motto hidup
Apa itu motto hidup? Motto hidup atau semboyan hidup banyak dimiliki oleh orang – orang untuk membantu mengingatkan mereka dari impian, tujuan atau ambisi yang ingin dicapai. Selain pencapaian, motto hidup juga banyak digunakan oleh orang – orang sebagai representasi diri mereka, orang seperti apa mereka.

Motto Hidup

Arti Motto Hidup

Pengertian dari motto hidup, berdasarkan ‘Moto’ dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kalimat atau frasa yang digunakan sebagai semboyan, pedoman atau prinsip seseorang. 

Definisi lain dari motto adalah kalimat, frasa atau kata yang digunakan sebagai pedoman untuk memotivasi, menyemangati atau menjadi tujuan dari sebuah organisasi. 

Nora Afiza menjelaskan motto hidup sebagai ungkapan atau pernyataan positif untuk membangun semangat, sebagai prinsip atau juga sebagai pegangan hidup masing – masing individual. 

Pentingnya Motto Hidup

Pentingnya Motto Hidup

Mungkin terdengar tidak begitu penting, tetapi memiliki motto hidup bisa bermanfaat untuk kehidupan, lho. Motto hidup yang bagus tidak harus susah, bisa jadi motto hidup simple tetapi  signifikan. Yuk, ketahui 6 manfaat memiliki motto hidup aesthetic dan mengapa penting memiliki motto di kehidupan kita.

  • Membantu Mengganti Pikiran Negatif

Memiliki motto hidup bisa membantu untuk mengganti jalan pikiran kamu. Jika saat sedang gagal dan timbul pikiran negatif, motto kehidupan bisa mengganti pikiran tersebut, contohnya “Masih ada kesempatan di esok hari”, “Saya pasti bisa”.

  • Membantu Mengubah Kebiasaan

Motto hidup bisa membantu memotivasi diri untuk mengubah kebiasaan buruk yang dimiliki dan untuk menyemangati diri berubah dengan mengadopsi kebiasaan baik. contohnya untuk memiliki hidup yang lebih sehat “kesehatan nomor satu”.

  • Mengingatkan Prinsip dan Representasi Diri Kita 

Motto hidup banyak digunakan sebagai pengingat atas prinsip diri dan apa yang merepresentasikan diri kita. Memiliki motto hidup yang bagus akan membantu kita tetap fokus untuk hal – hal yang ingin dicapai serta sebagai seharusnya menanggapi hidup.

  • Membantu Mengerti Nilai – Nilai Kehidupan dan Hati Nurani 

Salah satu cara motto hidup membantu prinsip kita adalah dengan memahami nilai – nilai kehidupan. Motto kehidupan bisa membantu menanggapi hidup seperti jika ingin marahh pada seseorang, ingat jika waktu dan tempat tersebut pantas untuk melepas amarah serta apabila amarah yang ingin dikeluarkan sepadan dengan perbuatan orang tersebut.

  • Sebagai Inspirasi 

Jika sering mengutip kata – kata Mutiara atau juga dikenal sebagai quotes maka kamu merasa terinspirasi dengan motto hidup seseorang. Jangan takut untuk merasa terinspirasi dengan motto hidup seseorang karena motto hidup yang bagus bisa menginspirasi banyak orang dan bisa digunakan oleh seseorang karena merasa cocok dengan situasi atau kehidupan mereka.

  • Membantu Menenangkan Pikiran 

Motto hidup bisa membantu memberi ketenangan pada pikiran dengan memberikan kepercayaan dan harapan. Hal ini bisa dengan memegang motto hidup yang teguh seperti “keep calm and carry on”, “Semua pasti berlalu”.

Baca Juga: 7 Cara Untuk Menghindari Masalah Kesehatan Mental

Jenis – Jenis Motto Hidup

Jenis - Jenis Motto Hidup

Motto hidup bisa dibagi beberapa jenis. Yuk, ketahui jenis – jenisnya dan pilih yang mana cocok dengan kamu!

  • Motto Hidup Bijak

Motto hidup bijak adalah kalimat yang menjelaskan hidup lebih baik dan membuat seseorang melihat kehidupan dari perspektif lainnya memberikan kebijakan. 

  • Motto Hidup Termotivasi

Motto hidup yang memberikan motivasi kepada seseorang akan menyampaikan pesan yang teguh dan mendalam untuk menimbulkan motivasi dan semangat.

  • Motto Hidup Orang Terkenal

Motto hidup atau kata – kata Mutiara milik orang terkenal bisa jadi dalam bentuk motto hidup bijak, motivasi ataupun yang menarik dan patut untuk diingat selama berhubungan dengan tujuan hidup, prinsip atau cerminan diri serta memberikan kamu inspirasi.

  • Motto Hidup yang Menarik dan Patut Diingat

Motto hidup tidak perlu susah dan bisa saja merupakan motto hidup simple tetapi menarik. Motto hidup yang menarik memiliki unsur yang lebih lugas dan lucu dengan tetap mengandung makna yang penting.

Cara Membuat Motto Hidup Bermakna

Banyak orang yang mengaku bahwa mereka memiliki motto hidup, tetapi tidak diterapkan atau merasa bahwa tidak begitu penting. Yuk, ketahui 5 cara agar motto hidup singkat bermakna dalam hidup kamu!

  1. Gunakan motto hidup simple sehingga lebih singkat dan mudah diingat. Motto hidup tidak harus berupa kalimat, bisa juga satu kata yang merepresentasikan diri kamu, tujuan kamu atau prinsip kamu. Contoh motto hidup dengan satu kalimat bisa seperti: Ikhlas, ketenangan atau konsisten.
  2. Membuat motto hidup kamu menjadi lebih inspiratif dan tambahkan unsur inspirasional denga menambahkan kata – kata atau bunyi yang bisa menyentuh sisi emosional kamu.
  3. Susun motto hidup seperti puisi, rima atau nada yang gampang diingat sehingga melekat di kepala dan bisa didengar setiap saat.
  4. Untuk memotivasi diri lebih baik, motto hidup bisa di letakkan di area yang akan selalu kamu lihat. Jika masih mencari motto hidup yang tepat, bisa lakukan ini juga dan perhatikan jika motto ini mampu memotivasi atau membantu menenangkan diri. Jika tidak ganti motto hingga menemukan yang pas.
  5. Hindari motto hidup yang buruk dan bersifat agresif atau mendorong perilaku tidak menguntungkan seperti menggunakan narkoba, berselingkuh dan lainnya.

Baca Juga : Ingin Mulai Berhemat? Pahami Dulu Pentingnya Hidup Hemat dan Ketahui 15 Cara Menghemat Uang!

Contoh Motto Hidup

Jika kamu sedang mencari motto hidup, berikut adalah contoh motto hidup yang bisa dicoba atau dijadikan sebagai referensi:

  1. Lakukan kebaikan tanpa alasan 
  2. Kebahagiaan adalah pilihan 
  3. Ubah pikiran anda, ubah dunia
  4. Jangan hanya menunggu, tetapi ciptakan waktu anda sendiri
  5. Jika orang lain bisa, saya juga bisa
  6. Kegagalan datang dari terlalu banyak rencara, tapi sedikit pemikiran 
  7. Balas dendam terbaik adalah kesuksesan sejati 
  8. Kunci untuk mencapai impian bukanlah fokus pada kesuksesan, tetapi fokus pada makna. Bahkan langkah kecil dan kemenangan kecil dalam perjalanan mungkin memiliki makna yang lebih besar.
  9. Setiap kesulitan dapat diatasi. Setiap masalah memiliki solusi
  10. Peluang bukanlah kebetulan, anda harus membuatnya
  11. Jika dicapai melalui jalan pintas, kesuksesan tidak akan bertahan lama
  12. Tindakan adalah senjata Ajaib dasar untuk sukses
  13. Jika kita memiliki keberanian untuk mengejar, semua impian kitab isa terwujud
  14. Banyak orang gagal dalam hidup mereka karena mereka tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan kesuksesan ketika mereka menyerah
  15. Sukses tidak datang dari kekuatan fisik, tetapi dari kemauan abadi
  16. Satu – satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman
  17. Bekerja keras akan menuai hasil
  18. Hidup itu sederhana, sulit bagi kita
  19. Bekerja keras akan menuai hasil
  20. Hidup ini terlalu misterius, anda tidak bisa menganggapnya serius
  21. Hidup itu seperti sepeda. Untuk menjaga keseimbangan, anda harus terus maju
  22. Rahasia sukses adalah mengetahui apa yang tidak dilakukan orang lain

Sekian penjelasan mengenai motto hidup keren yang bisa kamu terapkan, ingat bahwa yang penting dari motto hidup yang bagus adalah efektivitasnya. Contoh dari motto hidup yang bagus dan efektif serta membawa unsur positif dalam hidup adalah ‘healthy body, healthy mind’ yang menjelaskan jika tubuh kita sehat, maka pikiran juga akan sehat. Motto hidup tersebut tidak hanya mengingatkan kesehatan, tetapi juga bahwa kesehatan tubuh tidak hanya sekedar fisik, tetapi juga mental.

super easy health terbaru

Jika ingin menerapkan ‘Healthy body, healthy mind’, bisa dengan menjaga kesehatan tubuh menggunakan asuransi kesehatan. Super Easy Health dari Super You bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh hanya dari Rp135.000 per bulan, lho!

Artikel Terkait