang klasik, nyatanya kegiatan ini mampu mengurangi kecanduan anak terhadap handphone, atau melepas rasa jenuh kita karena kesibukan.

  • Piknik di halaman rumah

Kebahagiaan keluarga nggak melulu harus ke luar rumah, menikmati waktu di rumah aja bisa kok, salah satunya dengan berpiknik di halaman rumah. Moms bisa melibatkan anak dalam menyiapkan makanan, mengobrol, dan membuat permainan sederhana untuk dimainkan bersama. Tertarik juga?

Selain itu, membentuk keluarga bahagia juga dengan memiliki asuransi kesehatan, yang siap memberi perlindungan bagi keluarga. Kamu nggak usah khawatir lagi kalau sewaktu-waktu jatuh sakit dan membutuhkan biaya yang nggak sedikit. Super Easy Health dari Super You mulai Rp4.500 aja per hari, manfaat pertanggungannya hingga 1M lho. Tunggu apalagi? Always planned the unplanned!

Artikel Terkait